Tempat Wisata

Curug Sawer Sukabumi – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Rp15.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Cab.Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Sawer merupakan destinasi liburan yang tepat untuk Anda. Wisata alam ini dikenal memiliki panorama yang indah. Tebing tinggi dengan air terjun jernih menjadi tawaran yang memanjakan mata. Pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri. Tak salah jika nama air terjun ini begitu terkenal di Sukabumi.

Air terjun yang terletak di Desa Gede Pangrango ini sudah lama dikenal wisatawan. Ragam keindahan alam yang masih asri menjadi daya tarik yang kuat untuk dikunjungi. Selain itu air terjun ini menghadirkan tantangan tersendiri dimana ada trekking yang harus dilalui. Perjalanannya memang cukup jauh sebelum sampai di tempat tujuan.

Perjuangan trekking menuju Curug Sawer memang akan sedikit melelahkan namun semua itu akan terbayar dengan keindahan alam yang disajikan. Rasa kesegaran alami sangat terasa dengan pemandangan alam yang asri ditemani pepohonan rindang. Tidak salah jika itu akan membuat Anda betah. Berbagai rasa penat akibat aktivitas kerja langsung sirna.

Atraksi Curug Sawer

Obyek wisata Curug SawerSumber gambar: Google Maps DHL.u

1. Pemandangan indah yang tak tertandingi. Air terjun setinggi 35 m, tebing tinggi, pepohonan

Pemandangan indah Curug Sawer menjadi pesona yang kuat. Air terjun ini dikenal sangat indah dengan setiap detailnya. Bahkan dari kejauhan terlihat memukau. Jika diperhatikan dengan seksama Anda bisa melihat dengan jelas detail dari tebing-tebing tinggi yang ditampilkan. Curug dengan ketinggian 35 meter ini begitu menarik untuk dikunjungi.

Tebing-tebing tinggi memang menghiasi pemandangan air terjun. Selain itu, terdapat bebatuan yang menambah nilai eksotis pemandangan alam. Tak salah jika banyak wisatawan yang memilih menghabiskan waktu di destinasi wisata populer ini. Menghabiskan waktu di tempat yang indah bersama teman atau keluarga pasti akan lebih seru.

2. Nuansa alam yang asri

Jika Anda datang ke Air Terjun Sawer, Anda harus berjalan kaki sebelum tiba. Ini memperhitungkan keberadaan air terjun di tengah hutan belantara. Jadi tidak salah jika merasakan kesegaran alam, betapa pun indahnya. Jadikan momen tak terlupakan dengan mengunjungi tempat wisata alam yang tenang.

Air terjun yang indah ini juga terjaga kebersihan tempatnya sehingga tempat tujuan juga terjaga dengan baik. Keindahannya pun semakin terlihat. Banyak pohon rindang di sekeliling memastikan perasaan segar. Semilir angin di tengah air terjun menambah kesegaran, membuat pengunjung betah.

3. Kesegaran dari air pegunungan asli

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, air terjun ini berada di tengah hutan. Anda harus berjalan kaki singkat untuk sampai ke sana. Meskipun demikian, air terjun yang mempesona ini memiliki keindahan yang tiada tara. Ditambah lagi airnya berasal dari pegunungan asli dan terasa begitu segar.

Pengunjung bisa merasakan jatuhnya air. Permainan air diperbolehkan di tepi air terjun. Namun, berenang langsung di tengah air yang jatuh tetap dilarang. Mengingat kondisi terjal dan licin yang berbahaya. Cukup merasakan kesegaran di tepi saja untuk merasa nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Curug SawerKredit foto: Google Maps Pay

Penting bagi Anda untuk mengetahui alamat dan cara menuju ke lokasi. Jika ingin mengunjungi Curug Sawer, pengunjung harus datang ke desa Gede Pangrango yang terletak di Kecamatan Kadudampit dengan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Wisatawan bisa datang dengan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi yang ada.

Jaraknya 15 kilometer dari pusat kota. Meski berada di hutan belantara, pengunjung tidak perlu khawatir tersesat karena petunjuk arah sudah rinci. Jika Anda datang dari arah Jakarta atau Bogor, Anda tinggal menuju Sukabumi dengan mengikuti rambu yang mengarah ke Situ Gunung.

Wisatawan dapat menggunakan Google Maps untuk mempermudah perjalanan, meskipun terdapat banyak rambu-rambu jalan. Setibanya di Kabupaten Sukabumi, langsung menuju ke Kadudampit. Lebih spesifiknya, Anda memasuki Desa Parakansalak sebelum memasuki kawasan Situ Gunung.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju tempat tujuan. Penggunaan ojek dapat dipilih secara opsional. Namun harus ke medan, mengingat air terjun tersebut berada di tengah hutan belantara. Namun, tidak perlu panik karena akses jalan sudah dipermudah.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Wisata Curug SawerSumber gambar: Google Maps Pieter Piculima

Tidak semua destinasi wisata yang bagus memiliki harga tiket yang mahal. Karena beberapa wisata alam menawarkan keindahan alam namun tidak mahal untuk diakses. Misalnya Curug Sawer yang hanya memungut biaya masuk sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Harga tersebut cukup bersahabat mengingat ada berbagai keindahan yang bisa diakses. Sementara itu, pengunjung dapat menikmati keindahan destinasi wisata yang masih terjaga dengan baik dari dekat. Di tengah nuansa tambahan tersebut, Anda akan semakin merasa nyaman dengan kesejukan yang terpancar dari berbagai pepohonan yang masih tumbuh rindang.

Namun perlu diketahui bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini terkait langsung dengan kebijakan pengelolaan daerah. Oleh karena itu ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu tentang harga tiket ke masing-masing pihak. Tujuannya jelas sehingga Anda dapat menganggarkan sebelum Anda berkunjung.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Sawer

kegiatan wisata Curug SawerKredit foto: Google Maps Grimo Camardi

1. Trekking yang menegangkan

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama berkunjung ke Curug Sawer. Keseruan sudah bisa Anda rasakan dalam perjalanan menuju lokasi. Trek akan terasa menantang mengingat medan yang akan dilalui merupakan hutan belantara. Medan terjal dan licin menjadi tantangan tersendiri yang memacu adrenalin.

Meski jalurnya cukup terjal, pengunjung tidak perlu khawatir. Kondisi jalan terus dipermudah demi kenyamanan pengunjung. Juga, udaranya sangat segar mengingat Anda berjalan melalui berbagai pohon di hutan. Jika beruntung, beberapa fauna cantik bahkan mungkin muncul atau terdengar di tengah perjalanan.

2. Nikmati keindahan alam

Merasa lelah saat melakukan perjalanan menjadi tantangan tersendiri. Curug Sawer terkenal sangat bagus, apalagi jika wisatawan berjiwa petualang. Meski begitu, begitu sampai di tempat tujuan, rasa lelah langsung hilang. Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik utama air terjun ini.

Berada di ketinggian dengan tebing yang tinggi membuat pemandangan semakin menakjubkan. Anda bisa bersantai di dekat air terjun atau sambil bersantai di gazebo yang ada. Momen liburan semakin seru saat Anda bercengkrama dengan teman atau keluarga di wisata alam yang mempesona ini. Musim liburan juga menjadi semakin berharga.

3. Mainkan air

Pemandangan alam yang indah saja membuat Anda antusias. Air jernih yang turun dari air terjun akan terasa menyegarkan. Tidak salah jika beberapa wisatawan bermain air saat berkunjung. Diperbolehkan bermain air di tepian yang landai agar pengunjung dapat merasakan kesegaran air terjun dari gunung aslinya dari dekat.

Tapi Anda hanya bisa bermain air di tepi. Masih tidak diperbolehkan untuk masuk ke tengah air yang jatuh dari air terjun. Mengingat kondisinya yang terjal dan licin dapat membahayakan wisatawan. Karena bermain air di tepian saja membuat rasa segar semakin nikmat.

4. Berburu foto

Tentunya saat berada di Curug Sawer yang indah, jangan lupa untuk mengabadikan fotonya. Selain itu, air terjun eksotis ini menawarkan keindahan alam yang tidak ada duanya. Pengunjung bisa berfoto di berbagai titik yang enak dipandang mata. Salah satu tempat yang ideal adalah berfoto di atas jembatan yang letaknya tidak jauh dari air terjun.

Dari berbagai sudut, keindahan wisata alam ini tak perlu diragukan lagi. Hasil jepretan akan sangat indah dengan latar belakang tebing tinggi dengan air terjun. Tak salah jika wisata alam yang menarik ini selalu menjadi pilihan pengunjung. Hasil foto yang cemerlang tentu akan membuat pengalaman liburan Anda di sini semakin tak terlupakan.

5. Berkemah atau glamping

Menikmati keindahan destinasi selama sehari mungkin terasa kurang. Oleh karena itu, kegiatan camping sering menjadi pilihan para wisatawan. Berbagai pilihan akomodasi ditawarkan. Di tengah hutan Anda merasakan keseruan yang lebih lagi. Pengalaman seru pun bermunculan dan membuat Anda betah.

Selain berkemah, pengunjung juga bisa melakukan glamping. Perbedaannya adalah Anda tidak perlu bersusah payah untuk mendirikan tenda. Karena semua fasilitas hidup telah tersedia dan siap digunakan. Tidak salah jika glamping menjadi kegiatan yang digemari wisatawan di Curug Sawer. Pengunjung hanya perlu menyewa tanpa perlu khawatir untuk mendirikan tenda.

6. Wisata Kuliner

Wisata kuliner bisa menjadi pilihan jika tidak membawa perbekalan atau kehabisan barang bawaan. Untungnya, ada warung makan yang tidak jauh dari tempat wisata. Biasanya memang aneka olahan masakan atau cemilan sederhana yang bisa mengenyangkan perut. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup ramah di kantong.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Sarana wisata Curug SawerSumber gambar: Google Maps Erick Wellem

Sebagai destinasi yang sedang naik daun, Curug Sawer memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Munculnya banyak tempat usaha pasti akan membuat semua orang semakin betah. Misalnya fasilitas umum yang banyak membantu, seperti tempat parkir yang luas, ruang ganti, toilet, dan mushola.

Fasilitas lain di tempat tujuan antara lain beberapa paviliun. Gazebo ini bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman setelah menempuh perjalanan jauh. Selain itu, tersedia juga banyak pilihan spot foto yang ideal. Pengunjung tidak akan bingung dalam memilih lokasi potensial mengingat semuanya mewakili keindahan.

Jika ingin mencoba menu olahan atau jajanan sederhana, Anda bisa mampir ke stand makanan terdekat. BTW lokasinya tidak jauh dari lokasi tujuan curug sawer jadi bisa jadi pilihan. Ada juga persewaan peralatan camping. Jadi jika ingin menginap, Anda bisa langsung menyewa tenda dan perlengkapan lainnya tanpa harus membawa-bawanya kemana-mana.

Jika ingin sesuatu yang lebih sederhana, Anda bisa melakukan kegiatan glamping yang hanya harus rela digunakan wisatawan. Anda tidak perlu mendirikan tenda. Menginap dengan glamping atau camping memang menjadi pilihan, mengingat keberadaan akomodasi diketahui memiliki jarak yang cukup jauh.

Itulah beberapa informasi mengenai atraksi, fasilitas dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Sawer. Air terjun ini terkenal dengan keindahan panoramanya yang masih alami. Kunjungan Anda bermanfaat untuk ini. Namun alangkah baiknya jika datang pada musim kemarau agar akses jalan lebih mudah dan tidak licin.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button