Tempat Wisata

Curug Landing, air terjun indah di Kuningan yang dikelilingi tebing-tebing eksotis

Curug Landing di Kuningan merupakan air terjun cantik yang dikelilingi tebing-tebing eksotis dan menawarkan berbagai wahana seru dan menarik.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Pejambon-Sagara Hiang, Kecamatan Cisantana. Cigugur, Kab.Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Banyak faktor yang menjadikan Kuningan menjadi tempat yang indah dan menarik, salah satunya adalah keberadaan Curug Landing.

Air terjun ini dianggap sebagai salah satu air terjun terindah dan menarik sehingga menarik wisatawan dari luar daerah untuk mengunjunginya.

Keindahan air terjun ini sungguh menakjubkan sehingga jumlah pengunjungnya terus meningkat. Apalagi saat hari libur tiba, kawasan air terjun ini selalu menjadi destinasi yang ramai.

Dengan banyaknya atraksi menarik di sekitar air terjun, pengunjung tidak akan bosan jika memilih Curug Landing sebagai tujuan liburannya. Untuk mengetahui lebih jauh pesona air terjun ini, yuk simak informasinya berikut ini!

Objek wisata yang ditawarkan Curug Landing

Daya tarik air terjun LandingFoto: Google Maps/Alif Iqbal

Meski popularitasnya tak sehebat air terjun lain di wilayah Jawa Barat, bukan berarti air terjun ini kalah menarik. Banyak sekali daya tarik yang ditawarkan air terjun ini, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Asal usul yang unik

Hal pertama yang membedakan kawasan wisata Curug Landing dengan air terjun lainnya adalah memiliki asal usul yang menarik.

Dulu, Putri Hollan William dan kekasihnya dikabarkan memanfaatkan air terjun ini sebagai tempat mandi dengan harapan pernikahan mereka bisa langgeng.

Oleh karena itu, saat ini warga sekitar mempercayai bahwa air terjun ini sering dijadikan sebagai tempat berdoa agar pernikahan langgeng.

Tak hanya berkaitan dengan pernikahan, air terjun cantik ini juga disebut-sebut dapat membantu pengunjungnya pulih dari berbagai penyakit.

Dikelilingi oleh tebing

Selain sejarah dan mitosnya yang misterius, lokasinya yang strategis juga menambah daya tarik Curug Landung Kuningan. Karena air terjun ini dikelilingi oleh tebing tinggi dan warna hijau juga mendominasi disini.

Ketinggiannya yang mencapai 30 meter membuat pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan kawasan sekitar. Jangan lupa aliran air di sini juga cukup deras, apalagi saat musim hujan tiba.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun PendaratanFoto: Google Maps/Apip Wapiyudin

Curung Landing terletak di Kecamatan Cigugur, lebih tepatnya di Sagara Hiang, Jawa Barat. Pengunjung tidak akan kesulitan untuk melihat air terjun ini karena lokasinya hanya berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota sehingga perjalanan hanya memakan waktu sekitar 20 menit dalam keadaan lalu lintas lancar.

Untuk menuju Curung Landing, Anda dapat memulai perjalanan melalui kota Kuningan kemudian melanjutkan perjalanan menuju desa Gunung Keling.

Belok kanan menuju Jl. Raya Cigugur, lalu lurus saja lewat Jl. Raya Cisantana hingga tiba di lokasi sebenarnya.

Biaya masuk wisata alam

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan dikeluarkan selama berlibur di Curug Landing karena biaya masuknya sangat terjangkau.

Untuk memasuki air terjun, pengunjung hanya perlu merogoh dompet dan membayar Rp. 10.000 per orang.

Sementara itu, ada biaya tambahan yang perlu Anda perhitungkan jika ingin menikmati wahana dan fasilitas lainnya. Contohnya adalah wahana Landing Sky Bike yang bisa dikendarai dengan biaya Rp. 30.000 dan Jurang Landing Rp 15.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan di Air Terjun PendaratanFoto: Google Maps/Muhammad Daffa

Curug dikenal sebagai tempat mandi dan berenang di air terjun, namun hal itu tidak bisa Anda lakukan hanya saat menginap di objek wisata alam ini.

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa mengisi liburan Anda di air terjun ini, antara lain sebagai berikut:

1. Nikmati Pendaratan Teras

Aktivitas pertama yang tidak boleh dilewatkan di kawasan wisata Curug Landung adalah menikmati Teras Landung.

Kawasan ini sangat menarik karena pengunjung bisa menemukan banyak tempat menarik seperti area fotografi, camping bahkan kafe.

Keberadaan Terrace Landing sangat memanjakan pengunjung karena bisa menikmati waktu dengan lebih santai.

Lokasinya yang berbentuk petak bertingkat memungkinkan Anda untuk membuat kopi sambil menikmati hijaunya pemandangan alam sekitar.

2. Mencoba bianglala mini di Curug Landing

Salah satu wahana yang pasti disukai pengunjung khususnya anak-anak adalah bianglala mini yang ada di sini.

Wahana ini seru dan seru, dijamin anak-anak akan merasa sangat nyaman saat menaiki bianglala kecil ini.

Keluarga yang menunggu anak dapat duduk dengan tenang dan mengawasi si kecil dengan santai. Dengan wahana ramah anak, tak heran jika Curug Landing Kuningan diakui sebagai destinasi yang cocok untuk liburan keluarga.

3. Meja gantung

Ada beberapa permainan di Jurang Landing yang mampu menguji adrenalin pengunjung. Salah satunya adalah meja gantung dan ayunan yang terlihat seram dan seru.

Pengunjung diajak untuk berayun dari ketinggian dan menguji keberaniannya. Pihak manajemen akan membantu Anda memainkan game ini agar Anda selalu aman dan terhindar dari kecelakaan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas air terjun pendaratanFoto: Google Maps/Nur Widiyanti

Berbeda dengan air terjun lainnya, fasilitas di Curug Landing sangat lengkap dan bermanfaat. Terdapat area pendopo dimana pengunjung dapat duduk santai dan beristirahat jika lelah.

Selain itu, ada juga layanan Drone dan foto-foto yang sangat membantu pengunjung memotret aktivitasnya selama menginap. Hasil jepretannya akan terlihat indah karena diambil oleh juru kamera profesional.

Beragamnya manfaat dan keunikan air terjun ini membuat sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana berlibur ke Kuningan, tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati pesona Curug Landing.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button