Tempat Wisata

Curug Sibedil, air terjun tersembunyi penuh mitos di kaki Gunung Slamet Pemalang

Curug Sibedil Pemalang merupakan air terjun tersembunyi di kaki Gunung Slamet yang mempesona pengunjung dengan keindahan alamnya yang mempesona serta cerita mitos yang mengelilinginya.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Mandiraja, Karangbulu, Sima, Kec. Semoga Kab.Pemalang Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Tak heran jika Anda baru pertama kali mendengar tentang Curug Sibedil. Air terjun yang terletak di kawasan Gunung Slamet ini memang menjadi salah satu permata tersembunyi di antara berbagai wisata alam di Jawa Tengah.

Bagi Anda yang berada di dekat Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, nama air terjun ini mungkin sudah tidak asing lagi. Air terjun ini sangat populer di kalangan penduduk setempat dan menjadi tujuan akhir pekan yang populer.

Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan air terjun saja, namun masih banyak hal menarik lainnya, termasuk mitos seputar asal usul nama air terjun ini.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Sibedil

Daya tarik air terjun SibedilFoto: Google Maps/ヒルマンヒルミ

1. Mitos suara tembakan

Nama Sibedil berasal dari kata “Bedil” yang berarti senjata dalam bahasa Jawa. Oleh karena itu, nama air terjun ini dapat diartikan sebagai air terjun senapan. Pasalnya di kawasan air terjun ini terdapat sebuah batu karang yang bentuknya menyerupai moncong senjata.

Selain itu, berkembang juga mitos di kalangan penduduk setempat tentang suara senjata yang sering terdengar pada malam-malam tertentu.

2. Air Terjun

Ketinggian air terjun Sibedil hanya sekitar 10 meter. Namun yang membuatnya unik adalah bentuk air terjunnya yang lebar dengan beberapa air terjun di dekatnya. Yang menarik dari air terjun bertingkat ini adalah bentuknya yang berurutan dari kecil hingga besar.

Bentuk air terjun yang sedikit melingkar juga memungkinkan suara bergema di sekitar kolam. Tak jarang suara gema ini cukup keras seperti suara senjata.

3. Kolam renang

Air di Air Terjun Sibedil-Cekungan Pemalang cukup jernih dan tidak terlalu dalam. Anda dan keluarga bisa bermain air sebentar. Apalagi jika pengunjung saat itu tidak banyak.

Aliran airnya tenang dan kedalamannya hanya sebatas pinggang orang dewasa, sehingga banyak anak-anak yang datang untuk berenang. Dan jika sekedar ingin menikmati keindahan air terjun, Anda bisa duduk-duduk di atas batu karang yang rindang dan rindang.

4. Jalur trekking yang indah

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah memperhatikan jalur pendakian dari pintu masuk hingga kawasan air terjun. Karena dekat dengan Gunung Slamet, Anda bisa mengamati berbagai tumbuhan dan satwa di habitat aslinya.

Ada juga jembatan yang mengarah ke air terjun dan dicat merah. Karena jembatan ini ditutupi dedaunan, jembatan ini tetap berada di bawah naungan meski cuaca panas.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun SibedilFoto: Google Maps/Eby Belantara

Kawasan wisata Curug Sibedil terletak di kaki Gunung Slamet Jawa Tengah. Anda bisa mengambil jalan menuju Jalan Moga-Guci. Poster akan dipasang untuk mengiklankan objek wisata ini. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengikuti petunjuk sebelum tiba di tempat parkir.

Setelah parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 200 meter menuju air terjun. Meski jalur pendakiannya sangat indah, namun Anda harus berhati-hati karena jalurnya bisa licin karena ditumbuhi lumut.

Harga tiket masuk air terjun ini bisa dibilang sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000,00 per orang untuk memasuki kawasan air terjun. Dan untuk sepeda motor, harga tiket parkir yang harus dibayar adalah Rp 2.000,00.

Air terjun ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Secara umum, hanya belasan pengunjung yang datang ke sini setiap harinya. Dan pada hari libur jumlah ini bisa meningkat beberapa kali lipat.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan di Air Terjun SibedilFoto: Google Maps/Agus Wijanarko

Berenang di kolam alami

Anda bisa berenang di kolam alami Curug Sibedil. Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan air di kolam ini karena kejernihan airnya memastikan tidak ada yang tersembunyi di bawahnya. Namun karena kedalamannya, kolam ini lebih cocok untuk anak-anak dan remaja.

Selain itu, tidak ada fasilitas ganti pakaian seperti yang lazim terjadi di kolam renang umum. Oleh karena itu, aktivitas yang mungkin dilakukan orang dewasa adalah duduk dan bersantai di tepi kolam renang.

Berfoto di Air Terjun Sibedil

Mulai dari gerbang masuk hingga air terjun bisa menjadi spot foto yang menarik. Anda tidak akan kehabisan ide foto selama berada di sini.

Selain Air Terjun Sibedil di Pemalang juga terdapat jembatan merah dan jalur pendakian yang patut diabadikan. Apalagi jika Anda sangat menyukai foto lanskap.

Namun via ferrata bisa menjadi sempit jika banyak wisatawan. Jadi Anda harus bisa mengatur waktu dan memastikan tidak mengganggu pengunjung lain saat mengambil foto.

piknik

Kalaupun tidak ada tempat perkemahan, Anda bisa piknik di kawasan wisata Curug Sibedil. Pihak administrasi menyediakan beberapa paviliun tempat Anda dapat beristirahat setelah berjalan kaki dari air terjun.

Jika bekal Anda habis, Anda bisa membeli perbekalan di beberapa warung yang buka di kawasan wisata alam ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Air Terjun SibedilFoto: Google Maps/Syahrul Arifin

Sebuah objek wisata alam yang masih asri, air terjun ini menawarkan tempat parkir yang cukup luas. Namun karena akses jalurnya kurang bagus, disarankan hanya menggunakan kendaraan roda dua saja.

Ada juga pendopo dan beberapa warung makan. Disarankan agar Anda membawa perbekalan dari rumah. Namun Anda juga bisa berbelanja di kawasan wisata.

Fasilitas umum lain yang juga tersedia antara lain toilet yang bersih dan jumlahnya cukup banyak. Anda dapat menggunakan toilet ini untuk

Bagi anda yang baru lewat Kabupaten Pemalang bisa meluangkan waktu untuk datang ke Curug Sibedil. Tempatnya yang mudah ditemukan dan biaya masuknya yang terjangkau membuat air terjun ini wajib dikunjungi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button