Tempat Wisata

Curug Jaga Pati: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Di Jawa Barat banyak sekali tempat wisata dengan air terjun. Salah satu air terjun yang wajib dikunjungi adalah Curug Jaga Pati yang terletak di kota Dodol Garut. Air Terjun Jaga Pati terletak di Desa Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari Desa Padarame dibutuhkan waktu sekitar 45 menit berjalan kaki untuk sampai ke air terjun.

Daya tarik air terjun ini adalah setidaknya terdapat tiga air terjun yang cukup tinggi. Kualitas airnya masih relatif bersih dan jernih. Air terjun ini berasal dari Sungai Cilimbung yang berasal dari Gunung Limbung.

Fasilitas di Curug Jaga Pati

Karena minimnya fasilitas di air terjun ini, pengunjung diharapkan membawa makanan dan minuman serta perlengkapan lainnya dari rumah. Kawasan di sekitar Curug Jaga Pati cukup luas dan terbuka. Tebing terjal di kanan kirinya dan pemandangan alam yang hijau memberikan sensasi tersendiri bagi setiap orang yang datang ke sini santai. Beberapa bongkahan batu besar di samping air terjun memberikan pemandangan alam suasana pemandian pedesaan.

Keindahan air terjun Jaga Pati

Asal usul nama Jaga Patih menurut tokohnya berarti “menjaga kematian”. Hal ini terkait dengan letak air terjun yang berada di puncak bukit dan di sekitar hulu sungai. Melihat kematian dalam konteks air terjun ini dapat diartikan sebagai kehidupan di lingkungan hilir. Jika air di air terjun ini tercemar atau lingkungannya rusak, maka ekosistem di hilir pun ikut terancam.

Di sini juga terdapat kolam yang terletak tepat di bawah air terjun. Biasanya digunakan pengunjung untuk berenang atau mandi. Saat musim kemarau, air kolam berwarna tosca. Saluran air terjun yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bermain air.

Warga sekitar air terjun diyakinkan untuk tidak mengunjungi air terjun Jaga Pati pada hari Selasa dan Jumat. Jika Anda tetap datang berkunjung pada hari itu, pasti akan ada kendala atau kecelakaan yang cukup menyulitkan.

Berburu Foto di Air Terjun Jaga Pati

Tempat yang paling menarik untuk berfoto di air terjun ini adalah air terjun Jaga Pati itu sendiri, dengan air terjun yang mengalir bersih dan jernih serta terdapat kolam kecil di bawahnya pasti bisa menjadi objek foto yang tak terlupakan. Selain itu, momen bermain air dan berenang di air terjun ini sayang sekali jika tidak diabadikan dengan rekaman kamera.

Harga tiket Curug Jaga Pati

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Curug Jaga Pati

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Akses Lokasi Menuju Curug Jaga Pati

Landmark pertama yang perlu diingat ketika mengunjungi air terjun ini adalah Kecamatan Cikajang. Baik berasal dari Bandung, Tasikmalaya, Garut dan sekitarnya. Setelah sampai di kawasan Cikajang, ikuti terus jalan utama menuju kawasan Pameungpeuk atau Pantai Santolo.

Benchmark selanjutnya adalah perkebunan teh Neglasari. Setelah memasuki area perkebunan ini, kurangi sedikit kecepatan kendaraan. Selanjutnya patokan terakhir adalah perempatan kecil dengan tanda di SMP 3 Cisompet yang berada di sisi kiri jalan. Setelah memasuki jalan kecil menuju SMP 3 Cisompet, ikuti jalan utama.

Jalan utama ini cukup bagus, terbuat dari beton dengan lebar hanya cukup untuk satu mobil. Setelah menyusuri jalan utama lurus ke depan, kami sampai di sebuah persimpangan. Belok kanan di perempatan ini dan parkirkan sepeda motor atau mobil Anda di stand warga. Apalagi perjalanan dari sini berjalan kaki.

Dalam perjalanan ini anda akan melewati jalan desa berupa jalan berkerikil atau berbatu. Saat musim hujan hampir seluruh jalan berkerikil tertutup lumpur yang cukup banyak. Ikuti jalan berkerikil sampai ke persimpangan.

Di persimpangan ini, belok kiri dan ikuti jalan utama. Ada jalan setapak di jalan utama ini yang menuju ke taman. Setelah memasuki jalan setapak yang berada di tengah taman, ikuti terus jalan setapak yang mengarah ke dasar jurang menuju anak sungai.

Jalur ini cukup sulit. Medannya seringkali terjal dan licin. Selain itu, petunjuk arah menuju lokasi air terjun juga tidak ada. Dalam perjalanan menuju lokasi air terjun kita harus melewati jembatan di atas sungai yang terbuat dari bambu dan terlihat rapuh. Setelah melintasi sungai kita dihadapkan pada jalan setapak berupa ilalang yang cukup tinggi. Pendakian ini melewati hutan dan jalurnya cukup terjal. Curug Jaga Pati tidak jauh dari jalan ini.

Tips berlibur di Curug Jaga Pati

  • Berhati-hatilah saat mendaki ke air terjun ini karena licin dan curam.
  • Karena tidak ada petunjuk arah menuju air terjun, sering-seringlah bertanya kepada warga sekitar agar tidak tersesat.
  • Bawalah makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung makan di area air terjun.
  • Bawalah kantong sampah plastik untuk membuang sampah yang Anda bawa. Jangan lupa membuang kantong sampah ke tempat sampah setelah keluar dari area air terjun.

Jika anda sedang berada di kota Garut, anda tidak boleh melewatkan untuk mampir Curug Jaga Pati. Meski perjalanan menuju air terjun tidak mudah karena harus melewati hutan dan jalan terjal, namun semuanya akan terbayar. Sesampainya di air terjun, rasa lelah Anda pasti akan terbayar saat melihat betapa indahnya air terjun yang masih alami ini. Tentu saja perjalanan menuju air terjun akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan tak terlupakan.

Galeri Foto Curug Jaga Pati

Air Terjun Jaga Pati di Bandung
Berburu foto di air terjun
Menatap keindahan air terjun dari puncak bukit
Lubuk yang indah di bawah air terjun
Potret udara air terjun
Keindahan air terjun ibarat lukisan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button