Tempat Wisata

Curug Larangan, air terjun penuh mitos di Geopark Ciletuh Sukabumi

Curug Larangan di Sukabumi merupakan air terjun mistis di Geopark Ciletuh yang memikat pengunjung dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab.Sukabumi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Larangan merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Sukabumi, Jawa Barat. Banyak yang bilang kalau air terjun ini adalah yang terbersih di kawasannya.

Keindahannya sungguh luar biasa, dengan hutan lebat dan tebing batu disekelilingnya memberikan pemandangan yang begitu indah.

Pemandangan ini sayang untuk dilewatkan jika berwisata ke Sukabumi. Apalagi jika Anda membutuhkan momen refreshing untuk menghilangkan stres, maka air terjun ini layak untuk Anda pertimbangkan. Apa daya tariknya? Yuk simak fakta mengenai air terjun ini.

Objek wisata yang ditawarkan Curug Ban

Larangan atraksi air terjunFoto: Google Maps/Wildan Fiqri

1. Mitos larangan pergi ke air terjun

Keberadaan mitos dalam wisata alam ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi, beberapa mitos mungkin membuat Anda takut untuk mengunjungi tempat wisata terkait.

Namun di sisi lain, adanya mitos tertentu justru bisa membuat Anda penasaran. Begitu pula dengan air terjun di Sukabumi ini. Legenda setempat mengatakan bahwa siapa pun yang mengunjungi air terjun ini akan hilang dan tidak akan pernah ditemukan lagi.

Karena itulah air terjun ini diberi nama Larangan. Karena orang dilarang datang ke sini.

Namun, lama kelamaan larangan ini hanya menjadi mitos belaka. Buktinya Curug Larangan kini menjadi salah satu tempat wisata di Sukabumi yang sangat populer.

Jika Anda masih merasa terganggu dengan mitos-mitos yang ada, disarankan untuk tidak datang sendiri. Di sini Anda bisa mengundang keluarga atau teman.

2. Air terjun terbersih

Mengapa disebut air terjun terbersih? Karena adanya mitos larangan pergi ke air terjun yang diyakini masyarakat pada zaman dahulu, air terjun ini masih cukup sepi. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa alam di sini masih begitu asri dan sangat bersih.

Anda tidak akan menemukan sampah berserakan di jalan menuju air terjun. Begitu pula sungai yang mengalir dari air terjun ini sangat jernih dan bebas sampah.

3. Air terjun yang indah

Air Terjun Larangan Sukabumi selain bersih juga memiliki tampilan yang sangat indah. Air terjun ini juga tingginya sekitar 50 meter dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Jernihnya air berpadu dengan lebatnya hutan dan tebing batu yang mengelilinginya menciptakan suasana lebih sejuk dan damai.

Tebing bebatuan yang mengelilingi air terjun memiliki warna kehitaman, seolah menambah percikan warna di antara rimbunnya pepohonan hijau dan membuatnya terkesan eksotis.

4. Termasuk kawasan Geopark Ciletuh

Curug Larangan merupakan bagian dari Geopark Ciletuh, destinasi wisata alam populer di Sukabumi.

Destinasi wisata alam ini mempunyai luas sekitar 128.000 hektar dan ditujukan sebagai kawasan konservasi alam, promosi melalui kegiatan geowisata dan edukasi.

Di kawasan Geopark Ciletuh juga masih banyak tempat wisata alam lainnya yang bisa dikunjungi. Selain Air Terjun Larangan, juga terdapat Pantai Palangpang, Pantai Cipanarikan, Air Terjun Puncak Manik, dan Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar.

Jadi jika memiliki waktu lebih, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata alam tersebut setelah bermain di Air Terjun Larangan. Perjalanan liburanmu dijamin makin menyenangkan dan seru.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Air Terjun BanFoto: Google Maps/Semut Abang

Wisata Curug Larangan terletak di kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu. Lebih spesifiknya terletak di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jarak dari pusat kota Sukabumi sekitar 74 kilometer, cukup jauh sehingga membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai tempat tersebut.

Untuk rutenya bisa mengambil arah Puncak Darma-Loji menuju Jembatan Cisaar. Hanya sekitar 100 meter dari jembatan Anda akan menemukan jalan setapak yang mengarah ke air terjun.

Anda bisa memarkir kendaraan terlebih dahulu sebelum melewati jalan sempit ini. Perjalanan dilanjutkan dengan trekking berjalan kaki sekitar 15-20 menit. Akses jalan sudah bagus, jadi tidak perlu khawatir.

Biaya masuk wisata alam

Biaya masuk Air Terjun Larangan Sukabumi sangat terjangkau. Karena Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. Hanya 5.000. Selain itu, ada iuran kebersihan sebesar Rp 10.000 yang dikelola pemerintah kota setempat. Murah, bukan?

Dengan biaya tersebut Anda bisa menikmati keindahan air terjun dan berbagai pesona alam sekitarnya. Selama jam operasional Anda dapat mengunjungi WIB setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00.

Aktivitas yang menyenangkan

Dilarang melakukan aktivitas air terjunFoto: Google Maps/Ceng Chiang

Rasakan kesegaran air terjunnya

Curug Larangan Sukabumi terkenal dengan airnya yang jernih dan menyegarkan. Jika ingin merasakan kesegaran air terjun, Anda bisa bermain air di tepi kolam alami di bawah air terjun.

Atau bisa juga bermain di sungai yang mengalir setelah air terjun. Air terjunnya mengalir deras, sungainya juga mengalir, namun tidak dalam sehingga nyaman untuk bermain air.

Di bawah air terjun terdapat kolam dengan kedalaman hingga empat meter. Walaupun bisa berenang, tetap harus hati-hati.

Pihak pengelola telah menetapkan batas kedalaman pada air terjun sehingga wisatawan perlu berhati-hati. Pastikan untuk mematuhi batasan ini.

Piknik di sekitar Air Terjun Larangan

Piknik sambil menikmati keindahan air terjun menjadi ide yang bagus di wisata Curug Larangan. Karena area di sekitar air terjun cukup luas, Anda bisa membentangkan kain di sana untuk piknik.

Hal ini membuat Anda bisa mengisi perut dengan bekal yang dibawa dari rumah sambil mengagumi keindahan air terjun di depan mata, ditemani sejuknya suasana alam sekitar.

Anda bahkan bisa memasang tenda agar lebih nyaman. Jadi jika tiba-tiba turun hujan, Anda tidak perlu khawatir harus segera mencari perlindungan. Saat bersantai di dalam tenda, hindari terik sinar matahari di siang hari.

Bersantailah di tempat tidur gantung

Jika ingin bersantai di tempat yang lebih sejuk, Anda bisa membawa hammock ke sini. Pasalnya, di sekitar Curug Larangan banyak terdapat pohon-pohon besar dan kokoh. Jadi Anda bisa menggunakan pohon-pohon ini untuk memasang tempat tidur gantung.

Selain untuk bersantai dan menikmati keindahan sekitar, hammock ini juga bisa dijadikan tempat selfie unik. Apalagi jika Anda membawa banyak hammock dan mengjajarkannya untuk berfoto bersama teman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun yang dilarangFoto: Google Maps/Yusa Uca

Pihak pengelola telah memperbaiki berbagai fasilitas di lokasi ini untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Sama seperti tempat parkir, kini sudah ada area khusus yang tidak perlu lagi dititipkan kepada warga.

Kemudian toilet, toilet yang bersih dapat ditemukan di kawasan wisata Curug Larangan yang diperuntukkan bagi wisatawan. Terdapat juga pendopo untuk istirahat dan musala bagi wisatawan muslim yang ingin beribadah.

Jika Anda tidak membawa perbekalan sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Di lokasi terdapat beberapa warung makan yang menyajikan berbagai hidangan dan minuman ringan.

Jadi Anda bisa memesannya kapan saja untuk mengisi perut, apalagi harganya cukup terjangkau.

Kalaupun namanya Curug Larangan, jangan khawatir karena wisatawan diperbolehkan datang ke sini. Saat ini, air terjun yang dianggap terbersih di Sukabumi ini masih menjadi tujuan wisata populer. Airnya yang jernih dan segar sangat cocok untuk penyembuhan dan menghilangkan stres. Tertarik?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button