Tempat Wisata

Curug Panjang, Pesona Eksotis Indahnya Air Terjun di Bogor

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: JL.Curug Panjang, Cilember, Kec. Cisarua, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Piknik, jalan-jalan, rekreasi, apapun namanya, kunjungan ke air terjun jangan sampai terlewatkan. Seperti di Bogor, ada air terjun yang dikenal dengan nama Curug Panjang. Dalam bahasa setempat, Curug adalah nama lain dari air terjun. Panorama alam yang indah disertai udara yang sejuk menjadi alasan lain banyaknya pengunjung yang mengunjunginya.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa nama “panjang” digunakan, bukan “tinggi”. Seperti diketahui, disebut air terjun karena ada kondisi dimana air jatuh dari atas ke bawah membentuk bidang vertikal. Di sinilah letak keunikan salah satu air terjun di Bogor, karena tidak vertikal, melainkan cenderung membentuk lereng. Dari kejauhan terlihat seperti seluncuran di kolam renang. Namun kali ini tanahnya tidak mulus, melainkan bebatuan dengan kontur khas pegunungan.

Selain bentuknya, air terjun yang panjangnya sekitar 20 meter ini secara umum identik dengan air terjun lain dari segi atraksi lain di kawasan tersebut. Pepohonan rindang, bebatuan besar dan kecil dengan bentuk tidak rata dan juga terdapat kolam tempat penampungan air dari air terjun sebelum dialirkan ke sungai. Masih di lereng Gunung Paseban, lokasi air terjun membuat sulit dijangkau. Dalam artian dibutuhkan usaha ekstra untuk tiba di tempat dan menikmati keindahan alam yang disajikan.

Objek wisata Curug Panjang

Objek wisata Curug PanjangKredit foto: Google Maps KLMN

Perlu diketahui air terjun ini berada di ketinggian 1.389m dpl dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan dingin. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan cuaca dingin, lebih baik memakai jaket dan membawa pakaian ganti lebih dari satu kali. Terkadang, saat terpukau dengan keindahan yang dihadirkan, hawa dingin mungkin tidak terasa. Apalagi daya tarik Curug Panjang bisa membuat siapapun terpesona, meski Anda sudah sering mengunjungi air terjun di tempat lain.

1. Pemandangan alam yang indah

Di tengah jalan Anda akan menemukan pohon-pohon hutan khas yang menjulang tinggi. Ada juga semak atau rerumputan yang bergoyang tertiup angin. Tak lupa bebatuan khas pegunungan yang juga menyapa setiap kali melihatnya. Saat Anda mendekati tempat wisata, perkebunan dan sawah hijau menanti Anda. Jika beruntung, Anda bisa menikmati warna kuning beras siap panen dengan keindahan tersendiri.

Sesaat sebelum Anda tiba di lokasi, Anda dapat mendengar suara gemercik air di atas kolam. Meski tidak tinggi, hanya sekitar 4 meter, nyanyian air masih terdengar dari jauh. Karena pada titik ini terjadi gesekan antara air dan batu. Selain itu, arus air yang deras juga menciptakan lagu-lagu indah untuk didengar semua orang.

2. Keindahan Curug Panjang

Daya tarik utama tentunya adalah keindahan air terjun itu sendiri, tidak hanya dari bentuk air terjun yang berupa pematang sepanjang kurang lebih 20 meter, tetapi juga secara keseluruhan. Katakanlah pohon-pohon di sekitar tempat wisata tidak tinggi atau besar, tetapi rimbun, seolah enggan orang lain menikmati keindahannya. Tebing bebatuan di lokasi juga menambah keindahannya dengan membentuk lingkaran seolah melindungi air kolam agar tidak mengalir ke tempat lain.

Kolam ini berdiameter sekitar 20m dengan warna air super jernih. Siapapun yang melihat kejernihan air dengan warna hijau tosca pasti ingin menyentuhnya dan menikmati kesegarannya sambil berenang atau bermain air. Sungai Cirangrang merupakan penyumbang utama aliran air di air terjun ini yang masih terdapat di kawasan Puncak.

3. Deret Curug

Tidak hanya aliran Sungai Cirangrang yang melewati Curug Panjang, air terjun lainnya tidak terlalu jauh. Diantaranya adalah Curug Naga dan Curug Cibulao dengan pesonanya masing-masing. Lokasi Air Terjun Naga lebih dekat dari air terjun lainnya, namun masih bisa dicapai melalui jalan yang agak sulit dengan kondisi yang kurang baik.

Jadi Anda tidak hanya menikmati keindahan satu air terjun saja, melainkan beberapa air terjun dalam satu tempat. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Saat mengunjungi tempat tujuan utama saja, untuk sementara bisa berpindah ke tempat lain dengan keindahan dan pesona yang tidak jauh berbeda.

Alamat lokasi dan rute

Alamat curug panjangKredit foto: Google Maps Firman Shah

Jika ada pertanyaan, dimanakah alamat Curug Panjang? Jawabannya ada di Jl. Curug Panjang, Desa Citamiang, Kecamatan Megamending, Bogor, Jawa Barat. Mengetahui alamat sebelum mengunjungi situs tentu membawa manfaat tersendiri. Anda dapat menemukan lokasi yang tepat menggunakan Google Maps. Namun, hal ini tidak dapat sepenuhnya diandalkan jika seseorang tidak mengetahui rute menuju tujuan.

Untuk menuju lokasi, ada beberapa rute yang biasa ditempuh, tergantung dari arah mana Anda berasal. Patokan utamanya adalah Anda harus melewati Jl. Raya Bogor Puncak dan melalui pertigaan Megamending. Lanjutkan hingga bertemu dengan Unilever Learning Center, lalu belok kanan dan lewati Mega Training Center. Memasuki kawasan hutan pinus berarti lokasi air terjun sudah dekat. Sayangnya masih belum ada rambu-rambu di sana, sehingga Anda sering harus bertanya kepada warga sekitar.

Biaya masuk

Tiket masuk Air Terjun PanjangKredit foto: Instagram Merry Chen (陳虹旋)

Sesampainya di lokasi, keindahan alam air terjun tidak bisa langsung dinikmati, melainkan perlu membeli tiket masuk. Harga tiket masuk Curug Panjang dibagi menjadi dua kategori, yaitu 10.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 50.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Harga tiket tersebut belum termasuk parkir kendaraan yang dikenakan tarif 3.000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10.000 rupiah untuk mobil.

Tidak ada batasan jam operasional, jadi Anda bisa datang kapan saja 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Tetap saja, ada baiknya mengunjungi tempat wisata yang bisa dijadikan aktivitas seru di hari-hari aktif. Tak heran jika pengunjung yang datang pada hari itu hanya sedikit, sehingga bisa puas bermain air dan menikmati pesona yang dihadirkan.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas air terjun yang panjangKredit foto: Google Maps Ifunkk Asyidiq Permana

Tidak lengkap rasanya jika tidak beraktifitas saat mengunjungi tempat wisata, termasuk di air terjun. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Curug Panjang layaknya tempat wisata berupa air terjun di tempat lain. Perbedaannya adalah bahwa ada tantangan dalam melakukannya di sini. Belum punya ide untuk kegiatan yang menarik? Berikut rekomendasi yang bisa kami berikan!

1. Berenang di Curug Panjang

Siapa yang tidak tergoda dengan keindahan air yang disajikan di air terjun tersebut! Begitu sampai di tempat tersebut dan melihat kejernihan airnya, Anda pasti ingin berenang atau sekadar bermain air. Bagi yang belum bisa berenang atau sedang dalam tahap belajar, sebaiknya jangan ke kolam renang di dekat air terjun. Kedalaman yang ada di sana sekitar 7 meter.

Selain itu, arusnya juga cukup kencang dan dapat menenggelamkan siapa saja yang berada di dekatnya. Menggunakan jaket pelampung adalah cara cerdas untuk tetap aman. Jangan khawatir jika tidak membawa sendiri dari rumah, manajemen sudah menyiapkannya dan bisa disewa seharga 15.000 rupiah. Bagi yang tidak suka berenang atau takut berenang, bermain air di pinggir kolam juga cukup menarik.

2. Lompat tebing

Kolam yang digunakan sebagai tempat berenang dikelilingi oleh bebatuan tinggi yang bisa disebut tebing. Bagi anda yang ingin menguji nyali dan memacu adrenalin, silahkan terjun dari atas tebing menuju kolam. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan lompat tebing, namun tentunya tanpa menggunakan tali sebagai pengaman.

Namun, Anda harus berhati-hati saat melakukannya, baik saat memanjat tebing maupun melompat ke dalam kolam. Karena bebatuan yang dijadikan papan lari tentunya licin dan sewaktu-waktu bisa terpeleset. Saat melompat ke dalam kolam, berhati-hatilah agar tidak berada langsung di bawah bak mandi air panas karena Anda dapat terseret arus dan berakibat fatal.

3. Perkemahan

Aktivitas Lainnya Curug PanjangKredit foto: Google Maps Dede Komarudin

Tentu ada alasan lain kenapa Curug Panjang buka 24 jam sehari. Salah satunya adalah bumi perkemahan yang tidak jauh dari lokasi air terjun. Tidak perlu membawa perlengkapan camping sendiri, pihak pengelola menyediakannya bagi Anda yang ingin bermalam. Tentu tidak gratis, harus disiapkan biaya sebesar 420.000 rupiah.

Ukuran tendanya cukup besar dan bisa digunakan oleh sekitar 6 orang di dalamnya. Harga di atas tidak hanya untuk tenda, tetapi juga sudah dilengkapi dengan kantong tidur, matras, dan peralatan masak. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan alam di malam hari, diiringi alunan musik alam dari binatang nokturnal dan suara pepohonan yang tertiup angin, tanpa terasa dingin.

4. Melacak Perasaan

Bagi pecinta alam atau yang suka berpetualang, berwisata ke lokasi Curug Panjang bisa menjadi kegiatan yang menarik. Jauh dari cantik dan mulus, jalan ini menghiasi setiap langkahnya. Selain itu, tanjakan dan persimpangannya aman dan hanya perlu dikuasai dengan berjalan kaki. Namun, semuanya akan terbayar begitu sampai di tempat dengan panorama alam hutan berpadu dengan pegunungan membentuk air terjun.

Begitu juga saat Anda berpindah ke air terjun tetangga seperti Curug Naga dan Curug Cibulao. Perjalanannya cukup menegangkan sekaligus mengasyikkan. Bagaimana tidak, Anda harus menyusuri sungai untuk sampai ke dua air terjun yang indah tersebut. Bebatuan yang licin menjadi kendala utama yang akan membuat Anda terpeleset jika tidak hati-hati. Sebenarnya ada tracking lain dengan mengikuti jalur tersebut, namun tentunya kurang menarik dibandingkan dengan jalur yang pertama.

Fasilitas yang tersedia

Tanaman curug panjangSumber gambar: Google Maps Andika Andriana

Pemerintah dan warga setempat mengelola tempat wisata mistis ini dengan baik. Fasilitas di Curug Panjang cukup lengkap, baik di tempat parkir maupun di air terjun utama. Bagi yang berada di luar alun-alun utama, tempat parkir, musala, dan warung makan adalah fasilitas yang bisa Anda gunakan.

Di lokasi air terjun, Anda bisa menggunakan ruang ganti dan toilet yang terpisah untuk pria dan wanita. Fasilitas lain seperti berkemah dan persewaan pelampung yang layak juga bisa Anda temukan saat berada di lokasi air terjun. Secara keseluruhan fasilitas yang ditawarkan cukup mumpuni dan layak menjadi tujuan utama liburan yang memuaskan.

Berwisata menikmati keindahan alam memang bermanfaat untuk mengisi liburan setelah seharian bekerja. Namun yang perlu diperhatikan adalah keamanan, apalagi jika tempat yang dikunjungi berupa air terjun, seperti B.Curug Panjang. Selain itu, kondisi kesehatan juga harus diperhatikan sebelum dan selama perjalanan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button