Tempat Wisata

Curug Sewu, air terjun mempesona dengan keanekaragaman hayati yang menakjubkan di Kendal

Curug Sewu di Kendal merupakan air terjun mempesona dengan beragam fauna yang menawarkan keindahan alam menakjubkan di tengah keanekaragaman hayati.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 09.00 – 15.00 WIB, Alamat: Kecamatan Patean, Kabin Kendal, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Terletak di jantung Desa Wisata Curug di Kecamatan Patean Kendal, Curug Sewu adalah permata tersembunyi bagi pecinta alam. Lokasi ini menawarkan pelarian sempurna bagi mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam.

Dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, air terjun ini tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, namun juga menyimpan segudang kejutan menarik lainnya yang memikat hati setiap pengunjungnya. Mari jelajahi apa yang membuat air terjun ini begitu istimewa!

Kunjungi Hotel Merah di Kendal

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Sewu

Daya tarik Air Terjun SewuFoto: Instagram/Pojok Kendal

1. Suasana alam yang indah

Hakikat kesaktian Curug Sewu terletak pada pesonanya yang asli dan menyejukkan. Di sini Anda terbebas dari belenggu polusi asap dan polusi udara. Saat Anda memasuki dunia eksotis air terjun ini, luangkan waktu khusus untuk menikmati ketenangan.

Dan saat Anda mencapai tepi jalan, Anda akan terpesona oleh pemandangan air terjun yang terkenal – pemandangan yang memohon jiwa untuk berhenti sejenak dan mengagumi keindahan alam yang tak tertandingi.

2. Air terjun yang memanjakan mata

Objek wisata alam ini berupa air terjun di balik perbukitan yang mempesona. Deru air terjun yang tingginya mencapai 45 meter itu terdengar dari jauh. Untuk melihat air terjun dari dekat, Anda bisa menuruni tangga yang telah disediakan.

3. Terdapat keanekaragaman fauna

Selain pesona alamnya yang mempesona, Curug Sewu juga menyimpan kekayaan fauna yang luar biasa. Di sini pengunjung tidak hanya bisa merasakan keindahan alam tetapi juga berkesempatan mengamati berbagai spesies hewan yang hidup di hutan.

Cek tiket Boja Kendal River Walk

Anda mungkin bertemu kancil, orangutan, rusa, gajah, dan bahkan buaya. Ada kalanya berbagai spesies hewan ini berkumpul dan menciptakan sebuah pemandangan yang membawa kita kembali ke alam liar, di mana hewan-hewan tersebut hidup bebas di habitat aslinya sementara manusia dapat menikmati keindahannya dari jauh.

Namun karena kurangnya pemeliharaan, sayangnya kawasan ini ditutup sehingga meninggalkan kenangan akan keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang pernah ada di sana.

4. Dekat lembah

Saat Anda menuju Curug Sewu Kendal, keindahan lembah ini akan memikat mata Anda dari jauh. Tersembunyi di bawah tempat yang Anda kunjungi, lembah ini mengundang Anda untuk menikmati pesonanya dari jauh dan membiarkan panorama alamnya berbicara lebih dari sekadar kata-kata.

5. Ada tiga jenis air terjun

Curug Sewu dianggap sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Saat Anda datang ke tempat ini Anda akan disambut oleh tiga tingkatan air terjun yang berbeda.

Air terjun tertinggi setinggi 45 meter, air terjun kedua setinggi 20 meter, dan air terjun ketiga setinggi 15 meter.

Tidak hanya keindahan air terjunnya saja yang bisa Anda nikmati, tempat wisata ini juga memiliki tangga yang bisa Anda gunakan untuk menuruni air terjun. Jadi Anda bisa menikmati gemericik air atau bahkan menyentuh air dari pinggirnya.

One Day Tour Semarang: Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Kota Lama, Cimory

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun SewuFoto: Google Maps/Indonesia Guyub

Tempat wisata alam berbentuk air terjun ini sangat mudah dijangkau dan bisa dinikmati dengan kendaraan pribadi. Mulai dari kendaraan bermotor hingga kendaraan roda empat.

Objek wisata ini terletak di Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Anda dapat memilih antara dua arah untuk rute menuju lokasi.

Jalur pertama jika keluar dari Kendal lewat arah barat lalu menempuh jalur Weleri-Sukorejo. Namun jika berangkat dari arah timur bisa melalui jalur Boja-Paten. Jalannya beraspal dan berkelok-kelok.

Jika kemudian memutuskan untuk bepergian dengan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan bus tujuan Sukorejo dengan rute Mijen-Boja.

Setelah naik bus, Anda bisa mencapai kawasan wisata dengan menggunakan kendaraan umum atau ojek yang jaraknya sekitar 7 kilometer.

Biaya masuk wisata alam

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Sewu, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000. Harga tersebut hanya berlaku pada hari kerja, sehingga ada kemungkinan harga tiket akan meningkat pada hari libur.

Lalu ada juga pilihan parkir. Jika menggunakan sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Namun dikenakan Rp untuk kendaraan roda empat. 3.000.

Kunjungan dapat dilakukan mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Jika Anda tertarik untuk berenang di air terjun ini, Anda perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun SewuFoto: Instagram/Herry Agam

Menikmati keindahan air terjun

Curug Sewu, permata tersembunyi di jantung alam, mengajak Anda merasakan keajaiban air terjun yang mempesona. Berdirilah di perbatasan yang memanjakan mata, di tempat dimana air terjun terlihat begitu jernih dan semarak seolah alam sedang memamerkan keindahannya.

Dikelilingi panorama alam yang mempesona, Anda akan serasa tersesat dalam harmoni alam, dengan gemerlap air terjun di tengahnya.

Dan jika ingin pemandangan lebih intim, turuni tangga yang mengarah langsung ke jantung air terjun, tempat kejernihan dan kekuatan alam berpadu sempurna.

Wahana di Air Terjun Sewu

Terdapat juga taman bermain untuk anak-anak di Air Terjun Sewu Kendal. Jadi jika Anda berkunjung bersama keluarga, Anda bisa memanfaatkan tempat ini untuk bermain.

Ada juga furnitur menarik untuk dimainkan. Patung yang paling menarik di sana adalah Vespa raksasa yang kerap muncul di media sosial.

Berburu foto di tempat wisata

Mencari foto terbaik adalah aktivitas ketiga yang bisa Anda lakukan di sini. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun dan panorama keindahan alam sekitar.

Beberapa tempat yang sering dijadikan foto adalah perbatasan dan tangga menuju air terjun. Anda bahkan bisa mengambil foto di dasar air terjun.

Lalu ada juga berbagai furniture yang menarik untuk difoto di Curug Sewu Kendal. Anda bisa berfoto di depan font bersama keluarga atau teman.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan furnitur unik yang berada di dekat taman bermain. Salah satunya adalah sepeda motor bongsor Vespa yang ikonik dan menarik untuk dijadikan latar berfoto.

Piknik bersama keluarga

Piknik keluarga adalah aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di sini. Anda bisa membawa perbekalan sendiri dari rumah untuk dinikmati di gazebo sambil menikmati keindahan alam.

Jika tidak membawa bekal, Anda tetap bisa makan bersama dengan membeli perbekalan di kantin.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Air Terjun SewuFoto: Twitter/Alvian Indonesia

Tempat wisata alam ini sangat cocok untuk keluarga karena terdapat taman bermain dan kolam renang anak. Sehingga anak-anak akan merasa lebih nyaman saat berwisata ke sana.

Kamu juga tidak perlu khawatir lapar karena di sini terdapat kantin yang menjual makanan ringan mulai dari mie hingga nasi.

Itulah daya tarik dan fasilitas Objek Wisata Alam Curug Sewu. Membaca tentang objek wisata alam ini akan membantu Anda memikirkan objek wisata mana yang ingin Anda kunjungi. Di antara objek wisata di atas, manakah yang membuat Anda ingin mengikuti wisata air terjun ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button