Tempat Wisata

Curug Tilu Ecopark, destinasi wisata alam yang mempesona di Bandung

Curug Tilu Ecopark di Ciwidey Bandung merupakan destinasi wisata alam yang sangat menyenangkan karena memiliki berbagai atraksi dan fasilitas yang memadai.

harga tiket: 15.000 Rp Jam operasional: 07.00-21.00 WIB, Alamat: J L. Raya Rancabali No.KM.01, Patengan, Kec. Rancabali, Cab.Bandung Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Bandung sebenarnya adalah salah satu kota dengan banyak tempat wisata populer. Sampai saat ini kota Bandung tidak pernah berhenti menunjukkan pesonanya. Di penghujung tahun 2021 akan muncul tempat wisata baru yaitu Curug Tilu Ecopark. Meski keberadaannya masih baru, wisata alam ini langsung viral di berbagai media.

Pemandangannya sangat indah karena terletak di kawasan pedesaan yang asri, tepatnya di kawasan kebun teh Rancabali. Wisata alam ini menawarkan pengalaman liburan yang unik bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Tentunya jika memiliki udara yang sejuk dan dingin, karena berada di ketinggian 1.600 mdpl.

Ada air terjun mempesona yang memiliki kata “curug” di namanya. Konsep salah satu wisata di Bandung adalah wisata kemah keluarga. Dengan demikian, ada banyak akomodasi tenda di bagian bawah bukit. Ada berbagai macam akomodasi karena sebagian besar turis datang untuk menginap atau berkemah.

Tiket masuk Kampung Batu Ecopark Bandung

Atraksi Curug Tilu Ecopark

Atraksi Ecopark Curug TiluFoto: Google Maps/Inke Vrianka

Alasan mengapa banyak turis datang ke sini adalah daya tariknya. Wisata alam ini langsung viral, meski statusnya masih baru, tentunya karena memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik. Di bawah ini adalah penjelasan beberapa daya tarik dari Curug Tilu Ecopark:

✦ Keindahan alam

Keindahan alam menjadi daya tarik wisata alam di kawasan perkebunan teh ini. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, wisata ini masuk akal jika Anda menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang segar. Hamparan perkebunan teh dan perbukitan yang mengelilingi wisata cantik ini membuat wisatawan betah berlama-lama.

Karena pesona alamnya yang menakjubkan, wisata alam ini cocok untuk relaksasi. Banyak pepohonan hijau di sekitar membuat suasana lebih bagus.

✦ Air terjun yang mempesona

Curug Tilu merupakan air terjun yang sangat mempesona yang terdiri dari tiga air terjun yang mengarah ke kolam yang sama. Pesona air terjun ini menjadi daya tarik wisata karena bisa dijadikan spot foto. Di depan air terjun terdapat jembatan ikonik yang sering digunakan wisatawan untuk berfoto atau sekedar selfie.

Pemandangannya semakin mempesona karena Curug Tilu memiliki background alam berupa pegunungan dan pegunungan teh. Airnya yang sangat dingin membuat suasana tetap sejuk. Meski ada air terjun, eco-park alami ini cocok untuk liburan keluarga. Hal ini dikarenakan akses jalan yang tidak terjal.

Cek hotel murah di Bandung

✦ Taman bermain

Curug Tilu Ecopark sangat ideal bagi wisatawan yang membawa anak-anak. Ada taman bermain dengan berbagai permainan anak. Dimana kendaraan tersebut dirancang untuk menguji ketangkasan anak dan medannya yang cukup luas. Untuk bermain di taman bermain, wisatawan dikenakan biaya masuk.

✦ Glamping

Glamping adalah akomodasi modern. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wisata alam di Rancabali sering digunakan untuk bermalam atau berkemah. Jenis akomodasi glamping yang ditawarkan sangat beragam dan lokasinya tepat berada di aliran sungai kecil.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Ecopark Curug TiluFoto: Google Maps/Hafid Haeruman

Alamat Ecopark Curug Tilu adalah Jalan Raya Rancabali Km 01, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Selama perjalanan menuju tempat wisata, wisatawan disuguhi pemandangan perkebunan teh. Kawasan ini juga menjadi tempat berbagai tempat wisata populer lainnya di Bandung, sehingga letaknya cukup strategis.

Akses jalan menuju Curug Tilu cukup mudah dan menyenangkan dengan pemandangan alam. Wisatawan yang datang dari luar kota bisa melalui pintu tol Soraja. Dari pintu tol menuju kawasan wisata membutuhkan waktu sekitar 1 jam atau menempuh jarak 32 km.

Jalan menuju tempat wisata dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat. Kendaraan besar seperti bus juga bisa mengakses tempat parkir ini. Jam operasional wisata alam ini mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.

Bandung Day Tour: Tangkuban Perahu, The Lodge Maribaya, Pasar Terapung dan lainnya

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk wisata alam yang indah ini sebenarnya sangat terjangkau. Dengan harga yang murah, wisatawan sudah bisa menikmati suasana sejuk dan keindahan alam Curug Tilu. Namun bagi wisatawan yang ingin menginap di glamping, jelas harganya lebih mahal.

Tiket masuk ke Curug Tilu adalah Rp 15.000 pada hari kerja dan Rp 20.000 pada akhir pekan. Selanjutnya ada biaya parkir yaitu Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk mobil. Pengunjung yang ingin bermalam di ecopark harus memesan glamping terlebih dahulu.

Harga properti glamping berkapasitas 2 orang adalah Rp 40.000 (weekdays) dan Rp 500.000 (weekend). Sedangkan harga akomodasi glamping berkapasitas 4 orang adalah Rp 700.000 (weekdays) dan Rp 850.000 (weekend). Sarapan sudah termasuk dalam harga akomodasi.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas seru di Tilu Curug EcoparkFoto: Google Maps/Wienii Syarifah

Curug Tilu Ecopark merupakan objek wisata bertema air terjun, namun telah diperluas dengan berbagai konten wisata kekinian. Wisatawan tidak akan bosan berlibur ke sini, karena ada beberapa jenis kegiatan yang menyenangkan, yaitu:

1. Berburu foto

Keindahan alam Ecopark Curug Tilu menjadikannya surga bagi para fotografer alam. Dengan latar belakang air terjun yang megah, hutan hijau, dan pemandangan memesona, tempat ini memiliki banyak pemandangan yang layak untuk diabadikan. Traveler bisa mengabadikan momen indah dan menciptakan kenangan tak terlupakan.

2. Menjelajahi area kebun teh

Wisata alam yang mempesona ini berlangsung di tengah-tengah perkebunan teh. Oleh karena itu, aktivitas di sepanjang kebun teh menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Menariknya, di sini telah dibuat jalur untuk wisatawan yang ingin menjelajahi perkebunan. Artinya, aktivitas di sepanjang kebun teh tidak terganggu meski hujan turun.

3. Berkemah di Curug Tilu Ecopark

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “menginap” di tempat wisata alam di Rancabali. Keindahan alamnya membuat wisatawan ingin menginap disini dan menikmati suasananya. Anda bisa berkemah di penginapan yang disediakan atau mendirikan tenda di tempat perkemahan.

Kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan yang paling menghibur bagi wisatawan. Pasalnya, suasana malam hari semakin menyenangkan untuk bersantai bersama rekan atau keluarga terdekat. Selain itu, kawasan ini juga sangat cocok untuk pasangan yang berbulan madu.

4. Bermain wahana

Karena ada taman bermain, wahana sangat menyenangkan bersama anak-anak. Berbagai wahana tersedia di taman bermain. Meski harus membayar tiket masuk, kegiatan ini tidak akan mengecewakan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Ecopark Curug TiluFoto: Google Maps/Maulana Yusup Abdullah

Pengelola pariwisata setempat telah menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan. Berikut beberapa fasilitas yang ditawarkan Curug Tilu:

  • ruang sholat
  • tempat peristirahatan umum
  • Jalur pendakian yang aman
  • Tempat parkir yang luas
  • Akomodasi
  • karaoke
  • restoran dan kafe

Curug Tilu Ecopark merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang paling populer dan cocok untuk liburan keluarga. Fasilitas wisata alam yang mempesona ini sangat memadai. Udaranya yang sejuk membuatnya ideal untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button