Tempat Wisata

Curug Cipendok, air terjun yang menawarkan keindahan alam yang mempesona di Banyumas

Curug Cipendok, air terjun yang menawarkan keindahan alam yang mempesona di Banyumas

Air Terjun Cipendok Salah satu destinasi alam yang mempesona ada di BanyumasJawa Tengah yang banyak terdapat spot foto dan tempat wisata menarik.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kecamatan. Cilongok, Cab.Banyumas, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Cipendok merupakan salah satu destinasi wisata alam paling terkenal di kota Banyumas Jawa Tengah. Curug menawarkan keindahan alam yang masih asri, lingkungan bersih dan alami meski sudah banyak dikunjungi wisatawan. Mungkin lebih banyak wisatawan di air terjun ini, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Ternyata keindahan alam Air Terjun Cipendok juga menyembunyikan cerita mistis yang masih dipercaya masyarakat. Kata “Ci” berarti air terjun sedangkan “Pendok” berarti cincin atau keris. Alkisah ada seorang pendekar bernama “Raden Ranusentika” yang menemukan Keris Pendok sakti di air terjun.

Pihak perusahaan pariwisata mengaku sering diganggu warga, namun selama tidak melakukan hal-hal yang tidak wajar tentu tidak menjadi masalah. Ada wisatawan yang datang khusus untuk melakukan “ritual Nyepi” di sekitar air terjun pada malam hari. Meski demikian, air terjun ini masih menjadi tempat populer masyarakat Jawa Tengah untuk menghabiskan waktu liburannya.

Voucher Funworld Moro Banyumas

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Cipendok

Daya tarik air terjun CipendokFoto: Google Maps/Saluran Udar1der

Wisata Air Terjun Cipendok mempunyai keindahan alam yang tiada duanya, sehingga pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari wilayah Jawa Tengah saja. Kabarnya banyak wisatawan dari luar provinsi yang datang ke air terjun tersebut untuk menghabiskan waktu liburannya. Dukungan dan keramahan warga setempat sangat diapresiasi baik oleh wisatawan domestik maupun internasional.

✦ Menawarkan keindahan alam yang menakjubkan

Kawasan Air Terjun Cipendok terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan menakjubkan. Ketika wisatawan mengunjungi sebuah air terjun, secara tidak sadar mereka merasa bangga dengan pemandangan alam yang tercipta di kawasan tersebut. Pemandangannya sangat indah, penuh dengan pepohonan yang rimbun, dan suasananya sejuk serta menenangkan pikiran.

Wisatawan biasanya menghabiskan waktu mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama dengan latar belakang air terjun. Saat cuaca bagus, Anda juga bisa mandi dan berenang di kolam air terjun. Pemandangan alamnya yang indah tentu membuat wisatawan ingin memperkenalkan destinasi alam ini kepada masyarakat lebih luas.

✦ Tersedia tempat wisata menarik

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 92 meter di atas permukaan laut, sehingga suara airnya terdengar cukup nyaring di seluruh area tracking. Kawasan Banyumas dikelilingi pemandangan alam dan hutan seluas 47 hektar, sehingga wisatawan di kawasan tersebut akan banyak menemukan wisata alam selain air terjun.

Hotel murah di Banyumas

Jenis wisata yang tersedia di Curug Cipendok antara lain air terjun, hutan alam, danau, desa Panginyongan, dan bumi perkemahan. Namun objek wisata mempesona ini yang paling terkenal dan dibanjiri wisatawan yaitu Baturaden dan Kebun Raya Gemanggis. Kedua tempat wisata tersebut sangat menarik dan akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

✦ Menikmati keindahan Telaga Pucung

Desa Panginyongan adalah rumah bagi Telaga Pucung, sumber air yang penting. Ada budaya yang disebut “Banyumasan” di sana, sehingga suasananya sebagian besar asri, tenang dan cocok untuk menyegarkan pikiran. Di kawasan Telaga Pucung, wisatawan juga bisa berkemah dengan fasilitas yang memadai.

Telaga Pucung pertama kali ditemukan pada tahun 1997 dengan luas sekitar 1 hektar. Kawasan ini dekat dengan Air Terjun Cipendok sehingga ramai dikunjungi wisatawan. Danau ini mempunyai sumber mata air yang cukup dalam dan tenang, sehingga wisatawan tidak disarankan berenang di kawasan ini untuk menghindari risiko bahaya.

✦ Menawarkan outbond dan taman bermain anak

Jalur trekking Curug Cipendok yang cukup luas tentunya telah dioptimalkan oleh pihak pariwisata agar dapat dijadikan tempat bermain anak dan destinasi tamasya. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan air terjun, tapi juga berwisata menyenangkan dengan harga terjangkau.

Sebelum sampai di Kawasan Wisata Air Terjun, wisatawan akan menjumpai lapangan luas yang dijadikan tempat bermain anak-anak. Fasilitas taman bermainnya antara lain ayunan, jungkat-jungkit, tempat duduk, goyang lingkaran dan masih banyak lagi permainan favorit anak lainnya.

Paket Rafting Dieng Wonosobo

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun CipendokFoto: Google Maps/Farhan Aditya

Alamat lengkap Air Terjun Cipendok terletak di Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah. Itinerary wisata bisa dimulai dari kota Tegal, Bandung dan Jakarta. Dari Kota Tegal wisatawan dapat menuju Terminal Adipala menggunakan angkutan umum kemudian menuju Kecamatan Bojong.

Sesampainya di Kecamatan Bojong, Anda bisa langsung menggunakan ojek atau kendaraan untuk menuju Air Terjun Cipendok. Dari Bandung bisa menuju Terminal Leuwi Panjang lalu naik angkutan umum menuju Terminal Adipala. Gunakan ojek untuk sampai ke air terjun terdekat. Bagaimana dengan rute Jakarta?

Dari Jakarta, wisatawan bisa menuju Terminal Kampung Rambutan dan cukup naik bus menuju Terminal Adipala. Dari terminal Adipala, Anda bisa langsung memesan ojek untuk mencapai air terjun melalui medan yang cukup berkelok-kelok. Terdapat gambaran jalur air terjun ketika wisatawan berada di dekat kawasan wisata.

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk Curug Cipendok berkisar Rp 10.000 per orang, namun harga tersebut hanya untuk dewasa. Harganya pun sangat terjangkau, apalagi mengingat banyaknya jenis tempat wisata yang ditawarkan di sana. Wisatawan bisa mengunjungi air terjun tersebut mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun CipendokFoto: Google Maps/Kommet Purwokerto

Selama berwisata di Air Terjun Cipendok, wisatawan sepertinya tidak merasa bosan sama sekali. Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berlibur bersama keluarga atau pasangan seperti pilihan di bawah ini.

1. Menikmati pesona air terjun

Air Terjun Cipendok memiliki ketinggian sekitar 92 meter dan terletak di kawasan Gunung Slamet sehingga arusnya cukup deras. Pengunjung bisa menghabiskan waktu menikmati keindahan air terjun di antara kedua tebing tersebut. Udara sejuk dan pepohonan rindang akan menenangkan pikiran dan jiwa Anda.

2. Bermain air dan keluar di Air Terjun Cipendok

Wisata ini juga menawarkan pilihan outbound bagi wisatawan yang ingin menguji adrenalin bersama rombongan. Wisata yang paling disukai wisatawan biasanya adalah arung jeram dengan biaya tambahan tertentu. Jika Anda tidak tertarik untuk bertamasya, Anda bisa berenang di air atau sekadar merendam kaki.

3. Pergi berkemah

Selama berlibur di Curug Cipendok, wisatawan juga bisa menikmati aktivitas menyenangkan di lokasi perkemahan. Lokasi perkemahan dekat dengan pintu masuk air terjun, sehingga lokasinya cukup luas untuk menampung banyak orang. Sembari berkemah, wisatawan bisa menikmati sejuknya udara dan tenangnya malam di sekitar air terjun.

4. Berburu Foto

Di dekat area air terjun terdapat gardu pandang yang sering dijadikan tempat berfoto oleh wisatawan. Umumnya wisatawan suka menghabiskan waktu berfoto dengan latar belakang air terjun yang menjulang tinggi. Keindahan alam di sana pasti membuat hasil foto kamera terlihat semakin bagus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun CipendokFoto: Google Maps/Triswanto

Fasilitas yang disediakan Air Terjun Cipendok tentunya sangat lengkap seperti tempat parkir yang luas, pendopo, arena bermain ayunan, arena outbond, toilet umum, tempat perkemahan, warung makan dan minum, musala dan toilet. Pengunjung akan puas dengan pelayanan yang diberikan pihak pengelola objek wisata.

Di kawasan Air Terjun Cipendok, wisatawan asing juga bisa menggunakan pilihan akomodasi terdekat seperti hotel. Karena letaknya yang strategis, banyak pengunjung yang merasa nyaman berada di sana selama liburan wisata alamnya. Namun ingatlah untuk mengenakan pakaian tebal dan berkunjung saat kondisi cuaca mendukung!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button