Tempat Wisata

Curug Keret: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat luas, kota Bandung di Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata. Dari pegunungan, pegunungan, danau, pantai, laut hingga air terjun, semuanya menarik untuk dikunjungi akhir pekan atau liburan panjang. Wisata alam di Bandung sedang diburu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Di kota kembang ini terdapat air terjun yang indah dan eksotis yang bisa dijadikan sebagai destinasi favorit keluarga. Namanya Curug Keret.

Air terjun ini unik karena terletak di pinggir jalan desa. Sehingga air selalu membasahi jalan sepanjang desa. Tak heran jika masyarakat kota kembang ini menyebut air terjun ini Keret, yang berarti “percikan” dalam bahasa Indonesia. Karena air terjun ini sering memercikkan airnya pada pengguna jalan yang melintas.

Fasilitas di Curug Ceret

Karena kurangnya fasilitas di air terjun ini, pengunjung harus membawa makanan dan minuman dari luar. Pemerintah dan warga setempat harus lebih memperhatikan pengelolaan air terjun ini. Pembangunan sarana dan prasarana harus segera dimulai karena air terjun ini memiliki potensi keindahan yang besar. Setidaknya tersedia tempat parkir, toilet, dan mushola bagi pengunjung sebagai fasilitas penunjang.

Keindahan Air Terjun Ketel

Curug Ketel tingginya sekitar 5 meter. Airnya berasal dari mata air yang muncul dari celah-celah batu dan akar pohon. Keindahan air terjun ini benar-benar muncul dengan sendirinya ketika sinar matahari menyinari air terjun dan menciptakan pelangi kecil. Pelangi yang muncul di atas air terjun, air jernih dan alam yang indah membuat pesona air terjun ini.

Pepohonan tinggi dan rimbun yang tumbuh di sekitar area air terjun menciptakan suasana sejuk dan segar. Alamnya yang masih hijau dan bersih mengundang Anda untuk berlama-lama. Sayangnya pesona ini belum mendapat perhatian khusus dari warga sekitar dan pemerintah kota Bandung. Padahal keindahan dan keindahan air terjun ini memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan.

Debit air terjun ini rendah saat musim kemarau. Namun saat musim hujan arusnya cukup deras sehingga tubuh Anda bisa basah kuyup meski jarak ke air terjun tidak terlalu jauh. Saat Anda berada di sini Anda akan merasakan suasana tenang dan damai karena tidak banyak orang yang tahu di mana air terjun ini berada. Tentunya objek wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menyendiri atau menjauh dari kebisingan kota dan polusi udara yang tidak menyenangkan.

Penduduk setempat biasanya datang ke air terjun ini pada hari Minggu untuk bersantai atau memulihkan diri setelah lari pagi. Tentunya saat Anda menikmati keindahan dan eksotisme air terjun ini, segala penat dan penat di tubuh dan pikiran akan hilang dengan sendirinya.

Berburu foto di Curug Keret

Spot foto terbaik untuk diambil dari air terjun ini adalah air terjunnya sendiri, mengingat panorama hutan yang lebat dan rindang, sayang sekali jika tidak terekam kamera. Selain itu, pantulan pelangi yang sampai ke air terjun sangat menarik sebagai bahan foto.

Biaya masuk ke Air Terjun Ketel

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka ketel Curug

Lokasi Akses ke Curug Ketel

Curug Keret terletak di Desa Plengan, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Air terjun ini berada di dekat PLTA Plengan yang dikelola oleh PT Indonesia Power. Jika Anda dari arah kota Bandung, sebelum memasuki Pangalengan terdapat jalan yang berbelok ke kanan menuju Plengan. Jalan terus sampai Anda mencapai area PLTA.

Akses jalan menuju air terjun ini cukup mudah, meski dekat dengan hutan Gunung Tilu. Karena air terjun ini berada di pinggir jalan, tidak perlu mendaki atau trekking untuk sampai ke sini. Kondisi jalan bagus, Anda bisa sampai di sini dengan mobil atau sepeda motor. Mobil akan sedikit kesulitan memasuki air terjun jika bertemu dengan mobil lain.

Tips Berwisata di Curug Ceret

  • Persiapkan fisik dan kendaraan sebaik mungkin agar perjalanan berjalan lebih lancar.
  • Hati-hati dengan barang-barang pribadi masing-masing.
  • Perhatikan cuaca sebelum melakukan perjalanan ke Curug Ceret karena bisa sangat mengganggu saat hujan tiba-tiba.
  • Sebaiknya jangan mengunjungi air terjun ini saat musim hujan karena jalanannya bisa licin.
  • Sebaiknya datang pada hari kerja, karena suasana di air terjun ini sangat ramai pada hari libur atau akhir pekan.
  • Bawa makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung di sekitar air terjun.
  • Jangan membuang sampah di dekat air terjun. Sebaiknya bawa kantong sampah sendiri dan buang saat keluar dari area air terjun.

Jika Anda sedang berwisata ke Bandung, jangan lewatkan untuk mampir sejenak Air Terjun Ketel. Suasana air terjun yang agak tenang sangat cocok untuk menikmati kesunyian sambil menikmati suasana hutan yang asri. Selain itu, udaranya yang sangat sejuk membuat semangat lebih segar setelah singgah di air terjun cantik ini. Tidak ada salahnya membidik ke sini sebelum meninggalkan Pangalengan. Tentunya akan menjadi pengalaman berwisata yang berkesan dan tak terlupakan bersama keluarga, kerabat, orang tersayang dan sahabat.

Galeri Foto Curug Ketel

Air Terjun Ketel, air terjun di jalan raya
Melewati Air Terjun Ketel
berburu foto
Keindahan Air Terjun Ketel
Berhenti sejenak di Kettle Waterfall

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button