Tempat Wisata

Curug Mariuk Bogor – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp35.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Sukamulya, Kec. Sukamuka, Cab.Bogor, Jawa Barat.

Curug Mariuk adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi semua orang di Jonggol, Bogor. Destinasi tersebut menyajikan keindahan yang dapat memukau wisatawan saat berada di sekitarnya. Selain itu, tempatnya masih alami karena dekat dengan hutan dan perkampungan.

Biasanya pada hari-hari tertentu, air terjun ini ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah. Siapapun yang datang berkunjung dijamin akan betah, karena areanya yang luas cocok untuk bermain air.

Traveler bisa membawa seperangkat alat untuk bermain air di sana. Selain itu, Anda juga bisa berkumpul bersama keluarga untuk menikmati suasana. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi Curug Mariuk saat berada di Bogor.

Daya tarik Curug Mariuk

Obyek wisata Curug MariukKredit foto: Google Maps Mahendratta Sambodho

1. Kejernihan Air

Air terjun di Bogor ini tidak terlalu tinggi, namun airnya sangat jernih dan dingin. Dari dekat, airnya terlihat biru muda hingga biru kehijauan. Selain itu, sumber airnya konon berasal dari gunung karena terasa segar. Selain itu, lokasi Curug Mariuk juga sangat dekat dengan beberapa gunung.

Kejernihan airnya menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat wisatawan. Biasanya, banyak traveler yang berlibur menghabiskan waktu dengan bermain air di sekitarnya. Hal ini pasti akan membuat liburan menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Tapi Anda harus ingat untuk tidak mencemari air.

2. Iklan

Air terjun ini bisa dibilang cukup unik karena berada di tengah pedesaan. Hal ini membuat wisata menjadi pemandangan alam yang terlihat begitu indah. Ada pepohonan rimbun yang akan Anda lewati dalam perjalanan menuju wisata Curug. Tak hanya itu, ada tumbuhan lain yang tampak hijau dan berwarna-warni melengkapi panorama wisata.

Anda juga bisa menikmati pegunungan dari arah air terjun ini. Traveler bisa melihat pemandangan dari dekat atau memotret langsung melalui kamera. Biasanya air terjun terlihat indah di siang hari karena sinar matahari langsung menyinari air. Dengan begitu, air terjunnya berwarna tosca saat terkena pantulan cahaya.

3. Suasana Menenangkan

Berada di tengah pedesaan, Curug Mariuk memberikan suasana yang menenangkan. Selain itu, air terjun ini dikelilingi perbukitan yang membuat udara menjadi sejuk. Memang, tempat wisata ini cocok untuk bersantai di tengah kesibukan. Para tamu dapat duduk-duduk di sekitar air terjun dan menikmati suasananya.

Destinasi alam ini juga jauh dari pemukiman penduduk karena dekat dengan hutan. Hal ini tentunya membuat wisata jauh dari polusi dan hiruk pikuk aktivitas warga. Meski terlihat ramai di hari libur, jangan khawatir karena kawasan air terjun ini cukup luas. Sehingga para tamu tetap bisa bersantai dengan tenang sambil bercengkrama dengan teman.

4. Tempatnya masih alami

Hal unik lainnya saat berlibur di Curug Mariuk adalah tempatnya yang masih terlihat alami. Adanya perbukitan, air terjun, dan pegunungan menunjukkan bahwa Curug merupakan objek wisata alam yang wajib dikunjungi. Kebersihan selalu dijaga dengan baik oleh petugas dengan menempatkan tempat sampah di sekitar.

Saat mengunjungi tempat tersebut, Anda diharapkan untuk tidak merusak atau mencemarinya. Membudayakan perilaku agar Curug tetap cantik. Di daerah lain, beberapa hasil panen warga sengaja dipanen untuk menambah kesejukan daerah tersebut. Oleh karena itu, lestarikan tempat rekreasi yang masih asli ini dengan mengikuti aturan yang berlaku disana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di Wisata Curug MariukKredit foto: Google Maps Agia Andriani

Wisata alam Curug Mariuk terletak di desa Sukamulya, Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini sebenarnya berada di tengah lanskap, yang memberikan kesan sejuk. Biasanya tempat tersebut selalu ramai dikunjungi oleh penduduk lokal maupun wisatawan lokal. Ada juga angkutan umum berupa ojek dan persewaan travel untuk tamu luar kota.

Anda yang berkunjung bisa mengambil petunjuk arah dari Jonggol agar cepat sampai ke lokasi air terjun. Lanjutkan menuju Jalan Raya Dayeuh dan lurus terus hingga menemukan Jalan Sukaraja Dayeuh. Kemudian masuk ke kawasan Jalan Lintas Tiga yang letaknya tidak jauh dari desa Sukamulya. Sesampainya di tempat wisata, Anda masih harus berjalan kaki beberapa meter menuju air terjun.

Wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Bogor tidak perlu takut karena lokasi wisata mudah diakses melalui Google Maps. Ada juga papan informasi di sepanjang jalan untuk memudahkan tamu berlibur. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada penduduk setempat. Nikmati perjalanan seru dengan menyaksikan hiruk pikuk desa.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Wisata Curug MariukSumber gambar: Twitter Malik

Harga tiket Curug Mariuk memang sedikit mahal, tapi sangat cocok dengan panorama di dalamnya. Tarifnya adalah Rp 35.000 per orang dan berlaku untuk dewasa dan anak-anak. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir dan sewa guide untuk menemani Anda kesana. Para tamu juga dapat menikmatinya dari pagi hingga malam hari.

Biasanya, turis dari luar negeri dikenakan harga yang sedikit mahal untuk menambah pendapatan pariwisata. Pemudik dengan rombongan bus juga dikenakan tarif tiket parkir berbeda Rp 5.000. Anda dapat memarkir kendaraan pribadi Anda di properti yang disediakan. Di sana juga aman karena dijaga langsung oleh petugas setempat.

Biaya yang ada digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan pariwisata agar lebih baik. Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah karena lokasi air terjun jauh dari warung. Tentunya hal ini dapat menghemat budget Anda selama berlibur di Curug Mariuk. Maka dari itu, jangan lupa untuk mampir ke destinasi tersebut untuk menikmati keindahan yang terlihat menawan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Mariuk

kegiatan wisata Curug MariukKredit foto: Google Maps Macgyver JS

1. Berenang

Air terjun cantik yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter ini membuat destinasi ini cocok untuk berenang. Selain itu, airnya terasa begitu jernih dan dingin karena berasal dari resapan air hujan. Selain itu, air terjun ini terletak di dekat pegunungan tempat airnya berasal. Anda bisa berenang menikmati segarnya air terjun.

2. Abadikan momen

Kamera atau smartphone sangat penting dalam liburan wisata alam. Apalagi di kawasan Curug Mariuk ini menawarkan spot-spot menarik yang bakal bikin foto kamu keren. Selain itu, traveler juga bisa mengabadikan momen lewat rekaman video. Hasil jepretan yang bisa diambil sebagai kenang-kenangan saat berkunjung ke tempat wisata.

3. Piknik

Piknik adalah sesuatu yang dinikmati sebagian orang saat datang ke destinasi alam. Anda bisa membawa makanan, tikar, dan peralatan memasak untuk menikmati piknik. Suasana sejuk dengan suara air yang mengalir pasti akan membuat Anda senang. Jadi usahakan untuk piknik bersama kerabat agar liburan semakin seru dan tidak terasa membosankan.

4. Mainkan air

Wisatawan yang tidak bisa berenang bisa langsung bermain air di sekitar air terjun cantik ini. Anda tidak perlu takut karena airnya tidak terlalu dalam dan arusnya juga tidak terlalu kencang. Namun, pengunjung perlu berhati-hati karena terdapat bebatuan yang licin di dalam air. Selain itu, Anda juga bisa membawa jaket pelampung agar aman saat bermain air di sekitarnya.

5. Berkemah

Kegiatan di Wisata Curug MariukSumber gambar: Penyelenggara Facebook Wisata Alam Sentul Bogor

Pada hari libur, biasanya banyak tamu yang melakukan kegiatan berkemah di kawasan Curug Mariuk. Wisatawan boleh membawa tenda, bekal makanan, baju ganti, dan perlengkapan lainnya. Namun, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari petugas sebelum berkemah. Yang terpenting jangan sampai mencemari area setelah berkemah di kawasan wisata.

6. Santai

Suasana Curug yang menyejukkan memang kondusif untuk relaksasi. Udara terasa sejuk karena tanaman di sekitarnya terlihat begitu segar. Anda bisa duduk di kursi untuk menikmati suasana air terjun yang jauh dari hiruk pikuk kota. Suasana seperti itu jarang terjadi dan bisa memberikan rasa segar pada tubuh.

7. Jelajahi

Lokasi Curug Mariuk yang dekat dengan hutan dan perbukitan sering digunakan untuk eksplorasi. Rimbunnya pepohonan bisa dinikmati dari dekat dengan menjelajahi hutan di sana. Anda bisa merasakan suasana yang masih alami karena kawasan ini masih terlihat hijau. Jangan lupa siapkan bekal air minum sebelum menjelajahi hutan.

8. Nikmati panoramanya

Ada banyak panorama alam di wisata ini. Di atas ketinggian tertentu, air mengalir menuju reservoir. Ada juga pepohonan dan tumbuhan hijau lainnya yang mengelilingi air terjun sehingga terlihat asri. Traveler bisa menikmatinya dari dekat atau mengabadikan pemandangan alam ini dengan kamera.

9. Kunjungan desa

Desa-desa di dekat Curug bisa langsung dikunjungi wisatawan. Di sana Anda bisa menyaksikan aktivitas penduduk desa dan merasakan suasana yang menyenangkan. Selain itu, di kawasan desa banyak terdapat rumah-rumah yang masih tradisional dan dikelilingi oleh tanaman tebu, jagung dan lainnya. Kegiatan ini pasti akan membuat sebagian orang senang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Curug Mariuk BogorSumber gambar: Facebook Arif Saputra

Curug Mariuk menawarkan beberapa fasilitas penunjang untuk melengkapi kawasan wisata. Ada kamar mandi di mana Anda bisa mencuci diri setelah bermain air. Yang terpenting jangan sampai kamar mandi berantakan dan gunakan seperlunya saja. Kemudian ada juga fasilitas ganti di dekat area toilet umum.

Di setiap area, air terjun dilengkapi dengan beberapa area tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Ada juga musholla kecil yang bisa digunakan untuk sholat dan istirahat. Bagi pemudik yang membawa kendaraan pribadi, bisa diparkir di tempat parkir mobil yang sangat luas. Ini menawarkan ruang untuk lebih dari 30 kendaraan tamu.

Belum ada warung makan berat di kawasan wisata ini. Jadi pengunjung harus membawa perbekalan dan peralatan sendiri untuk bermain air. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa penjual makanan ringan di desa dekat air terjun.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Curug Mariuk di Jonggol Bogor yang memiliki keindahan tersendiri. Anda yang berada di kawasan Bogor bisa mengunjungi destinasi ini untuk menikmati kejernihan airnya. Jangan lupa ajak teman atau keluarga agar liburan jadi menyenangkan. Persiapkan juga semua perlengkapan yang akan Anda butuhkan saat berkunjung ke sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button