Tempat Wisata

Curug Cipanas, air terjun di Lembang yang memiliki kolam termal bertingkat

Temukan keindahan Curug Cipanas, air terjun eksotis di Lembang yang menawarkan pesona alam unik dengan kolam termal bertingkat dan merupakan destinasi sempurna untuk relaksasi dan petualangan.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Nagrak Tengah, Sukajaya, Kab. Lembang, Cab.Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, Lembang kerap menjadi destinasi wisata seperti Air Terjun Cipanas yang populer dan menjadi pilihan utama untuk menginap di akhir pekan. Tempat ini bisa Anda temukan di Jl Nagrak Kulon Sukajaya, Lembang, Cihideung, Bandung Barat.

Berkunjung ke Lembang, tak lengkap rasanya jika tidak menjelajahi berbagai destinasi liburan yang menawarkan keindahan alam menyejukkan dan menyegarkan seperti air terjun ini.

Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama teman, keluarga atau bahkan sendirian untuk bertemu orang baru.

Menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan bisa menjadi pilihan yang lebih nyaman karena menawarkan fleksibilitas waktu. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur aktivitas Anda dengan lebih leluasa dan tidak terikat dengan jadwal atau transportasi umum untuk mencapai tujuan Anda.

Tempat Wisata yang Ditawarkan Air Terjun Cipanas

Daya tarik air terjun CipanasFoto: Google Maps/Mc Anders

Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Lembang, air terjun menakjubkan ini secara alami menawarkan banyak atraksi. Berbagai situs menarik ini dapat diidentifikasi melalui poin-poin penting berikut:

1. Kolam langkah

Fakta menarik dari Air Terjun Cipanas di Lembang adalah terdapatnya kolam bertingkat yang airnya mengalir dari kolam atas ke kolam bawah.

Aliran air dari kolam ini justru menimbulkan efek air terjun yang berbeda dengan yang disebutkan di atas dan air terjun besar yang lebih terkenal.

Kolam berundak dengan kedalaman 50 hingga 70 cm dinilai aman untuk segala usia, termasuk anak-anak. Asalkan berhati-hati saat bermain agar tidak terpeleset, terjatuh, dan kepala terbentur batu, wahana tersebut aman bagi wisatawan.

2. Dekorasi air terjun yang unik

Berbeda dengan kebanyakan air terjun pada umumnya yang medan jalannya masih berupa jalan tanah dan jalurnya menanjak dan menurun. Di Curug Cipanas Lembang terdapat jalan yang sudah berkembang dengan baik dan mudah untuk dilalui.

Bahkan anak-anak pun bisa melintasinya dengan mudah dan tidak perlu mengerahkan tenaga untuk berjalan melewati seluruh area. Dekorasi disekitarnya terlihat menarik dengan warna-warni di sekitar jalan menuju area air terjun.

3. Konsep wisata alam yang menarik

Di satu area saja, Anda bisa melakukan segalanya mulai dari berkemah, berendam di sumber air panas, berenang, dan masih banyak lagi. Konsep wisata alam menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung tak segan-segan mengunjungi tempat ini bersama keluarga.

Khusus bagi warga Bandung yang mempunyai waktu luang di akhir pekan, destinasi ini mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Kini wisatawan dari luar kota juga dipersilahkan jika ingin berkunjung ke tempat tersebut untuk menghabiskan waktu luang selama libur panjang.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun CipanasFoto: Google Maps/Nurul Firdha Lisyana

Anda bisa mencapai objek wisata Air Terjun Cipanas dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan jauh lebih nyaman dan fleksibel karena Anda bisa mudik kapan saja tanpa bergantung pada jadwal angkutan umum.

Dari pusat Kota Bandung, kendaraan dapat diarahkan ke Jalan Insinyur Haji Juanda, kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Lembang hingga tiba di perempatan Cikahuripan Jawa Barat. Sesampainya di pertigaan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Nagrak Tengah. Selebihnya ikuti saja jalan dan sampai di air terjun tujuan.

Biaya masuk wisata alam

Ketika Anda datang ke suatu tempat untuk berlibur, ada berbagai macam biaya yang dikeluarkan. Tiket masuk untuk dewasa dibanderol Rp 25.000 per orang, sedangkan anak-anak harus membayar Rp 15.000 per orang, ditambah biaya parkir di Curug Cipanas Lembang tergantung kendaraannya.

Untuk kendaraan roda dua harus membayar Rp5.000 sedangkan yang membawa kendaraan roda empat harus membayar Rp10.000. Belum lagi harga tiketnya berbeda jika datang pada malam hari yaitu Rp 35.000.

Jika Anda tertarik untuk menyewa kabin, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 15.000. Harga yang tercantum di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun CipanasFoto: Google Maps/Dedi Priadi

Banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di sini jika datang bersama keluarga atau teman. Berbagai aktivitas seru ini akan menjadi kenangan terbaik selama berkunjung ke Bandung Barat antara lain:

Area air terjun berkemah

Kegiatan menyenangkan yang pertama adalah mendirikan tenda di sekitar kawasan wisata Curug Cipanas. Suasana malamnya dijamin sejuk dan menyenangkan.

Berbeda dengan berkemah di gunung, berkemah di dekat air terjun komersial justru memberikan sensasi tersendiri karena ramai.

Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan sesuatu untuk dimakan atau hari akan terlalu gelap. Bahkan, tempat wisata alam ini bisa menjadi salah satu cara anak belajar berkemah. Juga akan banyak wisatawan lain yang tidur di tenda.

Mengadakan acara khusus disekitar Curug Cipanas

Peristiwa istimewa terjadi ketika lokasi ini disewakan untuk melaksanakan kegiatan yang ditargetkan. Misalnya bertukar bingkisan menjelang puasa atau mendirikan gym untuk ibu-ibu yang tinggal di sekitar Curug Cipanas.

Berbagai acara khusus bisa terselenggara tanpa kendala karena peraturan telah ditaati sebelumnya. Siapa pun dapat menyelenggarakan acara khusus asalkan memenuhi semua syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh manajemen.

Mandi di kolam air hangat

Suhu air hangat di kolam hanya berkisar 34 derajat Celcius dinilai sangat ramah dan aman untuk bayi. Semua kalangan umur boleh berenang di kolam belerang yang ada, namun tentunya harus ada pengawasan yang ketat.

Meski berenang di kolam belerang diklaim aman untuk anak-anak, namun mereka tetap tidak diperbolehkan memasukkan wajah ke dalam air. Efek baik mandi di kolam air hangat adalah membuat tubuh rileks dari berbagai tanda kelelahan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Menuju Air Terjun CipanasFoto: Google Maps/Reinaldy Manalu

Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai mulai dari warung, akomodasi indoor dan outdoor, toilet, tempat ibadah umat muslim dan masih banyak lagi. Jangan ragu untuk mengunjungi tempat ini, ada cara yang lebih nyaman.

Berkunjung bersama teman atau keluarga akan meninggalkan kesan yang menyenangkan bagi seluruh pengunjung. Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Bandung Barat, Curug Cipanas bisa Anda kunjungi kapan pun Anda punya waktu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button