Tempat Wisata

Curug Leuwi Hejo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kota Bogor atau Kota Hujan yang sering disebut dengan Kota Hujan ini memiliki kekayaan alam yang sangat tinggi. Kota ini memiliki pesona alam yang indah karena memiliki sejumlah destinasi wisata alam di berbagai daerah. Selain Puncak dan Sentul, ada juga kawasan wisata air terjun yang sedang ramai dibicarakan, yaitu Curug Leuwi Hejo.

Curug Leuwi Hejo atau lebih dikenal dengan Curug Bengkok, aliran airnya berasal dari Sungai Cilengsi. Nama Curug Leuwi Hejo berasal dari bahasa Sunda. air terjun apa yang dimaksud air hujan Leuwi berarti lembah dan Hai artinya hujan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa objek wisata ini merupakan kolam hijau.

Fasilitas di Curug Leuwi Hejo

Berbagai fasilitas telah disiapkan pengelola untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Bisa dibilang fasilitas yang tersedia cukup memadai untuk sebuah tempat wisata. Di kawasan air terjun ini terdapat beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas dan luas serta keamanan yang terjamin. Ada juga toilet dan mushola yang terjaga kebersihannya. Tak ketinggalan, ada juga beberapa warung makan yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman.

Keindahan air terjun Leuwi-Hejo

Keindahan air terjun ini terletak pada airnya yang jernih dan kolam kecil di bawahnya yang berwarna hijau dengan pantulan sinar matahari. Kolam di bawah air terjun ini biasanya digunakan pengunjung untuk permainan air atau berenang. Airnya jernih alami dan tidak tersentuh seperti air pegunungan.

Air terjun Leuwi Hejo berada di ketinggian sekitar 500-1000 mdpl. Tak heran jika udara yang menyelimuti kawasan air terjun ini begitu sejuk dan menyegarkan. Selain itu, di air terjun ini terdapat bebatuan dan pepohonan yang tumbuh rindang dan lebat sehingga suasana semakin asri dan rindang. Di air terjun ini pengunjung juga bisa mengamati warna pelangi dari setiap sudut air terjun.

Meski air terjun ini tidak terlalu besar, namun keindahannya tidak diragukan lagi. Banyak pengunjung datang ke air terjun pada akhir pekan dan hari libur. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam air terjun. Di air terjun ini pengunjung bisa berenang, menyelam, bermain air dan berfoto. Selain berenang, Anda juga bisa memanjat dinding batu yang ada di area air terjun ini.

Berburu foto di Curug Leuwi Hejo

Tempat terbaik dan menarik untuk berfoto adalah saat mendaki tebing, dengan latar belakang panorama pepohonan yang rindang. Air kolam hijau di bawah air terjun juga sayang jika tidak tertangkap kamera. Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat berenang atau bermain di air terjun hijau ini.

Biaya masuk ke air terjun Leuwi Hejo

  • Biaya masuk ke Pos Pertama: Rp 15.000/orang
  • Biaya masuk ke air terjun: Rp 25.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 10.000
  • Biaya Parkir: Rp 20.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Curug Leuwi Hejo

Jalur akses menuju Curug Leuwi Hejo

Air Terjun Leuwi Hejo terletak di Desa Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Cara menuju Curug Leuwi Hejo sangat mudah. Jika menggunakan mobil pribadi, Anda bisa masuk tol menuju Bogor dan keluar di tol Sentul Selatan. Setelah keluar tol Sentul Selatan, terus lurus ke arah komplek Sentul Nirwana hingga sampai di sebuah bundaran. Di bundaran ini, putar balik lalu ke kiri, tak jauh dari wahana Jungle Land. Kemudian perjalanan dilanjutkan dan sampai di desa tempat air terjun itu berada. Ikuti saja jalannya.

Kondisi jalan sempit, terjal dan bergelombang. Tapi penduduk desa sekitar ramah dan udara pegunungannya sejuk. Hanya setelah beberapa jam berkendara Anda akan menemukan pemandu”Air Terjun Leuwi Hejo“. Setelah memarkir kendaraan, Anda harus melanjutkan berjalan kaki dari tempat parkir menuju lokasi air terjun.

Tips berwisata di Curug Leuwi Hejo

  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima karena medannya sangat sulit, terutama setelah melewati Jungle Land hingga tempat parkir terakhir di Leuwi Hejo. Selain itu, untuk berjaga-jaga, periksa kondisi ban, mesin, dan pastikan tangki bensin sudah penuh.
  • Sebaiknya lakukan aktivitas fisik di sini sebelum liburan karena akses jalan yang menanjak dan menurun akan sangat melelahkan dan menguras tenaga.
  • Bawa salep untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigitan serangga. Dikelilingi oleh hutan, situs Curug Leuwi Hejo menjadi habitat berbagai serangga.
  • Kenakan sepatu atau sandal yang nyaman karena medan yang akan dilalui cukup sulit.
  • Air terjun ini sebaiknya tidak dikunjungi saat musim hujan karena kecelakaan dan banjir bisa terjadi di sini.
  • Hati-hati karena akses jalan menuju air terjun licin dan terjal.
  • Pastikan kebersihan dengan membuang sampah di lokasi yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda berada di Bogor, Jawa Barat, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung Air Terjun Leuwi Hejo. Air terjun dengan kolam hijau, pepohonan rindang, dan udara sejuk khas pegunungan tentu menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, jika beruntung, Anda bisa melihat lereng pelangi muncul di sudut air terjun. Tentunya, merasakan keindahan alam air terjun ini serta pemandangannya yang indah dan tiada duanya membuat pikiran menjadi lebih segar dan sehat. Agar menjadi pengalaman berwisata yang berkesan dan tak terlupakan bersama keluarga, kerabat dan sahabat terdekat.

Galeri foto air terjun Leuwi Hejo

Air Terjun Leuwi Hejo
akses jalan
Bebatuan di atas air terjun
Mandi dengan pelampung
Air terjun yang indah dengan dinding batu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button