Tempat Wisata

Curug Luhur Bogor – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Temukan pesona alam Curug Luhur, Bogor yang mempesona, dengan eksotisme dua air terjun menakjubkan yang memberikan pengalaman wisata tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Harga tiket: Rp 45.000, Jam beroperasi: 08:00 – 18:00, Alamat: J L. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Luhur merupakan destinasi wisata bahari yang berbeda dengan air terjun lain di Bogor. Hal ini dirancang untuk membuat taman air dengan air terjun yang kuat, membuat tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Konsep air terjun dan waterpark menjadi daya tarik tempat indah ini sehingga sering dikunjungi banyak orang.

Keberadaan air terjun unik ini letaknya paling pojok, namun terlihat jelas. Anda akan melihat bahwa air mengalir sangat cepat. Tempat wisata di Bogor ini bisa dengan mudah dikunjungi menggunakan kendaraan bermotor. Namun mereka tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang diumumkan pemerintah.

Perlu diketahui bahwa nama air terjun berasal dari bahasa daerah dan terdiri dari dua suku kata yaitu Curug dan Luhur. Kalau Curug artinya air terjun, maka luhur artinya tinggi. Hal ini mungkin karena air terjun di titik ini cukup tinggi sehingga diberi nama Luhur.

Objek wisata yang ditawarkan Curug Luhur

Atraksi air terjunSumber gambar: Hamba Bersyukur Google Maps

1. Keindahan yang menakjubkan

Sudah sampai di parkiran Anda sudah bisa mengagumi keindahan Curug Luhur. Air di air terjun mengalir cukup deras di antara tebing dan tanaman hias di sekitarnya. Lokasi indah ini tidak hanya memiliki satu, melainkan dua air terjun.

Disekitarnya terdapat kolam tangkapan yang besar, namun pengunjung tidak diperkenankan mendekati air apalagi berenang. Karena tidak aman dan sangat berbahaya. Konon ada bak mandi air panas di kolam renang.

2. Ledakan air

Selanjutnya Anda akan menemukan Waterboom di tempat wisata. Daya tarik inilah yang menjadikan tempat wisata ini begitu populer. Hanya di Curug Luhur pengunjung bisa menemukan konsep seperti itu. Pasalnya banyak pengelola yang takut kehilangan kesan alami dari curug atau air terjun.

Selain itu, kehadiran waterpark menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata. Sambil bermain air, mereka bisa mengagumi keindahan air terjun.

3. Air kolam tidak berbau kaporit

Di sebagian besar taman air atau tujuan wisata air lainnya, klorin ditambahkan ke dalam air. Namun jangan khawatir, saat Anda menuju air terjun unik ini, air kolamnya tidak akan berbau kaporit. Sebab, airnya berasal dari air terjun langsung. Oleh karena itu airnya sangat jernih, bersih dan menyegarkan.

Namun air kolam di waterpark ini sangat dingin. Oleh karena itu, sebaiknya hindari berenang di sore hari. Jadi jika ingin bermain air sebaiknya berangkat ke sana pada pagi hari. Anda bisa bersenang-senang bermain air sambil menikmati keindahan yang ditawarkan wisata bahari ini kepada pengunjungnya di sore dan malam hari.

4. Permainan seru dan mengesankan

Jika ke Curug Luhur jangan lupa untuk menikmati sensasi air terjunnya juga. Selain itu, air terjun di air terjun cantik ini memiliki ketinggian lebih dari 60 meter. Selain itu, kolam di dasar air terjun memiliki kedalaman hingga 15 meter dan arus air yang sangat deras. Oleh karena itu, taman bermain tersebut dipindahkan.

Jadi jika pengunjung ingin bermain air, lapangannya berada di kedalaman 7 meter demi alasan keamanan. Bagi yang khawatir untuk bermain air karena kedalaman dan derasnya arus air, hal ini tidak menjadi masalah karena terdapat waterpark dengan segala fasilitas yang tersedia.

5. Ada dua air terjun

Wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Curug Luhur pasti akan bertanya-tanya mengapa ada dua air terjun di tempat wisata tersebut. Pihak pengelola sengaja melakukan hal tersebut agar ada tambahan saluran masuk ke dalam kolam. Air terjun pertama jatuh ke dalam kolam yang kedalamannya sangat dalam sehingga wisatawan tidak bisa bermain-main di sana.

Jika ingin menikmati sensasi air terjun, Anda bisa menggunakan kolam yang lebih dangkal. Selain memberikan ketegangan yang sama, Anda juga tidak perlu khawatir jika air menjadi keruh.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat air terjunKredit foto: Google Maps Cs Abutas

Perjalanan menuju Curug Luhur di Bogor, Jawa Barat bisa dilakukan dengan kendaraan jenis apa pun, mulai dari roda dua hingga roda empat. Jika anda berada di pusat kota bogor, jarak menuju tempat wisata tersebut adalah 18 km. Anda bisa menggunakan kendaraan sendiri atau menggunakan angkutan umum. Jika Anda datang dari Jakarta, Anda bisa naik kereta api dan turun di Stasiun Bogor.

Lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum menuju Ciapus dengan nomor jalur 03. Anda bisa langsung dibawa ke tempat wisata tersebut. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi harus melalui pusat kota bogor terlebih dahulu baru menuju BTM atau bogor trade mall atau leuwiliang.

Cukup ikuti instruksi yang tersedia secara umum. Jalur yang dilalui sebenarnya tidak terlalu lebar. Anda akan menjumpai jalan yang menanjak dan kondisi jalan yang tidak begitu mulus.

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk wisata air terjun ini sebenarnya lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket masuk wisata air terjun serupa. Karena tiket per orangnya adalah Rp 45.000 sedangkan biaya parkirnya adalah Rp 10.000. Jadi jika Anda ingin mengajak keluarga ke sini, sebaiknya buat anggarannya terlebih dahulu.

Namun jangan khawatir, meski harganya terbilang lebih mahal, Anda akan menjumpai berbagai atraksi di tempat wisata tersebut. Karena di Curug Luhur yang indah ini pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun sekaligus bermain waterpark.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan air terjunKredit foto: Google Maps Elkan Sihombing

Bermain di air

Selama berada di sana, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas, termasuk bermain air. Air terjun ini mempunyai dua buah air terjun yang disusun secara paralel. Pengunjung hanya bisa bermain air di salah satu air terjun. karena air terjun lainnya mempunyai arus air yang sangat kuat dan kedalaman lebih dari 15 km.

Air terjun di Bogor ini mempunyai panorama yang indah. Ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk dan suasananya yang asri. Oleh karena itu sensasi bermain air di Curug Luhur sangat berbeda dengan destinasi air terjun lainnya. Air terjun cantik ini juga bisa menjadi tempat bersantai bagi wisatawan yang datang.

Berenang dan skating

Di sekitar Curug Luhur banyak terdapat kolam buatan dengan air melimpah. Air di kolam buatan ini berasal dari mata air Gunung Salak yang tidak pernah kering. Pengunjung juga akan menemukan kolam buatan yang dilengkapi berbagai wahana antara lain spiral, seluncuran air, dan ember drum.

Selain itu, di sini Anda bisa memanfaatkan pipa berkelok-kelok dan perosotan panjang untuk memacu adrenalin Anda. Berenang di kolam ini memang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda mengajak keluarga untuk bersenang-senang bersama. Airnya jernih, bersih dan alami. Jangan khawatir jika mata Anda perih karena air di kolam buatan ini tidak mengandung kaporit.

Lihatlah pemandangan dari Curug Luhur

Ketiga, pengunjung dapat melihat pemandangan yang ada di tempat wisata tersebut. Air terjun yang indah ini menawarkan pengalaman yang tidak biasa bagi pengunjung. Dengan pemandangan yang ditawarkan, pengunjung bisa bersantai dan melupakan segala aktivitas yang biasa mereka lakukan sehari-hari.

Selain pemandangan, pengunjung juga akan merasakan segarnya udara di tempat wisata tersebut. Karena wisata ini bertempat di Kota Bogor yang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan menyehatkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjunKredit foto: Google Maps ananto Wiryo

Tidak perlu khawatir selama berkunjung karena banyak pilihan akomodasi tersedia di Curug Luhur. Sebagian besar akomodasi di sini ditempati oleh keluarga yang ingin menjelajahi air terjun di sekitar properti.

Selain itu, pengunjung juga akan menemukan warung makan dengan menu yang beragam. Harganya cukup murah dan rasanya juga enak. Jadi selepas beraktivitas, tidak ada salahnya untuk mampir ke warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata untuk menikmati lezatnya makanan sambil menghirup udara segar khas kota Bogor.

Sekarang juga ada toilet. Toilet di tempat wisata ini cukup bersih sehingga bisa digunakan saat ingin buang air atau buang air kecil.

Curug Luhur merupakan salah satu destinasi wisata di Bogor yang penuh dengan daya tarik. Meski harganya cukup mahal, Anda akan merasakan keseruan yang mungkin tidak ditawarkan oleh destinasi wisata bahari lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button