Tempat Wisata

Curug Lewaja, panorama alam indah yang mampu memikat hati di Enrekang

Curug Lewaja, panorama alam indah yang mampu memikat hati di Enrekang
harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Lewaja, Kec. Enrekang, Cab.Enrekang, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Dari sekian banyak tempat wisata alam yang ada di sekitar Enrekang, salah satunya Air Terjun Lewaja yang menawarkan keindahan alam terbaik. Mengunjungi berbagai tempat wisata alam memang akan sangat menyenangkan bagi Anda. Juga, jika daerah Anda memiliki tempat wisata alam terbaik dan banyak dikunjungi.

Wisata alam ini masih banyak orang yang tidak menyadari keberadaannya. Keindahan tersimpan dalam wisata air terjun. Kabupaten Enrekang memang terkenal dengan pesona keindahan alamnya yang masih tersembunyi dan belum banyak diungkap oleh banyak orang.

Salah satu keindahan alamnya adalah air terjun yang akan membuat Anda tertarik untuk berkunjung. Nah, wisata alam yang disinggung di awal artikel ini yaitu Air Terjun Lewaja di Kabupaten Enrekang cocok untuk Anda jadikan tempat liburan.

Daya tarik air terjun Levaya

Daya tarik air terjun LevayaKredit foto: Google Maps Ardigu Nawan

1. Suasana Alam Alami

Hal pertama yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah nuansa alamnya yang masih sangat alami sehingga anda yang berkunjung ke tempat ini akan merasakan alam yang masih sangat kental dengan kesejukan angin yang muncul masih terjaga dengan baik.

Rasakan juga ketenangan air terjun dengan suasana yang masih alami dan tak tersentuh oleh waktu yang semakin membuat pembaharuan tersebut. Oleh karena itu bagi anda yang sedang mencari wisata air terjun yang masih terjaga kelestarian alamnya, sangat cocok menggunakan Air Terjun Lewaja di Enrekang.

2. Pemandian alami

Selain suasana air terjun yang masih terjaga, Anda juga bisa menikmati pemandian atau kolam renang setempat. Dengan adanya kolam renang ini, Anda dapat lebih merasakan kesejukan air yang mengalir alami dan terbentuk dengan sendirinya, sehingga Anda dapat menikmatinya.

Kehadiran pemandian air terjun sangat cocok bagi anda yang ingin mengunjungi air terjun cantik ini sekaligus mandi air tawar. Oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin merasakan air tawar yaitu air terjun yang ada di kabupaten enrekang.

Selain itu, sudah ada kolam renang yang dilengkapi dengan perlengkapan yang dibutuhkan untuk berenang di Air Terjun Lewaja saat berkunjung ke tempat tersebut. Kolam renang ini didesain semenarik mungkin agar Anda dan wisatawan lain dapat menikmati alam sekitar dengan nyaman.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun LevayaSumber Gambar: Google Maps Fitry Chelsea

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi air terjun cantik ini, Anda harus memahami terlebih dahulu lokasi air terjun tersebut. Wisata alam ini memiliki jarak kurang lebih 6 km dari pusat kota Enrekang Sulawesi Selatan dan jika anda berkendara dari arah timur anda bisa menemukan tempat dengan jarak kurang lebih 15 menit.

Sesampainya di tempat tersebut anda akan dapat merasakan sensasi alam yang sangat menarik yang terpancar dari air terjun dan juga mandi di tempat ini sehingga masih alami. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat air terjun ini berada perlu berhati-hati karena jalurnya cukup menantang.

Ada beberapa hal yang harus anda lalui jika ingin berkunjung ke Air Terjun Lewaja, salah satunya adalah anda harus berjalan kaki melewati pegunungan dengan jarak sekitar 1 km dari lokasi pemandian. Di pojok kanan terlihat bukit-bukit yang cukup indah dan di sisi kanan juga terlihat bukit-bukit yang indah serta lembah dan ngarai.

Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam perjalanan menuju air terjun karena jalan yang Anda lewati terkadang terlihat sempit dan licin. Jadi jika Anda ingin berkunjung untuk menghabiskan liburan Anda di sana, Anda harus memperhatikan kondisi jalan di perjalanan Anda.

Pada umumnya saat memasuki suatu tempat wisata, harga tiket dapat berubah harga antara hari libur nasional, hari minggu atau hari biasa. Bagi anda yang ingin masuk pada hari libur akan dikenakan biaya Rp. 15.000.

Aktivitas seru di Air Terjun Lewaja

Aktivitas seru di Air Terjun LewajaSumber Gambar: Google Maps Fitry Chelsea

Adapun beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Air Terjun Lewaja memang sudah disebutkan pada pembahasan awal, namun untuk pembahasan selanjutnya akan merinci kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan selama berkunjung.

1. Berenang

Berada di dekat air terjun memang merupakan hal yang sangat menarik untuk Anda ketahui bagaimana menikmati suasana yang nyaman saat berada di dekat air terjun. Intinya anda tidak merasa tidak puas saat berada di tempat ini. Jadi akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui hal ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Lewaja yang terletak di Kabupaten Enrekang ini memiliki sejuta pesona alam yang sangat memikat. Jadi sayang sekali jika tidak digunakan untuk berenang dan merasakan sensasi airnya yang sangat segar.

Berenang di air terjun yang mempesona ini adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan. Dengan begitu anda akan dapat merasakan suasana kesegaran alami air terjun dan juga pesona alam yang masih sangat alami.

2. Mandi dan berendam

Kegiatan selanjutnya yang bisa anda lakukan di Air Terjun Lewaja adalah salah satu wisata yang bisa anda kunjungi di Enrekang. Kegiatan tersebut adalah mandi dan juga mandi bersama keluarga di kolam yang ada. Anda akan bisa mendapatkan perasaan yang sangat alami dari air.

Salah satu kegiatan yang paling diminati oleh semua pengunjung adalah mandi dan menyelam ke kolam yang terletak di bawah air terjun. Tepatnya di sela-sela bebatuan yang cukup besar di sekitar air terjun.

Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun

Sistem air terjun LewajaKredit foto: Google Maps Moh.Agus Noor Syamsi

Fasilitas yang ada di Air Terjun Lewaja sudah cukup banyak disinggung pada pembahasan di atas. Fasilitas yang akan anda dapatkan ketika berada di tempat ini adalah kolam renang dimana anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, ini adalah air terjun di mana Anda bisa menikmati kesegaran airnya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa sebenarnya air terjun tersebut memiliki sejarah tersendiri yang tidak terlalu menarik. Air terjun di Enrekang ini juga banyak dikunjungi oleh penduduk setempat maupun orang luar. Konon Lewaja dikenal sebagai tempat suci dimana banyak orang melakukan ritual mandi bersama menjelang bulan Ramadhan.

Demikian beberapa pembahasan dalam artikel ini Air Terjun Levaya dan semoga pembahasan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan baru tentang destinasi wisata dengan air terjun yang belum banyak diketahui. Semoga ini bisa membawa manfaat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button