Tempat Wisata

Curug Ciomas, curug cantik dengan bebatuan eksotis di Bogor

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Cikutamahi, Kec. Cariu, Cab.Bogor, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Tempat wisata yang selalu ramai pengunjung tentunya memiliki banyak daya tarik. Misalnya Curug Ciomas yang keindahan alam dan suasananya yang asri menjadi daya tarik tersendiri. Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung yang biasanya datang berkelompok. Pada hari libur, tempat ini mendadak ramai karena dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

Curug atau biasa disebut air terjun termasuk dalam wisata alam. Air terjun yang menjadi fokus kali ini terletak di dalam hutan sehingga masih alami. Meski menempuh perjalanan jauh, tidak mengurangi niat berkunjung wisatawan. Berada di kaki Gunung Sanggabuana, Anda pasti akan mendapatkan suasana yang alami, asri, dan udara yang sejuk.

Air terjun yang menjadi tujuan banyak wisatawan dari berbagai daerah ini dulunya adalah bendungan. Fungsinya untuk mengairi sawah dan ladang warga sekitar. Namun karena pesona kawasan sekitarnya yang sangat indah, saat ini telah berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang layak untuk dikunjungi.

Daya tarik air terjun Ciomas

Objek wisata air terjun CiomasSumber Gambar: Google Maps Hardi Ansyah

Curug Ciomas atau dikenal dengan Green Canyon Cariu Bogor memiliki banyak daya tarik yang membuatnya selalu ramai pengunjung. Sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang menarik di sini agar bisa mendapatkan sedikit gambaran.

1. Keindahan Curug Ciomas

Daya tarik yang pertama tentunya adalah keindahan air terjunnya sendiri yang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan air terjun pada umumnya yang tingginya bahkan puluhan meter. Air terjun ini tingginya hanya sekitar 10 hingga 12 meter. Namun aliran air yang mengalir cukup deras sehingga menciptakan aliran air yang cukup deras.

Di sisi lain, pemandangan dimenangkan oleh berbagai tumbuhan yang tumbuh subur di sekitar lokasi. Selain Curug Ciomas sendiri, terdapat banyak tumbuhan hijau yang terdiri dari lumut dan tumbuhan merambat. Tak jarang, akar-akar pohon tinggi di sebelahnya menjulur ke sisi dinding air terjun, pemandangannya semakin eksotis.

2. Tebing Eksotis

Seperti halnya air terjun pada umumnya, terdapat tebing batu yang mengapit. Kontur bebatuan yang mencolok menjadi daya tarik tersendiri, membuat pemandangan semakin eksotis. Dinding batunya sebagian besar tertutup lumut, yang menandakan kawasan tersebut lembab atau sering tergenang air.

Selain tebing yang berfungsi sebagai pembatas dan juga sebagai saluran keluar air, banyak juga batu-batu kecil yang berserakan di sekitar Curug Ciomas. Bebatuan ini membuat pemandangan semakin indah, banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai alas. Bagi yang suka foto selfie, batu ini sangat cocok untuk spot dengan background air terjun.

3. Air jernih dan menyegarkan

Bagi yang sering mengunjungi air terjun pasti tahu bahwa di setiap air terjun terdapat kolam. Fungsi kolam ini tidak lain adalah sebagai tempat mengalirnya air yang kemudian dialirkan ke hulu sungai. Di sini juga terdapat kolam yang banyak digunakan pengunjung untuk permainan air atau mandi dan berenang.

Meskipun kolamnya tidak terlalu besar, namun sangat bersih dan jarang ada sampah. Air kolam yang jernih dan menyegarkan membuat para wisatawan semakin nyaman, meski harus sedikit menahan dingin. Bagian pinggirnya tidak terlalu dalam, namun harus berhati-hati jika ingin berenang di bagian tengah karena bisa masuk cukup dalam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug CiomaKredit foto: Google Maps Sarkiyah

Air Terjun Ciomas terletak di Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Seperti yang sudah disebutkan, tempat wisata di Bogor ini letaknya jauh di dalam hutan, butuh perjuangan panjang untuk mencapainya. Jarak dari pusat kota Bogor sangat jauh yaitu sekitar 75 kilometer.

Pada jarak ini, Anda membutuhkan waktu setidaknya 2 jam lebih jika berangkat dari pusat kota. Tapi perjuangan Anda dijamin akan sia-sia karena ada banyak hal bagus yang bisa didapatkan secara lokal. Sudah selama perjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah pepohonan asli air terjun.

Rute terbaik menuju Curug Ciomas pertama melalui kawasan Citeureup kemudian menuju kawasan Cileungsi. Dari sini lanjut ke Alun-alun Jonggol lalu lanjut ke Pasar Cariu silahkan. Saat perjalanan Anda semakin dekat, gunakan SMP 2 Cariu sebagai tolok ukur Anda berikutnya.

Dari sini kamu tinggal mengikuti jalur utama, memperhatikan rambu-rambu yang ada. Setelah kurang lebih 3 kilometer Anda akan sampai di tempat tersebut, lewati Jalan Mayor Oking agar lebih mudah. Jika Anda masih kesulitan dengan rute yang kami sediakan, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi pemetaan digital atau Google Maps.

Biaya masuk wisata alam

Wisatawan yang berkunjung ke Curug Ciomas tentu tidak gratis alias harus membeli tiket masuk. Harganya normal, seperti mengunjungi air terjun pada umumnya. Seorang turis yang datang hanya membayar 10.000 rupiah namun belum termasuk biaya parkir dan juga beberapa fasilitas berbayar.

Tarif parkir disesuaikan dengan kendaraan yang dibawa, baik itu mobil atau motor. Jika membawa motor maka siapkan dana tambahan sebesar 5.000 rupiah. Lain halnya jika membawa mobil, diperlukan dana tambahan sebesar 8.000 rupiah untuk sewa tempat parkir dan keamanan.

Aktivitas menarik di air terjun Ciomas

Aktivitas menarik di air terjun CiomasSumber Gambar: Google Maps Hamonangan Siregar

Saat mengunjungi suatu tempat wisata, tidak hanya daya tariknya saja yang harus diperhatikan. Selain itu, penting juga untuk mengetahui kegiatan apa saja yang cocok dan menyenangkan di sana. Hal ini juga berlaku untuk air terjun Ciomas, berikut rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan!

1. Menikmati pemandangan alam

Keindahan alam yang bisa Anda lihat di sini mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Walaupun mengunjungi objek wisata yang sama, namun memiliki karakteristik yang berbeda dari segi pesona. Di sini keindahannya didominasi oleh semak-semak hijau yang mengelilingi air terjun. Belum lagi tatanan alam berupa tebing bebatuan yang terlihat sangat eksotis.

2. Berenang dan bermain air

Setiap mengunjungi wisata air pasti ingin berenang bukan? Di Curug Ciomas pun, air kolam yang jernih membuat Anda serasa ingin berenang. Selain itu, airnya juga menyegarkan, meski agak dingin bagi sebagian orang. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus berhati-hati dengan aktivitas ini.

3. Lompat Tebing

Jika berenang saja tidak cukup, ada kegiatan lain yang sangat seru yaitu lompat tebing. Tidak semua wisatawan berani melakukan aktivitas ini, karena ketinggian tebingnya cukup lumayan. Namun jika berhati-hati, kegiatan ini dijamin seru. Jika ingin lebih aman, pertimbangkan untuk menggunakan pelampung yang bisa disewa secara lokal.

4. Berburu spot foto

Keindahan Curug Ciomas secara keseluruhan tidak hanya cocok untuk menikmati panorama alam saja. Kami menyarankan Anda untuk melakukan aktivitas berburu spot foto juga. Bagi yang suka berfoto, pastikan untuk melakukan aktivitas ini saat datang ke sini. Bagaimana tidak, hampir semua titik dan sudut lokasi cocok dijadikan background foto, hasilnya memuaskan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Curug CiomasSumber gambar: Google Maps Achid Wisnu

Air terjun umumnya memiliki fasilitas yang minim, namun tidak untuk yang sedang kita bahas kali ini. Bisa dibilang fasilitas disini cukup lengkap dibandingkan dengan tempat lain. Tempat parkirnya luas, bahkan untuk pengunjung yang membawa bus sekalipun. Fasilitas lainnya antara lain toilet, ruang ganti, warung makan, dan mushola yang berada di dekat pemukiman penduduk.

Itu yang bisa kami sampaikan mengenai tempat wisata alam di Bogor bernama Curug Ciomas. Berkunjung ke tempat ini dijamin tidak akan membosankan karena memiliki banyak tempat wisata yang ditawarkan. Selain itu, banyak juga aktivitas seru yang lebih cocok jika datang bersama rombongan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button