Berita Wisata

Daftar tempat wisata religi di batam, ada masjid terbesar di sumatera

SUDUTBATAM.COM- Berikut daftar masjid di Kota Batam yang bisa dijadikan wisata religi bagi wisatawan.

Batam merupakan kota yang strategis untuk menjadi kota penghubung antara Malaysia dan Singapura.

Ada banyak wisata yang bisa dikunjungi di Batam, bagi sebagian orang khususnya umat muslim yang mungkin menemukan masjid saat adzan atau adzan berkumandang dan bisa juga menjadi tempat wisata karena megahnya bangunan masjid tersebut, pemandangan alam yang indah, dan tempat yang sejuk dan nyaman.

Berikut daftar masjid yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata di Batam:

1. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah II merupakan masjid terbesar di Sumatera, seluas 57.144 meter persegi dengan luas bangunan 41.422 meter persegi.

Baca juga: Jadwal Seluruh Rute Laut Pelni Bulan Desember 2022, Dengan Kondisi dan Harga Tiket Kelas Ekonomi

Cukup jauh dari bandara Hang Nadim Batam, sekitar 45-60 menit dari bandara untuk menikmati masjid yang berada di sudut kota Batam yaitu Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Batam.

Tentunya hal ini berdampak positif, karena tidak hanya kawasan kota yang dikunjungi wisatawan, namun juga kehidupan di pelosok kota Batam dengan mengunjungi Masjid Agung II.

Yang membuat masjid ini berbeda dan menjadi rekomendasi wisata religi selain lokasinya yang outdoor, masjid ini memiliki arsitektur bangunan yang memadukan desain Arab, Turki, dan Melayu yang dilengkapi dengan enam menara.

Menara utama merupakan menara observasi setinggi 99 meter. Menara ini terbuka untuk umum yang ingin melihat kota Batam dan negara tetangga seperti Singapura.

Untuk naik ke atas, pengunjung bisa menggunakan lift yang sudah tersedia.

Selain itu, ada delapan payung membran yang mirip dengan Masjid Nabawi, agar jamaah yang sholat di luar tidak kepanasan, tapi inilah icon masjid agung ini, dan di situlah tempat terbaiknya.

Nama masjid agung ini merupakan nama seorang pahlawan Kepulauan Riau yaitu Sultan Mahmud Riayat Syah.

2. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid dengan gaya arsitektur khas bangunan Tionghoa ini juga menarik perhatian untuk dijadikan tempat wisata religi.

Masjid ini terletak di Golden City, Kawasan Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau.

Di kawasan Bengkong Laut sendiri, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya masjid yang sekilas mirip pagoda ini.

Masjid ini memiliki luas bangunan 20 x 30 meter dengan desain dan interior khas negeri tirai bambu yang didominasi warna merah seperti dinding masjid.

Dibangun pada tahun 2015, masjid ini memiliki atap segi 8 yang menyerupai pagoda, di atasnya terdapat tulisan Allah dalam tulisan Arab.

Sama seperti Masjid Agung II, masjid ini juga diberi nama Cheng hoo untuk mengenang Laksamana Cheng Hoo atau Haji Mahmud Syams yang merupakan seorang pelaut dan penjelajah dari Tiongkok yang melakukan ekspedisi di Nusantara.

Selama di Indonesia, Cheng Hoo menyebarkan ajaran Islam melalui dakwahnya.

Masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal tetapi juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara seperti India, Malaysia dan China.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button