Tak Berkategori

Curug Kondang, air terjun eksotik di Bogor yang penuh mitos tentang Raja Siliwangi

Curug Kondang merupakan air terjun mempesona di Bogor yang sarat dengan mitos Raja Siliwangi dan menawarkan pengalaman mistis serta keindahan alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Kondang merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Kota Bogor. Bagi Anda yang mencari pengalaman wisata alam di kota, air terjun ini bisa menjadi pilihan tepat.

Kelebihannya, menuju ke sana cukup mudah dijangkau dan tidak banyak resiko sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga.

Tempat wisata alam ini menawarkan pesona yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain. Tak hanya pemandangan alamnya yang mempesona, tempat ini juga menyimpan cerita sejarah yang bisa memperkaya pengetahuan Anda.

Lalu apa istimewanya tempat wisata ini dan fasilitas apa saja yang ada di sana? Mari kita bahas lebih lanjut!

Atraksi yang ditawarkan air terjun terkenal itu

Daya tarik air terjun yang terkenalFoto: Google Maps/Rizki Ekananda

1. Mempunyai cerita yang menarik

Ternyata objek wisata Curug Kondang mempunyai latar belakang sejarah yang dipercaya masyarakat. Objek wisata alam ini bukanlah air terjun biasa.

Air terjun ini dipercaya merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Keratin pada masa Kerajaan Pajajaran. Tepatnya pada masa pemerintahan Maharaja Pakuan Haji Siliwangi.

Kerajaan Pajajaran merupakan kerajaan Sunda yang didirikan pada tahun 923. Kerajaan ini bercorak Hindu dan runtuh setelah terjadi penyerangan pada tahun 1597 Masehi. Penyerangan ini dilakukan oleh Kerajaan Banten. Puncak kejayaan kerajaan ini dipimpin oleh Prabu Siliwangi.

2. Ada cerita misterius

Curug Kondang di Bogor tidak hanya memiliki latar belakang sejarah yang menarik tetapi juga cerita mistis yang diyakini masyarakat.

Jika Anda menyukai hal-hal mistis maka Anda bisa berwisata ke tempat ini. Konon tempat ini dilindungi oleh wanita ular berkepala manusia.

Kisah ini dikaitkan dengan kerajaan karena seseorang menemukan gambar seekor harimau menemani wanita tersebut.

Harimau ini dipercaya sebagai penjelmaan Prabu Siliwangi. Oleh karena itu, pengunjung diimbau untuk menjaga sopan santun dan kebersihan saat mengunjungi objek wisata ini.

3. Air terjun yang menakjubkan

Daya tarik lain yang bisa Anda nikmati adalah air terjun yang menakjubkan. Ketinggiannya diperkirakan mencapai 45 meter. Jadi busa dari Curug Kondang Bogor pasti lebih kental dan menyegarkan.

Ada air biru di bawahnya. Dari kejauhan, aliran air jernih ini tampak mempesona berkat perpaduan warna hijau dan biru.

Di sekitar air terjun juga terdapat bukit-bukit tinggi dan terdapat air terjun kecil di bagian depannya. Bagian depannya bisa Anda manfaatkan untuk berenang atau bersantai sambil menikmati keindahan air terjun ini.

4. Memiliki kolam renang

Selain menikmati keindahan air terjunnya saja, Anda juga bisa berenang di kolam renang yang sebenarnya terbuat dari air terjun tersebut. Kolam ini bisa digunakan bagi Anda yang ingin berenang dengan pemandangan sekitar lebih luas.

Jika air terjun sebelumnya tertutup tebing, di sini Anda masih bisa menikmati pemandangan sekitar.

5. Tersedia tempat perkemahan

Keuntungan lain mengunjungi Curug adalah tersedianya tempat perkemahan bagi pengunjung. Perkemahan ini terletak di tengah hutan di sebelah air terjun.

Tempat perkemahan ini memiliki area yang cukup luas dan nyaman. Bahkan ada ruang jika ingin membuat api unggun di tengah lapangan.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun KondangFoto: Google Maps/Reina Syafiqa

Kawasan wisata Curug Kondang terletak di Kota Bogor, lebih tepatnya di Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Sebelum memasuki objek wisata alam ini, Anda harus melewati objek wisata Gunung Salak Endah dengan jarak hingga 2 km.

Jika Anda berangkat dari Kota Bogor, dibutuhkan jarak hingga 30 km atau berkendara lebih dari satu jam.

Untuk menikmati keindahan alam ini Anda harus membayar sebesar Rp. 10.000. Karena objek wisata alam ini terletak di kawasan Gunung Salak Endah, maka Anda juga perlu membeli tiket seharga Rp untuk memasuki kawasan ini. 15.000. Kunjungan dapat dilakukan mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas air terjun yang terkenalFoto: Google Maps/Wida Y

Nikmati suara air terjun

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati air terjun. Baik jika Anda berenang di bawah atau duduk di dekat Curug Kondang Bogor.

Apalagi saat kondisi wisata sedang sepi dan belum banyak pengunjung, tempat ini terasa seperti ruang privat yang asri. Terlihat pula warna kebiruan pada dasar air terjun.

Bermain air di kolam air terjun Kondang

Aktivitas lain yang bisa Anda nikmati adalah bermain atau berenang di kolam renang. Kolam ini sangat cocok bagi pengunjung dewasa yang ingin berenang sambil menikmati pemandangan indah. Air terjun ini masih bisa Anda lihat karena tinggi dan terlihat dari jauh.

Selfie di air terjun

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah mengabadikan momen di air terjun. Anda bisa berfoto di depan perabot tulis Curug Kondang atau memotret pemandangan alam sekitar.

Spot foto yang sayang untuk dilewatkan adalah air terjun. Anda bisa mengambil foto sambil mandi atau memotret elang dari seberang.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto sambil beristirahat di dekat kolam renang. Di sini Anda dapat menikmati panorama kawasan sekitar dengan pepohonan dan air terjun.

Berkemah bersama teman

Aktivitas keempat yang bisa Anda lakukan adalah berkemah bersama teman. Tempat berkemah disediakan di Curug Kondang Bogor.

Jika kawasan wisata tidak ramai, Anda bisa memilih tempat nyaman yang sesuai dengan kebutuhan. Di malam hari akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Anda bahkan akan bermalam sambil mendengarkan suara air terjun.

Bersantailah di paviliun

Jika Anda sekedar ingin bersantai dan menikmati pemandangan, Anda bisa menggunakan pendopo yang ada di kawasan wisata Curug Kondang.

Di paviliun ini Anda bisa membawa perbekalan dan dinikmati bersama keluarga atau membeli makanan di kantin terdekat. Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung ke objek wisata alam ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas di air terjun yang terkenalFoto: Google Maps/Reina Syafiqa

Di antara berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata Curug Kondang adalah kolam renang dengan fitur air. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang sedang berlibur bersama keluarga.

Kolam ini mengalir dari air terjun yang jernih dan menyegarkan. Artinya, Anda tetap bisa menikmati keindahan air terjun sambil berenang di kolam.

Selain taman bermain, Curug juga memiliki fasilitas berupa toilet umum, ruang ganti, dan tempat ibadah.

Jika Anda sekedar ingin bersantai sambil melihat air terjun, Anda bisa menggunakan gazebo yang disediakan di dekat air terjun.

Jika tidak membawa bekal, Anda juga bisa memesan makanan di stand. Selain itu, tersedia area khusus bagi Anda yang ingin berkemah.

Nah inilah pesona Curug Kondang dan fasilitas yang didapat. Selain pemandangannya keren, kamu juga bisa menambah wawasan opini masyarakat. Apakah Anda tertarik mengunjungi objek wisata alam ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button