Tempat Wisata

Curug Sodong: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tempat wisata alam di Sukabumi tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali tempat wisata di Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi. Bicara soal Sukabumi, orang pasti langsung teringat dengan Pantai Pelabuhan Ratu dengan Nyi Roro Kidul yang mistis. Penggemar dunia mistis pasti tahu tentang Curug Sodong. Air terjun ini menyimpan rahasia tersendiri bagi orang-orang yang berwisata ke sini.

Curug Sodong merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Geopark Ciletuh. Dilihat dari kejauhan, puncak air terjun ini memiliki aliran sebelum turun ke tingkat pertama. Kemudian air terjun tersebut jatuh menjadi dua bagian ke dalam kolam yang terletak persis di bawahnya. Air terjun paling atas disebut Curug Cikanteh, air terjun kedua disebut Curug Ngelay dan air terjun paling bawah disebut Curug Sodong.

Fasilitas di Curug Sodong

Sebagai salah satu tempat wisata yang dapat diandalkan di Geopark Ciletuh, Curug Sodong sudah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas dan terjamin keamanannya, hingga toilet bersih yang terjaga. Selain itu, ada juga beberapa warung kecil yang menjual makanan dan jajanan ringan. Namun, bagi Anda yang ingin beribadah, di lokasi ini belum tersedia mushola.

Keindahan Air Terjun Sodong

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Daya tarik air terjun ini adalah pemandangan alamnya yang indah disertai dengan tumbuhnya pepohonan yang hijau dan rindang. Air terjunnya bersih dan jernih, sehingga bisa digunakan untuk mandi.

Meski bisa digunakan untuk mandi, pengunjung tetap harus berhati-hati karena air terjun ini sudah memakan korban jiwa. Dua remaja tenggelam saat berenang di kolam ini. Kontur medan di dasar kolam tidak landai dan derasnya air terjun membuat orang sulit untuk berenang kembali ke permukaan.

asal namadoronganItu karena di balik air terjun ini terdapat kolam yang menyerupai gua. Dalam bahasa sunda cekungan mirip goa disebutdorongan“.

Nama lain air terjun ini adalah Air Terjun Kembar dan Air Terjun Pengantin. Air terjun ini dinamakan demikian karena aliran airnya mirip dengan anak kembar dan terlihat seperti pasangan suami istri. Keunikan lain dari air terjun ini adalah hembusan airnya yang sangat kencang sehingga jika berdiri tepat di depan air terjun, pakaian Anda akan basah kuyup.

Air terjun ini merupakan air terjun yang paling banyak dikunjungi di kawasan Geporak Ciletuh. Tidak hanya saat weekend atau libur panjang, weekdays selalu ramai pengunjung. Hal ini tentunya tidak terlepas dari eksotisme dan mistis Curug Sodong yang juga dikenal dengan sebutan “Bridal Waterfall”.

Curug Sodong terkenal tidak hanya karena keindahannya tetapi juga mistisismenya. Namun, mitos yang berkembang di masyarakat air terjun ini sering digunakan untuk menguji ilmu Kanuragan yang dipelajari seseorang.

Mereka yang ingin menguji pengetahuan Kanuragan harus membedah bagian tubuh mereka menjadi beberapa bagian tubuh. Kemudian bagian tubuhnya hanyut dari atas air terjun. Menurut mitos, bagian-bagian tubuh tersebut bersatu kembali saat mencapai dasar air terjun. Ketika tubuh dipersatukan kembali, ilmu yang dipelajari menjadi sempurna dan berhasil dipelajari.

Berburu foto di Curug Sodong

Tempat terbaik dan menarik untuk berfoto ada di sekitar air terjun ini. Pemandangan pepohonan yang rindang dan derasnya aliran air terjun sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera. Tentu momen bermain air dan bersantai sambil menikmati pemandangan alam air terjun yang masih alami akan sayang jika tidak diabadikan sebagai kenangan.

Biaya masuk ke Air Terjun Sodong

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Air Terjun Sodong

Lokasi Akses ke Curug Sodong

Air Terjun Sodong terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini berada di kawasan Geopark Ciletuh dan dapat diakses dengan kendaraan roda maupun kendaraan roda empat. Sambungan jalan menuju Geopark Ciletuh sudah bagus. Namun, masih ada jalan berlubang dan rusak parah di beberapa tempat.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi air terjun ini cukup lama. Selain jaraknya yang cukup jauh dari kota besar, kondisi jalan dan rutenya pun masih kurang memadai. Air terjun ini berada di tengah desa yang jauh dari mana-mana. Ada beberapa cara untuk menuju ke lokasi air terjun ini. Dari sekian banyak pendekatan yang dapat dilalui, tiga pendekatan utama yang direkomendasikan. Rute pertama menggunakan rute Sukabumi – Palabuhanratu, Sukabumi – Lengkong – Kiaradua dan Sukabumi – Lengkong – Waluran.

Tips Berwisata di Curug Sodong

  • Selalu berhati-hati saat mandi di air terjun ini. Kondisi airnya cukup tinggi dan debitnya besar.
  • Bawalah makanan dan minuman karena perjalanannya cukup panjang.
  • Pastikan kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda sedang berada di kota Sukabumi Jawa Barat atau berlibur di Geopark Ciletuh, kunjungan yang tidak boleh dilewatkan. Air Terjun Sodong Itu. Jika Anda menikmati keindahan, eksotisme dan mistis air terjun ini serta pemandangan alamnya yang hijau, Anda akan merasakan lebih banyak segar. Tentu akan menjadi pengalaman berwisata yang tak terlupakan bersama keluarga, kerabat dan sahabat terdekat.

Galeri Foto Air Terjun Sodong

Air Terjun Sodong di Sukabumi
Taman Area Air Terjun
Potret busa dari air terjun
Menikmati keindahan air terjun
air terjun yang jernih
Potret yang bagus

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button