Tempat Wisata

Curup Gangsa Way Kanan – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Wegstadt, Kec. Kasui, Cab.Way Kanan, Lampung.

Beberapa orang yang membaca nama Curup Gangsa di Way Kanan akan mengira tempat wisata cantik ini ada di luar negeri. Namun pada kenyataannya terletak wisata Curup yang di Sumatera artinya air terjun ini berada di provinsi Lampung.

Keindahan Air Terjun Lampung ini memang sangat menakjubkan, apalagi dengan aliran Sungai Way Tangkas yang jernih dan segar membuat rata-rata wisatawan langsung tercebur saat tiba di tempat wisata alam ini. Tak hanya itu, pemandangan air terjun yang dikelilingi bebatuan akan semakin mempercantik tampilannya.

Bahkan alam di sekitar air terjun sangat lebat dengan pepohonan membuat udara sejuk dan nyaman. Tak heran jika tempat wisata populer di Lampung ini hadir sangat direkomendasikan sebagai tempat refreshing bagi Anda yang memiliki kesibukan atau penat dari hiruk pikuk kehidupan kota besar.

Daya tarik Gangsa Curp

Obyek wisata Curup GangsaKredit foto: Google Maps Fajar Hengki Wijaya

1. Pemandangan

Pemandangan menjadi daya tarik tersendiri karena air terjun yang tingginya sekitar 50 meter ini sangat indah. Keindahan ini bisa dilihat dari beberapa bagian air yang jatuh dari ketinggian yang sangat tinggi, kemudian di dasar air terjun di beberapa sisi sungai juga terdapat bebatuan yang bisa digunakan untuk duduk atau berfoto.

Tak hanya pemandangan dari Air Terjun Curup Gangsa yang menakjubkan, namun juga lingkungan alamnya yang sangat mendukung. Mulai dari banyaknya pohon yang memberikan kesan alam, hingga banyaknya burung yang hinggap di dahan pohon dan berkicau merdu.

2. Tempat yang cocok untuk bersantai

Dari penjelasan sebelumnya, kita bisa melihat bahwa kawasan di sekitar air terjun yang indah ini memiliki banyak pepohonan yang rindang. Hal ini membuat udara sekitar sangat menyenangkan, belum lagi kicauan burung yang membuat wisatawan nyaman.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berada di Provinsi Lampung atau sekitarnya, mengunjungi wisata Curug ini akan menenangkan pikiran Anda. Destinasi wisata populer ini bisa dikunjungi oleh segala usia, jadi jangan khawatir jika Anda memiliki anak kecil.

3. Aliran sungai Way Tangkas yang jernih dan segar

Karena berada di tengah hutan lindung, tak heran jika air Sungai Way Tangkas juga sangat jernih dan segar. Hal inilah yang menarik banyak wisatawan untuk bermain di kolam air terjun Curup Gangsa yang cantik ini.

Meski terdapat bebatuan yang cukup besar di beberapa bagian kolam dan sungai, wisatawan tetap bisa bermain air. Pasalnya, pihak pengelola telah membuat kolam atau taman bermain air di sebagian aliran Sungai Way Tangkas agar wisatawan tetap bisa menikmati liburannya.

4. Apakah Anda memiliki spot foto yang menarik

Kalau liburan ke tempat wisata alam pasti mencari spot foto yang bagus untuk berpose di depan kamera, begitu juga dengan Curup Gangsa yang memiliki banyak spot foto dengan tema alam yang indah. Tempat-tempat tersebut seperti air terjun, tebing, hutan hingga aliran air sungai.

Tak hanya itu, ada juga beberapa kesempatan foto buatan di kawasan wisata alam ini, mulai dari rumah kayu hingga tangga yang cukup sering berada di dekat area parkir kendaraan. Tidak banyak tempat foto buatan manusia, karena tempat wisata populer ini mengutamakan keindahan alam.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Tiket masuk Curup Gangsa TourKredit Foto: Google Maps Cacah Firmansyah

Alamat Curup Gangsa adalah di Kabupaten Way Kanan, Kasui, Kota Way, Lampung. Rute perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju tempat wisata air terjun ini diperkirakan sekitar 202 km dengan waktu tempuh 4 jam 41 menit dengan mobil melalui Tol Kayu Agung.

Perjalanan Anda bisa dimulai dari Museum Lampung di Jl. ZA. Menuju bundaran Pagar Alam, lalu ambil jalan keluar pertama ke Jl. lintas Sumatera. Lurus saja dari jalan ini hingga melewati RS Natar Medika, lalu belok kanan hingga sampai di Tol Natar.

Dari pintu tol ambil jalur Bakauheni arah Terbanggi Besar dan jangan keluar tol sampai ketemu exit 140 di pintu tol Terbanggi Besar. Kemudian belok kanan menuju Jl. Lintas Sumatera menuju Tugu Payan Mas kemudian belok kiri hingga menginap di Jl. melintasi Sumatera.

Ikuti Jl Lintas Sumatera hingga masuk Pasar Baradatu, lalu belok kiri di pertigaan menuju Jl. Jelajahi jalan dan belok kanan di depan Masjid AT-TAQWA. Tetaplah di jalan ini hingga menemukan SDN 1 Bukit Batu dan tidak jauh dari situ Anda akan sampai di situs Curup Gangsa.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi air terjun ini, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sementara itu, wisatawan yang membawa kendaraan diwajibkan membayar biaya parkir yang berkisar antara Rp2.000 hingga Rp15.000 tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curup Gangsa

kegiatan wisata Curup GangsaSumber Gambar: Google Maps Rendy Saputra

1. Mainkan air

Kegiatan menarik pertama yang bisa Anda lakukan saat memasuki Curup Gangsa Way Kanan adalah bermain air Sungai Way Tangkas dan air terjunnya. Ada sebuah kolam di titik jatuhnya air terjun. Tempat ini adalah tempat terbaik untuk bermain air.

Tak jauh dari kolam tempat jatuhnya air terjun ini, Anda bisa menemukan beberapa kolam di antara bebatuan. Anda juga bisa bermain tangkas di air Sungai Way, baik kolam maupun sungai memiliki air yang jernih dan segar.

2. Ambil foto

Salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan wisatawan saat tiba di tempat wisata alam Lampung yang indah ini adalah mengambil foto sebanyak-banyaknya. Berfoto saat liburan sudah menjadi kewajiban, hal itu bertujuan untuk menciptakan kenangan bersama orang-orang terdekat.

Sesampainya di wisata alam ini, Anda bisa mengeluarkan kamera dan berpose sepuasnya. Karena pemandangan indah dari air terjun, sungai hingga hutan akan sia-sia jika tidak menyempatkan diri untuk berfoto. Oleh karena itu, pastikan kamera yang Anda bawa memiliki ruang kosong yang cukup untuk menyimpan foto.

3. Santai

Hutan yang rimbun dan udara sejuk di Curup Gangsa Way Kanan menjadikan tempat wisata ini tempat yang ideal untuk bersantai dan memulihkan diri. Bagi anda yang sedang banyak pikiran atau sedang banyak masalah, berkunjung ke tempat wisata lampung ini akan membuat anda merasa lebih baik.

Karena banyak pohon hijau memastikan penglihatan lebih rileks dan udara segar untuk saluran pernapasan lebih teratur. Tak hanya itu, suara angin dan kicauan burung yang hinggap di dahan pohon akan membuat pendengaran Anda semakin nikmat.

4. Berkemah

Kegiatan menarik terakhir yang bisa Anda lakukan di wisata alam sukses ini adalah berkemah atau tidur di alam. Bagi Anda yang memiliki hobi berkemah, bermalam di air terjun cantik ini bisa menjadi pengalaman tersendiri. Pasalnya saat tidur di malam hari ada suara air terjun yang jatuh yang akan menemani hingga pagi hari.

Namun, sebelum melakukan kegiatan berkemah di Curup Gangsa, sebaiknya meminta izin kepada petugas dan memberitahu masyarakat setempat. Tujuannya agar pejabat dan warga sekitar dapat membantu jika menemui kendala atau masalah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

fasilitas wisata Curup GangsaKredit foto: Google Maps Bang Ijal P7

1. Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang akan Anda temukan ketika memasuki tempat wisata alam yang indah ini adalah tempat parkir. Dengan demikian, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir dan masuk ke lokasi air terjun untuk menikmati liburan.

2. Pergi dari tempat parkir ke area air terjun

Dari tempat parkir wisatawan melewati jalan semen untuk menuju lokasi air terjun Curup Gangsa Way Kanan. Jalan yang sudah diaspal juga cukup banyak anak tangganya, sehingga wisatawan harus sedikit berusaha untuk mengatasinya.

3. Paviliun

Sesampainya di lokasi air terjun, wisatawan juga akan menjumpai beberapa paviliun atau tempat duduk. Gazebo bisa digunakan untuk duduk santai hingga menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

Demikian ulasan singkat mengenai Curup Gangsa Way Kanan yang terletak di Provinsi Lampung. Tempat wisata alam ini menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda karena wisatawan yang mengunjunginya menemukan air terjun, sungai, bebatuan yang indah dan hutan yang masih sangat alami.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button