Tempat Wisata

Curug Citambur: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Wisata air terjun atau curug menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak diminati wisatawan yang ingin bersantai dari keseharian. Kota Cianjur menawarkan banyak wisata air terjun yang menarik dan keindahan pemandangan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah Curug Citambur.

Banyak orang yang masih merasa asing mendengar Curug Citambur karena akses jalan yang cukup sulit. Namun sesampainya di lokasi, rasa lelah dan penat serasa terbayar saat melihat keindahan air terjun yang tidak ada duanya ini. Air Terjun Citambur terletak di Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur Selatan, Jawa Barat.

Fasilitas di Curug Citambur

Berbagai fasilitas telah disiapkan pengelola untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Bisa dibilang fasilitas yang tersedia cukup memadai untuk sebuah tempat wisata. Di kawasan air terjun ini terdapat beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas dan luas serta keamanan yang terjamin. Ada juga toilet dan mushola yang terjaga kebersihannya. Tak ketinggalan, ada juga beberapa warung makan yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman.

Keindahan air terjun Citambur

Curug Citabur memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 130 meter. Keunikan atau daya tarik dari air terjun ini adalah air yang keluar sangat keras membentuk uap air seperti kabut tipis. Semburan uap ini sangat dahsyat, hingga jarak 50 meter.

Waktu terbaik untuk mengagumi keindahan alam air terjun ini adalah saat musim hujan. Debit air yang deras dan pemandangan alam yang hijau akan semakin menarik untuk dilihat dan dijelajahi lebih jauh.

Pepohonan dan rerumputan di sekitar kawasan air terjun yang begitu hijau saat musim hujan terlihat seperti hamparan permadani hijau. Hamparan tebing-tebing menjulang dari barat ke timur dihiasi hembusan jutaan air terjun menambah keindahan pesona alamnya. Dilengkapi dengan air terjun yang masih terlihat sangat asri dan hijau.

Namun tebing yang mengelilingi air terjun ini cukup terjal dan berbahaya, sehingga mandi dan bermain di air terjun ini tidak disarankan. Jika ingin bermain air dan merasakan dinginnya air, Anda bisa turun dan melewati pematang sawah.

Berburu foto di Curug Citambur

Tempat asyik dan seru untuk memotret air terjun ini ada di tebing-tebingnya yang menjulang tinggi. Berfoto di tebing ini dengan panorama pepohonan dan rerumputan hijau pasti akan menjadi foto yang menarik. Air terjun yang mengeluarkan uap air juga merupakan subjek foto yang bagus.

Biaya masuk ke air terjun Citabur

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka air terjun Citabur

Lokasi Akses ke Curug Citambur

Untuk mencapai lokasi air terjun yang indah ini, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. Namun di beberapa tempat saat hampir sampai di lokasi air terjun Citambur, kondisi jalan malah semakin rusak dan berbatu. Jadi jika menggunakan mobil untuk transportasi, disarankan untuk tidak menggunakan mobil short atau limousine.

Rute jalan dari kota Bandung menuju lokasi air terjun ini bisa melalui kawasan Ciwidey di selatan Bandung. Patokannya berjalan dari kota Bandung melalui Leuwi Panjang dan kemudian ke Kopo Sayati. Setibanya di Kopo Sayati via Katapang dan Soreang. Kemudian berkendara melewati Pasir Jambu dan kemudian ke Ciwidey. Setibanya di Ciwidey, lanjutkan ke Rancabali.

Singkatnya, dari Bandung Anda tinggal berjalan kaki menuju kawasan Ciwidey hingga melewati kawasan wisata alam Kawah Putih. Kemudian menuju Pemandian Air Panas Cimangu, Pemandian Air Panas Ciwalini dan melewati perkebunan teh yang berkelok-kelok.

Ketika kami hampir tiba di kawasan wisata alam Situ Patengan, kantor kecamatan Rancabali sudah ada di sana sebelumnya. Dekat Kantor Kecamatan Rancabali, belok kanan menuju Kebun Teh Sinumbra. Sekitar 1,5 jam dari desa Cipelah di kecamatan Rancabali, jalan lurus ke desa Karang Jaya.

Akses jalan menuju Perkebunan Teh Sinumbra sudah cukup baik namun semakin parah ketika memasuki desa Karang Jaya. Setibanya di Kantor Desa Karang Jaya, terdapat pintu masuk menuju Curug Citambur.

Di dekat pintu masuk terdapat danau kecil bernama Situ Rawa. Dari situ jaraknya sekitar 200 meter ke Rawa hingga sampai di air terjun Tambur. Di pintu masuk ini Anda dapat memarkir kendaraan Anda di tempat parkir yang tersedia dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Tips Menuju Curug Citambur

  • Persiapkan diri Anda secara fisik dan berkendaralah sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan kondisi jalan menuju air terjun yang banyak tanjakan, turunan dan belokan sehingga membutuhkan konsentrasi untuk melewatinya.
  • Air terjun ini lebih disarankan untuk dikunjungi pada saat curah hujan sedikit atau di luar musim hujan.
  • Jika Anda datang dari arah Bandung, pastikan Anda memiliki bahan bakar penuh di dalam kendaraan. SPBU terakhir ada di kawasan Ciwidey. Setelah keluar dari objek wisata Kawah Putih, tidak ditemukan lagi SPBU.
  • Usahakan membawa baju ganti karena uap dari air terjun pasti akan membuat Anda basah.
  • Jalan di sekitar air terjun selalu basah sehingga agak licin. Berhati-hatilah saat mengambil foto.
  • Usahakan untuk meninggalkan area air terjun sebelum hari gelap karena beberapa jalan tidak menyala.
  • Pastikan kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda sedang berada di kota Cianjur, kunjungan yang tidak boleh Anda lewatkan Air Terjun Citabur. Air terjun dengan gelembung uap, serta panorama keindahan hutan yang menghijau dan tebing yang menjulang terlalu mahal untuk dilewatkan. Meski akses jalan cukup sulit, pemandangannya sama sekali tidak mengecewakan. Tentu akan menjadi pengalaman berwisata yang tak terlupakan di Curug Citambur.

Galeri foto Air Terjun Citabur

Selamat datang di Curug Citambur
Potret Air Terjun Citabur
Potret air terjun dari jauh
Spot foto di bawah air terjun
Tempat foto terbaik
Berburu foto di Curug Citambur

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button