Tempat Wisata

Dago Pojok Tanggulan: HTM Terbaru, Rute/Lokasi dan Objek Wisata

Dago Pojok Tanggulan: HTM Terbaru, Rute/Lokasi dan Objek Wisata

Bagi pecinta seni, Desa Wisata Dago Pojok Tanggulan menjadi salah satu destinasi wisata di kota Bandung yang layak untuk dikunjungi. Desa wisata ini mempunyai kreativitas yang menjadikannya sebagai daya tarik yang menarik wisatawan.

Dulunya tempat wisata ini merupakan desa biasa yang tidak memiliki atraksi apa pun. Namun berkat kreativitas warganya, desa ini kini menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah. Bagi kalian yang penasaran, simak informasinya dibawah ini.

Pemandangan Desa Dago Pojok Tanggulan

Bagi anda yang belum tahu, Dago Pojok merupakan sebuah desa yang menjadi salah satu destinasi wisata edukasi di kota Bandung. Desa ini memiliki keunikan tersendiri yang terletak pada kreativitas warganya dalam mengembangkan potensi desa.

Dulunya tempat wisata ini merupakan desa biasa yang tidak memiliki objek wisata sama sekali. Namun akhirnya seorang warga bernama Rahmat Jabaril berinisiatif mengembangkan potensi desa tersebut sebagai destinasi wisata.

Rahmat Jabaril, seniman lokal, ingin membangun desa melalui karya seni. Melalui kerja sama warga dengan dinas pariwisata, terciptalah desa wisata Dago Pojok yang kini dikenal masyarakat umum.

Rute dan lokasi desa wisata Dago Pojok

Bagi yang ingin mengunjungi desa wisata ini dapat menghubungi langsung alamat Jl. Pojok Dago No.95, Kel. Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung. Karena lokasinya yang berada di kota, tempat ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas umum berupa angkutan umum yang tersedia di kawasan tersebut. Lokasinya dekat dengan terminal Dago sehingga mudah ditemukan. Apalagi desa wisata ini sudah terkenal di pemerintah kota.

Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari rute tercepat menuju wisata di Kampung Dago Pojok Tanggulan Bandung. Jadi Anda tidak akan tersesat dalam perjalanan menuju desa wisata ini.

Biaya masuk ke desa Dago Pojok

Anda yang ingin datang ke desa wisata ini tidak perlu mengeluarkan budget yang besar karena tidak perlu membayar tiket masuk sama sekali, gratis. Sebab, pihak pengelola tidak mematok harga tiket masuk bagi pengunjung.

Namun, pastikan Anda tetap membawa sejumlah uang jajan untuk biaya akomodasi dan transportasi menuju desa ini. Selain itu, uang jajan tersebut juga bisa digunakan untuk membeli sembako atau oleh-oleh di desa wisata ini.

Karena tiket masuknya gratis, desa wisata Dago Pojok cocok dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang ingin berlibur dengan budget tidak terlalu besar. Jadi Anda bisa menghemat uang saat liburan.

Jam buka Kampung Dago Pojok Bandung

Setelah mengetahui biaya masuknya, kini saatnya mengetahui jam buka wisata ini. Bagi anda yang berkunjung ke kami tidak perlu khawatir mengenai jam operasional karena tour ini sebenarnya sangat fleksibel dalam penerapan jam buka.

Objek wisata Dago Pojok Tanggulan Bandung dibuka untuk wisatawan 24 jam sehari, setiap hari. Namun pertunjukan seni hanya bisa Anda saksikan pada pukul 08:00 hingga 22:00 WIB.

Fasilitas di Desa Wisata Dago Pojok

Sebagai salah satu daya tarik wisata, Pemerintah Desa Wisata telah menyediakan fasilitas lengkap bagi wisatawan. Fasilitas yang ada di Desa Wisata Dago Bandung antara lain :

  • Buka tamasya ke berbagai tempat di desa wisata.
  • keluarga angkat atau akomodasi
  • Paket nasi liwet harganya Rp 25.000
  • Penjual suvenir
  • Tempat parkir yang luas
  • tempat peristirahatan umum
  • tempat beribadah

Dengan berbagai fasilitas yang disebutkan di atas, Anda dapat menikmati liburan di Desa Wisata Dago Pojok Bandung dengan nyaman dan aman.

Daya Tarik Wisata: Tanggul Pojok Desa Dago

Seperti halnya tempat wisata lainnya, Kampung Dago Pojok tentunya memiliki daya tarik tersendiri yang menjadi daya tarik wisatawan kesini. Penasaran apa saja tempat wisata yang ada? Di bawah ini adalah daftar tempat wisata desa wisata ini.

Mural yang menarik

Daya tarik utama dari desa wisata Dago Pojok Bandung adalah mural yang dilengkapi dengan teknologi AR atau augmented reality. Mural ini bisa ditemukan di setiap sudut desa, misalnya di sepanjang jalan dan juga di dinding rumah warga.

Jika Anda ingin melihat penggunaan teknologi augmented reality pada mural tersebut, ponsel cerdas Anda harus dilengkapi dengan teknologi AR dan mengunduh aplikasi tertentu. Nantinya mural tersebut akan terlihat seperti gambar tiga dimensi di layar smartphone.

Belajar menggambar mural dan membuat karya seni

Bagi Anda yang tertarik membuat mural bisa mempelajari cara membuat karya seni ini dengan mengunjungi Desa Dago Pojok. Di sini Anda akan belajar cara membuat mural, mulai dari membuat sketsa hingga menggambar mural langsung di dinding.

Selain mural, Anda juga bisa melihat karya seni lainnya seperti boneka dan alat musik yang terbuat dari bambu serta mempelajari cara pembuatannya. Sebagai objek wisata, desa ini dapat dijadikan pusat pendidikan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Pertunjukan seni tradisional

Daya tarik lain yang ada di desa wisata Dago Pojok Tanggulan adalah pertunjukan seni tradisional yang dapat dinikmati wisatawan. Di sini Anda diajak menikmati berbagai jenis pertunjukan seni tradisional yang diselenggarakan oleh pihak pengelola.

Desa wisata ini menyelenggarakan beberapa pertunjukan seni tradisional mulai dari pertunjukan Wayang, permainan Calung, Gondeng hingga berbagai tarian seperti Jaipong. Jika beruntung, Anda bisa melihat permainan anak-anak karya komunitas Hong.

Komunitas ini merupakan wadah bagi masyarakat yang peduli terhadap pelestarian permainan tradisional. Komunitas Hong fokus mengoleksi dan memainkan beberapa permainan anak-anak, khususnya dari negara Sunda.

Lokakarya seni

Selain pentas seni, Kampung Dago Pojok juga kerap menyelenggarakan lokakarya seni dan kreativitas. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pecinta seni yang ingin mengenal sekilas dunia seni dan juga kreativitas.

Biasanya dalam kegiatan ini pihak manajemen akan memperkenalkan seorang pembicara yang merupakan artis ternama baik dari Bandung maupun daerah lainnya. Wisatawan yang mengunjungi kami dapat menghadiri lokakarya ini untuk mendapatkan wawasan tentang seni.

Di sekitar desa

Bagi Anda yang berwisata ke Desa Dago Pojok, berjalan-jalan mengelilingi desa merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Pilihan tamasya terbuka memungkinkan pengunjung berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan indah berupa mural di dinding rumah warga.

Dengan berbagai tempat menariknya, Anda bisa berfoto dan mengabadikan momen selama berlibur di desa wisata ini. Desa ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bagi anda yang menyukai indahnya dunia seni.

Menutup

Dago Pojok Tanggulan sangat cocok dijadikan destinasi wisata pilihan untuk liburan panjang. Anda bisa mengajak keluarga berwisata dan mendapatkan wawasan seni dan kreativitas yang pasti akan bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button