Berita Wisata

Curug Winong, air terjun tersembunyi di Wonosobo

Curug Winong merupakan air terjun atau curug tersembunyi di desa wisata Winongsari, sebuah tempat wisata alam yang menjanjikan keindahan aliran air yang masih alami.

Kabupaten Wonosobo memiliki banyak tempat wisata yang masih terjaga dan tersembunyi, Curug Winong misalnya, meski sudah ada sejak lama, namun pengelolaannya masih belum sempurna.

air terjun winongAir Terjun Winong. Peta Google. sumber: Arya

lihat juga: Gunung Sikunir

Hal inilah yang membuat Curug Winong kurang mendapat perhatian dari wisatawan pada umumnya, hanya mereka yang menyukai wisata alam yang menantang saja yang mengunjunginya.

Berikut ulasan Curug Winong Wonosobo sebagai referensi awal untuk menentukan tempat wisata air terjun mana yang akan dikunjungi akhir pekan ini.

Lokasi Curug Winong

Lokasi Air Terjun Winong berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Rute menuju Curug Winong jika Anda berangkat dari Alun-alun Wonosobo adalah menuju Jl. Merdeka, kemudian belok kanan menuju Jl. Pestle Belt. Belok kanan lagi hingga tiba di Jl.Kyai Muntang dan belok kiri di Jl.Ajibarang Secang.

Akses jalan menuju Curug Winong menjadi semakin kecil, sehingga sebaiknya hanya menggunakan sepeda motor saja. Selain itu, kurangnya petunjuk arah berarti Anda harus selalu bertanya kepada penduduk setempat.

surga tersembunyisurga tersembunyi. Peta Google. sumber: KK SYIFA

lihat juga: waduk wadaslintang

Estimasi waktu tempuh sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 16 km. Lebih benar jika rombongan datang, agar suasana lebih seru dan menyenangkan.

Jam buka Curug Winong

  • Jam buka Curug Winong Senin sampai Minggu
  • Beroperasi mulai pukul 07:00 hingga 20:00

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Winong adalah pada pagi hari, karena akses jalan serta kawasan Curug atau air terjun Winong tidak dilengkapi dengan penerangan yang memadai.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Winong

Tiket masuk ke Curug Winong sangat murah, Anda hanya perlu membayar Rp 2.000,- saja per orang.

air terus mengalirair terus mengalir. Peta Google. sumber: Anita Tristi

Lihat juga: Taman Rekreasi Kalianget

Memasang Air Terjun Winong

Fasilitas wisata di sekitar kawasan Curug atau air terjun Winong sangat kurang memadai, hanya terdapat tempat parkir sederhana, gazebo dan warung makan dan minum. Namun, warungnya tidak selalu buka, jadi bawalah bekal untuk makan atau minum.

Mendaki ke Curug Winong

Layaknya wisata air terjun tersembunyi pada umumnya, Anda harus terlebih dahulu melakukan perjalanan terbongkar atau melakukan trekking yang asik.

Pendakian dimulai setelah melakukan registrasi kendaraan yang digunakan, akses jalan masih sangat alami, jalur hanya berupa jalur pejalan kaki dengan di kiri kanan dihiasi tanaman.

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Winong adalah pada pagi hari agar matahari setia menerangi perjalanan Anda. Jika melihat aliran air sungai, berarti perjalanan menuju Curug Winong akan segera berakhir.

pergi ke langkah-langkah di atasmengakses langkah-langkah di atas. Peta Google. sumber: Hesa ​​Abda

baca juga : wisata alam di lubang sewu

Obyek wisata Curug Winong

Sulit menggambarkan keindahan air terjun yang tersembunyi, begitu banyak misteri dan keindahan yang saling melengkapi.

Curug Winong memiliki ketinggian sekitar 50 meter atau bahkan mungkin sampai 100 meter mengingat keadaan air terjunnya yang berundak-undak dengan tebing bebatuan besar yang sangat menakjubkan. Selain itu, aliran airnya sangat deras, bahkan di musim kemarau.

Di sebelah kiri air terjun terdapat akses jalan yang akan membawa anda menuju puncak undakan, bentuknya sangat unik dengan akar yang menjuntai seperti tirai.

Perlu kehati-hatian saat melewati akses jalan tersebut, karena jalurnya berupa bebatuan yang akan licin jika kondisinya basah.

Curug Winong memang sangat menakjubkan, air terjun ini mengalir dengan teratur menyusuri bebatuan kemudian mengalir langsung ke sungai yang airnya banyak digunakan untuk mengairi sawah penduduk setempat.

dikelilingi oleh alam yang indahdikelilingi oleh alam yang indah. Peta Google. sumber: Sarah JYP

baca juga: kebun teh tambi

Penutupan

Alam akan selalu indah, apalagi jika kita merawatnya dengan baik. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button