Tempat Wisata

Dago Pakar Bandung: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Dago Pakar Bandung: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kota Bandung Jawa Barat terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan udara pegunungan yang sejuk. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun banyak yang berbondong-bondong datang ke Bandung untuk berwisata di kota kembang ini. Salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi adalah Dago Pakar Bandung.

Objek wisata berupa hutan ini menawarkan suasana alam yang sangat indah di tengah hutan pinus yang rindang dan lebat. Kawasan hutan ini tidak hanya ditumbuhi hutan pinus saja, namun juga ditumbuhi berbagai pohon besar. Sehingga udaranya sangat sejuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Dago Pakar adalah hutan yang dinyatakan sebagai taman hutan besar pertama di Indonesia oleh Presiden Suharto.

Fasilitas di Dago Pakar Bandung

Beberapa fasilitas telah disediakan oleh pihak manajemen untuk menjaga kenyamanan pengunjung selama berada di kawasan Dago Pakar. Diantaranya adalah wahana bermain seperti ayunan, perosotan, dan rumah pohon. Selain itu juga terdapat panggung terbuka, kursi taman, musala, pusat informasi dan area keluar Bagaimana rubah terbang dan jembatan gantung. Tempat parkir yang memadai dan toilet yang memadai juga sama pentingnya. Di sini pengunjung juga disediakan gubuk-gubuk untuk relaksasi dan istirahat.

Keindahan Dago Pakar Bandung

Dago Pakar mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan wisata hutan lainnya. Kawasan hutan ini masih asri dan rimbun dengan pepohonan yang rindang dan tinggi. Hal ini menimbulkan suasana yang sangat sejuk dan menyenangkan ketika melintasi kawasan hutan lindung ini.

Berbagai tanaman organik yang tumbuh di kawasan hutan ini mampu menanamkan rasa tenang dan aman. Udara sejuk dan bersih khas alam pegunungan tentu menjadikan hutan ini sebagai destinasi populer untuk bersantai.

Track atau lintasan di kawasan Dago Pakar ini memiliki panjang 5–7 kilometer dan biasa digunakan pengunjung untuk jogging. Selain jogging, Anda juga bisa menjelajahi kawasan hutan dengan berjalan kaki sambil menghirup udara yang sangat segar dan bersih.

Sepanjang perjalanan di kawasan hutan ini Anda akan menemukan berbagai peninggalan sejarah seperti Gua Belanda dan Gua Jepang. Kedua gua tersebut menjadi saksi hidup bahwa Jepang dan Belanda pernah menjadikan kawasan hutan ini sebagai kawasan pertahanan.

Gua Jepang merupakan gua peninggalan Tentara Jepang sebagai tempat pertahanan diri dari pasukan Sekutu. Tentara Jepang memaksa penduduk pribumi untuk bekerja atau disebut Romusha. Sedangkan Gua Belanda merupakan bekas peninggalan penjajah Belanda yang menjadikan gua ini sebagai markas militer, gudang senjata, pembangkit listrik tenaga air dan penjara.

Selain Gua Jepang dan Gua Belanda, wisata hutan Dago Pakar ini masih menawarkan beberapa tempat wisata yang tak kalah seru. Seperti Curug Dago, air terjun tempat ditemukannya dua prasasti peninggalan Raja Thailand. Curug Lalay, air terjun dengan gua kelelawar di lembahnya. Ada juga monumen Ir. H. Djuanda dan Gedung Penerangan Taman Hutan Raya. Tak ketinggalan PLTA Bengkok, air terjun Omas Maribaya, panorama alam Taman Hutan Raya, dan jalur jogging menuju Maribaya.

Berburu foto di Dago Pakar Bandung

Gua Belanda dan Gua Jepang bisa menjadi spot foto paling menarik di kawasan hutan Dago Pakar ini. Kedua gua saksi sejarah peninggalan kolonial ini sangat disayangkan jika tidak diabadikan dengan rekaman kamera. Kawasan hutan yang dikelilingi pohon pinus dan berbagai pohon besar rindang lainnya juga menjadi daya tariknya latar belakang Buat foto.

Biaya masuk ke Dago Pakar Bandung

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Dago Pakar Bandung

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Akses Lokasi ke Dago Pakar Bandung

Dago Pakar terletak di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Nomor 99, Dago, Bandung Utara, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Bandung ke Dago Pakar sekitar 7 kilometer arah utara. Lokasinya berada pada ketinggian 800-1.350 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai Dago Pakar, pasar Dago bisa dijadikan patokan. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Dago Atas. Bagaimanapun, begitu Anda sampai di Dago Atas, Anda tidak akan kesulitan menemukan Dago Pakar karena semua orang yang kami tanya pasti tahu tempatnya.

Tips Berwisata di Dago Pakar Bandung

  • Usahakan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum menuju Dago Pakar.
  • Kenakan pakaian yang nyaman untuk berjalan jauh dan lindungi tubuh dari semak-semak dan serangga.
  • Bawalah payung dan senter jika berkunjung ke Dago Pakar saat musim hujan.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pertolongan pertama seperti plester dan obat luka atau betadine.
  • Kenakan sepatu atau sandal yang nyaman untuk berjalan jauh.
  • Jangan lupa juga untuk memakai kaos kaki agar kaki Anda tidak lecet.
  • Bawalah makanan, minuman, dan makanan ringan jika ingin berhemat.
  • Jaga kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang disediakan garis.

Jika anda sedang berlibur ke kota bandung, kunjungan yang tidak boleh anda lewatkan Dago Pakar Bandung. Daya tarik tersendiri bisa berupa kawasan hutan asri yang dikelilingi pepohonan pinus yang rindang dan lebat. Selain itu, terdapat berbagai macam tempat wisata menarik yang wajib kita kunjungi sebagai sarana rekreasi atau berlibur untuk melepas penat dari kepenatan sehari-hari. Tentunya jika kita berkunjung ke Dago Pakar akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan dan tak terlupakan.

Galeri foto Hutan Dago Pakar

Huta Dago Pakar di Bandung
fasilitas istirahat

Aneka jajanan dan kuliner
Fasilitas spot foto
Akses jalan menuju Hutan Dago Pakar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button