Tempat Wisata

Curup Pinang Indah, air terjun yang indah dengan bebatuan eksotis di jalur kanan

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Gunung Sari, Kec. Rebang Tangkas, Cab Way Kanan, Lampung; map: cek situs

Liburan ke tempat wisata yang sudah populer sudah biasa, namun piknik di tempat wisata baru masih jarang dilakukan oleh wisatawan. Seperti halnya Curup Pinang Indah, destinasi wisata dengan konsep air terjun ini tergolong baru, sangat asri dan memiliki suasana pedesaan yang sangat kental. Sehingga panorama alamnya begitu indah dan mempesona.

Awalnya kawasan wisata ini hanya dikunjungi oleh warga sekitar karena kurang mendapat perhatian dari orang-orang terdekatnya. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, kawasan wisata air terjun yang indah dan eksotis ini mulai dikenal banyak orang, bahkan wisatawan lokal pun berbondong-bondong datang ke sana. Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa puas dan mendapat pengalaman baru.

Daya tarik Curup Pinang Indah

Daya Tarik Curup Pinang IndahKredit foto: Google Maps Reg 13

Meski Curup Pinang Indah tergolong baru, namun daya pikat yang ditawarkannya berani bersaing dengan destinasi liburan populer. Karena tempat wisata air terjun ini dikelilingi oleh perkebunan, suasana hijau, asri, sejuk dan segar selalu melingkupi kawasan ini.

1. Batu besar di bawah air terjun

Daya tarik utamanya adalah adanya bebatuan besar di bawah air terjun. Penataan benda-benda keras yang alami memberikan kesan eksotis dan artistik, membuat tempat wisata curup ini terlihat asri. Selain itu, lokasi Curup Pinang Indah yang cukup luas memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Bagi pengunjung yang ingin mengkoleksi keindahan alam khususnya air terjun, zona liburan ini sangat cocok untuk berfoto dan video. Namun, jika wisatawan hanya ingin mencari ketenangan dan ketentraman hati, air terjun ini juga sangat cocok dijadikan tempat. Apalagi yang ingin terinspirasi bisa memunculkan ide-ide baru dalam suasana hening.

2. Memiliki tinggi 15 meter

Selain terdapat bebatuan besar di bawah air terjun, Curup Pinang Indah juga memiliki ketinggian 15 meter. Perpaduan menarik yang jarang ditemui di tempat wisata air terjun lainnya, ketinggian air terjun memberikan kesan indah yang dilatarbelakangi bebatuan besar yang artistik. Dua konsep yang diciptakan secara alami memberikan latar belakang alam yang eksotis.

Selain itu, hal lain yang membuat takjub dan takjub wisatawan adalah banyaknya aliran air yang bersih dan jernih di kawasan Curup. Sehingga setiap mata yang memandang tak pernah bosan dan lelah. Tidak hanya itu, sejuknya udara di sekitar tempat dan suara gemericik air dapat membawa kesegaran dan ketenangan jiwa.

3. Dikelilingi perkebunan perumahan

Keindahan Air Terjun Curup Pinang Indah tidak hanya berhenti di ketinggian 15 meter dan bebatuan besar di bawah air terjun, tetapi destinasi ini juga dikelilingi oleh perkebunan lokal. Berbagai elemen seperti air yang mengalir jernih, udara yang sejuk dan segar, serta tanah subur yang dibentuk oleh perkebunan di sekitar air terjun membuat tempat ini begitu sempurna.

Hal tersebut membuat destinasi wisata alam air terjun ini sangat layak untuk dilihat, karena kebutuhan pokok wisatawan tersedia lengkap disini. Mulai dari kebutuhan akan air yang bersih dan jernih, udara yang kaya oksigen serta pemandangan alam yang hijau dan asri. Semua atraksi yang tersedia dibutuhkan jiwa dan raga wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curup Pinang IndahKredit foto: Facebook Curup Pinang Indah Baru

Destinasi Wisata Alam Curup Pinang Indah terletak di Kawasan Gunung Sari, Kecamatan Rebang Tangkas, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Jika wisatawan ingin mengunjungi Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Way Kanan dan memulai perjalanan maka jarak yang harus ditempuh sekitar 44,6 km. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi adalah 1 jam 44 menit.

Akses jalan menuju kawasan tersebut belum terlayani kendaraan umum sehingga menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Meski kawasan wisata ini tidak dapat diakses melalui aplikasi Google Maps, namun wisatawan tidak perlu khawatir. Karena adanya zona piknik yang masih berada di dekat desa, warga setempat membantu menunjukkan kawasan wisata tersebut.

Tiket Masuk Curup Pinang Indah

Tiket curup pinang cantikKredit foto: Facebook Curup Pinang Indah Baru

Perjalanan panjang dan melelahkan menuju Curup Pinang Indah akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan eksotik. Apalagi harga tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 5000 per orang dari hari Senin sampai Jumat. Namun pada akhir pekan atau Sabtu, Minggu dan hari libur menjadi Rp 7.500 saja.

Harga ini dapat berubah suatu hari tergantung pada pedoman yang dikeluarkan oleh pengelola. Rasa penat dan penat saat berkendara tiba-tiba hilang saat membayar tiket masuk murah dan merasakan keindahan alam air terjun yang nyaris sempurna ini. Semua pengunjung merasakan hal ini saat berlibur di destinasi wisata alam air terjun.

Aktivitas menarik di Curup Pinang Indah

Kegiatan Curup Pinang IndahSumber Gambar: Google Maps Khayr Anam

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di Curup Pinang Indah karena area piknik yang menyenangkan ini menawarkan kepuasan tersendiri bagi wisatawan. Bahkan hanya duduk dan bersantai di alam dapat memberikan ketenangan. Namun ada beberapa kegiatan menarik lainnya yang lebih seru, yaitu:

1. Bermain air dan berenang

Kegiatan utama dan terpopuler yang sering dilakukan wisatawan adalah permainan air dan berenang. Air terjun yang bersih, jernih, dan alami yang mengalir langsung dari pegunungan membuat pengunjung secara refleks melakukan aktivitas menarik dengan bermain air. Bahkan bagi para pemudik yang sudah bersiap-siap membawa baju ganti pun tak segan-segan untuk mandi dan berenang.

Perjalanan yang cukup panjang dan lumayan jauh itu terbayar dengan tiket murah dan lega sembari mengobrol dan menikmati kesegaran air yang mengalir dan sejuknya udara di lokasi. Tidak ada yang bisa menggantikan kesenangan bermain air, mandi dan berenang.

2. Perburuan Foto Instagramable

Setiap orang yang berada di Curup Pinang Indah, baik anak kecil, milenial maupun dewasa, pasti spontan ikut hunting foto yang instagramable. Karena destinasi wisata alam air terjun yang indah ini menggoda jemari dan jiwa fotografi para pengunjung, sehingga tanpa diperintah mereka mengeluarkan kamera atau handphone.

Pemandangan alam perkebunan rakyat yang hijau dan asri, air yang jernih, aliran air yang deras hingga ke dasar bebatuan menjadi korban dokumentasi foto dan video wisata. Karena berbagai keindahan alam itu sangat berharga dan harus direkam dan disosialisasikan di media sosial. Banyak pengunjung juga yang berswafoto dengan perkebunan, air terjun dan latar belakang indah dan eksotis lainnya.

3. Bersantai dan melihat panorama alam

Aktivitas menarik lainnya di Curup Pinang Indah adalah renungan santai panorama alam. Ya, sekedar duduk santai di area tersebut bisa memberikan kepuasan tersendiri. Karena kegiatan ini disertai dengan pemandangan alam yang indah, angin yang bertiup, udara yang sejuk kaya akan oksigen, dan suara air yang mengalir memberikan ketenangan pikiran.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Curup Pinang IndahSumber gambar: Google Maps Eri Kristanti

Meski tempat wisata Curup Pinang Indah belum mendapat perhatian serius, namun fasilitas di tempat ini cukup memadai. Fasilitas pendukungnya adalah tempat parkir yang luas untuk sepeda motor dan mobil wisata. Selain itu, terdapat musala untuk beribadah dan toilet umum.

Ada banyak destinasi wisata alam di Indonesia yang memiliki potensi tinggi dan masih tersembunyi, termasuk Curup Pinang Indah. Meski tidak begitu populer di telinga dan mata masyarakat luas, namun pemandangan alam yang indah dan artistik di kawasan ini akan memikat hati semua orang. Jadi, kawasan wisata berkonsep air terjun ini layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button