Tempat Wisata

Curug Jenggala, air terjun cantik dengan pemandangan persawahan di Banyumas yang mempesona

Curug Jenggala, air terjun cantik dengan pemandangan persawahan di Banyumas yang mempesona

Air Terjun Jenggala di Banyumas Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan 3 air terjun yang fantastis dan tempat perkemahan yang nyaman.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: J L. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Cab.Banyumas, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Destinasi wisata alam berupa air terjun selalu diminati masyarakat. Selain pemandangan alam yang indah, wisatawan juga bisa bermain air yang menyegarkan. Saat berkunjung ke kawasan Banyumas, sempatkan mampir sejenak ke Curug Jenggala, salah satu spot populer warga Jawa Tengah.

Namun keberadaan Air Terjun Jenggala belum banyak diketahui masyarakat. Bisa dikatakan air terjun tersebut baru ditemukan oleh warga setempat dan kemudian dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat sebagai objek wisata. Sebagai tempat wisata yang belum banyak dikunjungi, tentu saja pemandangan alamnya masih sangat indah.

Keindahan alam air terjun ini masih sangat asri dan mata airnya juga ternyata menyegarkan. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke tempat wisata air terjun ini. Tiket masuk air terjun ini juga sangat terjangkau, sehingga pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam nantinya.

Promo hotel di Banyumas

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Jenggala

Daya Tarik Air Terjun JenggalaFoto: Google Maps/Udi Arti

Air Terjun Jenggala sebenarnya masih berada di kawasan Gunung Slamet. Hal ini membuat cuaca cukup dingin sehingga seluruh pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian tebal. Ada beberapa alasan yang menjadikan air terjun ini cocok dijadikan objek wisata, berikut penjelasannya.

✦ Jalur pejalan kaki yang ditutupi batu

Air terjun Jenggala Kalipagu menjadi pemandangan yang menarik karena dipagari dengan bebatuan yang sangat indah. Untuk menuju air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 800 meter melalui jalan berbatu. Jalur berbatu ini lebarnya sekitar 1 meter sehingga cocok sebagai jalur pendakian umum.

Selama berwisata ke Curug, wisatawan disuguhi keindahan alam yang luar biasa sehingga menghasilkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Selain pemandangan pepohonan, persawahan dan perkebunan juga menemani pengunjung dalam mencari petunjuk. Dari bawah pengunjung bisa menyaksikan indahnya pesona Gunung Slamet yang rimbun dengan pepohonan dan udaranya juga sejuk.

✦ Menawarkan pemandangan sawah

Jalur menuju Air Terjun Jenggala didominasi pemandangan sawah bertingkat. Sawahnya berbentuk berundak, dengan kawasan hutan di seberangnya. Begitu masuk ke dalam kawasan air terjun, pengunjung akan melihat area perkemahan yang benar-benar bersih dan terawat.

Voucher Funworld Moro Banyumas

✦ Pancuran air terjun yang sangat indah

Setelah melewati jalan setapak bebatuan yang indah, pengunjung sampai di kawasan air terjun. Perlu diketahui, air terjun ini merupakan tempat bertemunya sungai Mertelu dan Banjaran. Curug Jenggala memiliki tiga air terjun yang tingginya hampir sama, minimal 30 meter dari permukaan tanah.

Keindahan air terjun ini bisa dinikmati dengan mengaksesnya langsung melalui tangga batu dan jembatan bambu yang indah. Namun perlu diketahui pihak pengelola wisata tidak memperbolehkan pengunjung untuk berenang di sekitar air terjun ini karena arus air yang cenderung tinggi. Namun, jika Anda ingin bermain air di pinggir properti, tentu tidak menjadi masalah sembari berfoto selfie bersama orang tersayang.

✦ Area akomodasi tersedia

Wisatawan yang ingin menginap di kawasan Curug Jenggala bisa langsung memilih untuk bermalam di villa atau rumah warga. Ukuran bangunannya tidak terlalu besar dan mewah, namun cocok untuk menghabiskan waktu bersama. Nantinya akan ada petugas yang akan membantu memberikan fasilitas tambahan jika diperlukan.

✦ Dek berbentuk hati

Wisata 3 air terjun ini juga dilengkapi peluang spot selfie berupa teras besar berbentuk hati atau cinta. Deknya terbuat langsung dari kayu sehingga pengunjung bisa berswafoto di atasnya. Dek latar belakang hati kemudian mengarah langsung ke air terjun, sehingga hasilnya sangat indah, seperti mata air di langit.

✦ Perkemahan yang luas

Curug Jenggala juga menawarkan tempat perkemahan yang cukup luas bagi seluruh pengunjung yang berminat. Secara umum, banyak pecinta alam yang memanfaatkan peluang berkemah di masyarakat. Di pagi hari, Anda bisa bermain air di area air terjun lalu melakukan aktivitas penjelajahan yang seru dan menyenangkan.

Tiket paralayang Dieng Wonosobo

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun JenggalaFoto: Google Maps/Shafira Azz

Air Terjun Jenggala, keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan, tersembunyi di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Keunikan lokasinya terletak pada letaknya yang strategis, tidak jauh dari pusat kota Purwokerto sehingga menjadi destinasi yang mudah dijangkau.

Untuk mencapai keajaiban alam ini dari Jalan Raya Baturaden, Anda perlu melanjutkan perjalanan hingga mencapai pertigaan Desa Ketenger. Dari pertigaan tersebut, arahkan kendaraan menuju Curug Bayan dan ambil jalan berkelok-kelok menuju Dusun Kalipagu.

Biasanya wisatawan membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit menggunakan kendaraan pribadi, namun setiap menit perjalanan menjadi pengalaman tak terlupakan di Air Terjun Jenggala. Jarak kawasan air terjun dari pusat kota hanya 20 km, sehingga tidak terlalu pedalaman seperti kawasan air terjun lainnya.

Biaya masuk wisata alam

Jam operasional Air Terjun Jenggala dimulai pada pukul 08:00 WIB dan berakhir pada pukul 18:00 WIB. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir sekitar Rp 5.000 per unit, sehingga bisa dikatakan sangat terjangkau.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun JenggalaFoto: Google Maps/Aruna Organizer TV

Liburan wisata alam pasti ditentukan oleh faktor cuaca, sehingga pengunjung disarankan datang pada musim kemarau. Saat cuaca cerah dan cerah, setidaknya Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seru berikut ini.

1. Bermain air

Daya tarik Curug Jenggala adalah adanya tiga air terjun kembar yang sangat indah. Aliran air yang mengalir cukup deras, sehingga pengunjung bisa bermain air di pinggirnya untuk menambah keamanan. Karena area kolam air terjunnya sangat luas dan tidak dalam, sangat cocok untuk bermain air dan berfoto.

2. Selfie di kawasan Taman Curug Jenggala

Sebelum mencapai kawasan air terjun, pengunjung akan menemukan taman eksotis yang bisa dijadikan tempat selfie. Selain berfoto, anak-anak juga bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang berbagai jenis bunga. Menikmati indahnya pemandangan dari taman merupakan aktivitas yang sangat disukai pengunjung sehingga mereka harus mengantri.

3. Berkemah bersama

Apakah Anda ingin berkemah bersama? Objek wisata Curug Jenggala kini menawarkan pengunjung tempat perkemahan yang cukup luas. Lokasinya tidak jauh dari taman yang eksotik, sehingga panorama alamnya juga sangat jernih. Fasilitas untuk menampung tempat perkemahan juga tersedia, pengunjung hanya perlu membayar biaya tambahan.

4. Nikmati pemandangan dari jembatan

Selama menelusuri jalur trekking, pengunjung akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari tempat yang dikenal dengan nama Sendang Candrakirana. Sendang memiliki air terjun kecil yang dapat menampung air langsung dari pegunungan. Di sini pengunjung bisa berdiri di atas jembatan, berfoto, menikmati alam atau bermain air.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun JenggalaFoto: Google Maps/Pulung Adiyatma

Fasilitas di objek wisata Air Terjun Jenggala bisa dikatakan sangat memadai. Untuk menunjang kegiatan wisata alam pengunjung, pihak pengelola akan menyediakan fasilitas seperti jalur pendakian yang tertata dengan baik, toilet, paviliun, taman selfie, spot selfie yang asyik, kedai makanan dan minuman serta kantin modern.

Curug Jenggala memang menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang terbaik untuk penyembuhan dan liburan keluarga. Jalur pendakiannya tertata rapi dan mempunyai tangga, penuh dengan tanaman dan suasananya sejuk sekali. Namun pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk yang murah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button