Tempat Wisata

Curug Orok Garut – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: 15.000 Rp Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: JL.Curug Orok, Kec. Cikajang, Cab Garut, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Karena topografi wilayah yang dikelilingi oleh beberapa gunung, Kabupaten Garut dikenal memiliki udara yang sejuk. Garut memiliki banyak keindahan alam untuk dinikmati saat Anda berkunjung. Salah satunya adalah Curug Orok yang berada di ketinggian 250 mdpl, lebih tepatnya di kaki Gunung Papandayan.

Air terjun cantik ini letaknya cukup jauh dari kota, sehingga menjadi destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin bersantai. Pepohonan rindang dan tebing-tebing tinggi menghiasi pemandangan di sekitar air terjun. Gemericik air dan udara yang sejuk menambah asri suasana.

Jadi Garut tidak hanya menawarkan brengsek, tapi juga destinasi wisata alam yang mempesona. Jika Anda pecinta alam dan sedang mencari destinasi liburan, Curug Orok bisa menjadi pilihan referensi Anda.

Daya tarik Curug Orok

Objek Wisata Curug OrokFoto: Google Maps/Wahyu Agustiansyah

✦ Tiga aliran air terjun

Pemandangan tiga air terjun akan menyapa pengunjung. Jet air adalah yang tertinggi dengan ketinggian sekitar 45 meter. Sedangkan dua air terjun lainnya muncul dari celah-celah dan tidak terlalu tinggi.

Mengalir dengan cepat, menciptakan genangan air dingin alami. Pengunjung dapat merasakan gemericik air yang dingin dan angin yang bertiup saat mendekati air terjun. Suara airnya begitu menenangkan dan bahkan bisa terdengar sebelum Anda mencapai tempat itu.

✦ Tebing yang menakjubkan

Pesona keindahan Curug Orok Garut semakin sempurna dengan tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya. Tebing bebatuan di sekitar air terjun diselimuti lumut dan pepohonan hijau. Ini menciptakan pemandangan yang indah dan menyejukkan mata bagi semua orang yang melihatnya.

Pengunjung hanya diperbolehkan menikmati pemandangan tebing demi alasan keamanan. Mendaki permukaan tebing yang licin berbahaya. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk tidak memanjat tebing, apalagi jika hanya untuk fotografi.

✦ Kolam alami

Kolam alami dengan kedalaman bervariasi terbentuk tepat di bawah air terjun. Airnya masih sangat jernih dan dingin khas air pegunungan. Pengunjung bisa bermain-main di kolam alami ini, namun tetap memperhatikan keamanan.

Selain kolam di air terjun, ada kolam lain di dekatnya. Pemanfaatan mata air alami yang bersumber dari celah-celah batu-batu besar di sekelilingnya. Meski kolamnya terlihat begitu sederhana, banyak pengunjung yang berenang menikmati sejuknya air pegunungan di kolam ini.

✦ Sungai kecil

Lebih indah lagi dengan adanya sungai kecil yang airnya mengalir dari cekungan Curug Orok. Arusnya tidak besar, sehingga aman bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Bebatuan di sungai juga tidak terlalu licin karena airnya masih bersih.

Anda mungkin bisa menemukan beberapa ikan kecil di sungai yang dangkal ini. Jika ingin bermain air namun tidak ingin terciprat air terjun, Anda bisa bermain di sungai.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Curug OrokFoto: Google Maps/Gustian Ajiputra

Kalau kamu belum pernah ke Curug Orok, lokasinya ada di kawasan Cikajang, lebih tepatnya di desa Cikandang, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 31 km dari pusat kota Garut atau sekitar 1 jam perjalanan bagi anda yang berangkat dari terminal Garut. Angkutan umum yang melewati jalur ini sangat jarang, sehingga lebih disarankan untuk bepergian dengan kendaraan pribadi.

Namun akses melalui jalan beraspal cukup baik. Pilih jalur menuju Cikandang atau ikuti rambu jalan yang ada. Setelah sampai di Cikandang, perjalanan dilanjutkan sekitar 700 meter melewati jalan tanah dan berbatu menuju air terjun.

Pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi harus waspada di beberapa titik jalan, terutama yang tidak diaspal. Ada juga beberapa ruas jalan yang cukup sempit untuk dilalui mobil, sehingga perlu berhati-hati.

Bagi Anda yang ingin berpetualang menggunakan angkutan umum bisa menuju ke terminal Garut terlebih dahulu. Naik angkutan umum atau angkot jurusan Cikajang. Sesampainya di pertigaan desa Cibuluh, turun dan lanjutkan dengan ojek.

Biaya masuk wisata alam

Tiket masuk pengunjung Curug Orok sekitar Rp 15.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Perlu diketahui bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Perusahaan buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB. Pengunjung air terjun biasanya lebih ramai pada akhir pekan atau saat musim liburan.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas di Air Terjun OrokFoto: Google Maps/Wiedyyang Essa

1. Mainkan air

Pengunjung bisa bermain air sepuasnya di sekitar Kolam Air Terjun Orok. Ini cukup dangkal di tepi kolam dan semakin dalam di tengah hingga setinggi dada. Selalu dampingi dan awasi anak saat bermain di sekitar air terjun.

Kondisi airnya masih sangat bersih dan menyegarkan. Untuk relaksasi, pengunjung bisa merendam kaki di kolam yang sejuk ini. Kaki yang lelah setelah berjalan kaki akan terobati dengan berendam di air kolam alami ini.

2. Berenang di kolam alami

Jika ragu berenang di bawah air terjun, Anda bisa mencoba kolam Cihuripan terdekat. Kolam ini cukup unik karena batu-batu besar di pinggirannya yang tersingkap. Jadi meski merupakan kolam buatan, namun suasana alam di kolam ini tetap bisa Anda rasakan.

Airnya sejuk dan dingin karena berasal dari mata air alami di sekitar kolam. Ada mata air yang muncul dari celah-celah besar di bebatuan dan kemudian ditampung di sebuah kolam. Pengunjung, terutama anak-anak, bisa berenang lebih aman di kolam ini.

3. Menikmati panorama alam

Diam-diam menikmati panorama indah Curug Orok bisa menghilangkan penat dan penat. Jauh dari hiruk pikuk kota, yang pasti akan membuat Anda tenang selama menginap.

Masih banyak tumbuhan di sekitar air terjun, menambah suasana asri untuk dinikmati. Anda cukup duduk di tempat yang kering atau disediakan dan menikmati pemandangan indah di sekitar Anda dalam suasana yang damai. Pastinya pikiran Anda bisa lebih segar dan rileks saat pulang nanti.

4. Piknik santai

Saat makan di luar ruangan, biasanya rasanya lebih nikmat. Apalagi saat berada di hutan belantara dan suasananya masih begitu asri. Jika Anda berlibur ke air terjun ini, jangan lewatkan bersantap bersama teman atau rombongan.

Terdapat gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai dan bersantap. Jadi setelah puas bermain dan menikmati air terjun, Anda bisa menikmati makanan yang Anda bawa. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan sampah setelah makan agar kebersihan dan kenyamanan tempat ini tidak terganggu.

5. Berburu foto

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi tempat indah seperti ini tanpa berfoto. Keindahan alam Curug Orok akan sayang jika tidak terekam kamera. Pemandangan sekitar juga bisa kamu gunakan sebagai background foto selfie yang keren.

Namun, perhatikan keamanan saat mengambil foto. Pilih lokasi foto yang baik dan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun untuk mendapatkan foto yang lebih baik adalah pada hari yang cerah.

6. Perkemahan hutan belantara

Udara di kawasan pegunungan ini dikenal cukup dingin. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan pengunjung yang ingin menikmati malam di sekitar Curug Orok. Berkemah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi anak kecil yang menyukai petualangan.

Ada tempat perkemahan di sekitar air terjun yang indah ini. Pengunjung bisa mencoba bermalam di luar ruangan dan menikmati keindahan alam dalam suasana yang berbeda. Namun, jangan lupa kenakan pakaian hangat agar tetap nyaman saat suhu turun.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Lampiran ke Air Terjun OrokFoto: Google Maps/Nandang Soenandar

Curug Orok dikelola dengan cukup baik, sehingga pengunjung merasa lebih nyaman. Beberapa fasilitas telah disediakan seperti tempat parkir mobil yang cukup luas dan dapat menampung bus. Tersedia juga mushola yang bersih dan nyaman bagi pengunjung yang ingin menunaikan salat.

Kamar mandi dan toilet yang nyaman juga dibangun untuk pengunjung. Setelah basah-basahan bermain air, Anda bisa berganti pakaian di kamar mandi yang telah disediakan. Di dekat air terjun, terdapat gazebo sederhana yang bisa digunakan pengunjung yang ingin duduk santai atau bersantai.

Anda juga akan menemukan warung makan di sekitar air terjun. Anda dapat membeli beberapa makanan dan minuman ringan. Tapi jangan khawatir, pihak pengelola juga memperbolehkan pengunjung untuk membawa makanan sendiri dari luar. Sebelum pulang, Anda bisa mampir ke stand souvenir untuk membeli oleh-oleh.

Curug Orok merupakan salah satu keindahan alam yang bisa Anda temukan di wilayah Garut yang terkenal dengan dodolnya. Panorama alam yang indah dan suasana yang masih asri menjadikan air terjun ini pilihan yang tepat untuk berwisata di akhir pekan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button