Tempat Wisata

Danau Beratan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Di pulau dewata anda akan menemukan berjuta keindahan. Bukan hanya Ubud, kawasan populer di pulau eksotis ini. Jika Anda datang ke pulau Bali, jangan lupa untuk mampir ke Danau Beratan. Terletak di Bedugul, danau ini merupakan pemandangan yang tidak bisa dihindari.

Suasana alam di sekitar danau ini terkenal sejuk, sehingga sangat cocok sebagai destinasi bersantai. Selain itu, danau ini menawarkan pemandangan yang unik. Terdapat pura di tengahnya yang membuat danau ini begitu ikonik.

Lokasi Danau Beratan

Danau BeratanDanau Beratan Sumber: instagram.com/ariv_venoid/

Danau eksotis ini terletak di kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, provinsi Bali, lebih tepatnya di daerah Bedugul, di desa Candikungin.

Biaya masuk ke Danau Beratan

Wisata ke Danau Beratan

Berikut adalah harga Tiket Masuk Objek Wisata Danau Beratan.

  1. Turis (lokal): Rp30.000
  2. Turis (Internasional): Rp 70.000

(Diperbarui Maret 2023)

1. Memberi makan ikan / Memotret : Rp 10.000

Jam operasional di Danau Beratan

Penyembuhan di Danau Beratan di Bali

Sebelum mengunjungi objek wisata ini, sebaiknya cari tahu dulu jam bukanya. Danau Beratan sendiri buka 12 jam sehari. Pengunjung dapat menikmati keindahan air danau dari pagi hingga malam hari.

Jam operasional Danau Beratan adalah:

  • Buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore WITA

Peta lokasi Danau Beratan

Tempat menarik di Danau Beratan

Foto Danau BeratanFoto Danau Beratan Sumber : instagram.com/emma.dzn/

Jika Anda mengunjungi pulau Bali, Anda tidak akan menyesal mengunjungi Danau Beratan. Tempat ini memiliki banyak tempat menakjubkan untuk dijelajahi yang adalah sebagai berikut.

1. Kuil Suci Ikonik

Salah satu yang membuat danau ini begitu ikonik adalah keberadaan pura di tengah danau. Pura ini dikenal dengan nama Pura Ulun Danu Beratan. Pemandangan alam di sekitarnya begitu mempesona. Selain itu, airnya sangat jernih dan membentang di mata setiap pengunjung.

Saking jelasnya, pengunjung bisa melihat dengan jelas pantulan benda-benda di sekitarnya. Mulai dari candi hingga pepohonan yang tergambar di permukaan air.

2. Pemandangan Gunung

Pemandangan pegunungan di Danau Beratan

Di danau ini pengunjung juga bisa melihat rangkaian pegunungan dari kejauhan. Tak heran banyak yang menggunakannya sebagai latar belakang selfie. Suasananya begitu sejuk dan seakan mengalihkan perhatian kita dari penat dari keseharian.

3. Kabut tipis menyelimuti danau

Kabut menyelimuti Danau Beratan

Pada waktu-waktu tertentu di pagi hari Anda bisa melihat sekeliling danau yang diselimuti kabut tipis. Kabut putih yang naik menciptakan perasaan mistis. Kabut putih seolah menjadi keistimewaan dan tidak menghalangi pengunjung untuk melakukan aktivitas menarik lainnya.

Aktivitas menarik di Danau Beratan

Keindahan Danau BeratanDanau Beratan Sumber: instagram.com/divamartinaa/

Karena air danau cukup jernih, berbagai kegiatan dapat dilakukan, antara lain sebagai berikut:

1. Dengan speedboat mengelilingi danau

Pendaki gunung dapat mengalami tur yang mengasyikkan di sekitar danau. Salah satunya menggunakan speedboat dengan kecepatan penuh. Lanskap sekitarnya dapat mempesona setiap orang yang melihatnya. Perasaan seru namun juga menyenangkan terasa saat menaiki speedboat.

Sesekali pengunjung bisa menambah kecepatan speedboat untuk menambah adrenalin. Sungguh pengalaman yang mengasyikkan saat pengunjung terkena cipratan air dari speedboat.

2. Naik Jukung untuk berkeliling dengan mudah

Tidak semua orang memiliki adrenalin yang cukup untuk naik speedboat. Beberapa memilih perahu lain yang memberikan suasana lebih tenang. Misalnya dengan menaiki jukung, sejenis perahu nelayan tradisional yang dilengkapi dengan kayu penyeimbang di kedua sisinya.

Wisata ke Danau Beratan

Berwisata dengan perahu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjelajahi danau bersama keluarga. Nikmati angin sejuk dan pemandangan indah danau ini yang tak terlupakan.

3. Pedal boat untuk suasana yang lebih romantis

Selain naik speedboat atau jukung, ada juga pilihan naik perahu kayuh. Pada dasarnya perahu ini berbentuk seperti angsa yang bisa dinaiki oleh dua orang. Perahu dapat dicapai dengan kayak dengan berjalan kaki.

Jika ingin menikmati suasana romantis di sekitar danau, perahu kayuh ini bisa menjadi pilihan berdua.

4. Memancing

Pengunjung diperbolehkan untuk menjelajahi danau dengan perahu. Namun pengelola melarang pengunjung berenang karena danau ini sangat mirip laut. Tak perlu khawatir, Anda bisa melakukan aktivitas seru lainnya, yaitu memancing.

Danau ini menawarkan tempat memancing berupa jembatan kayu. Berbagai jenis ikan air tawar bisa ditangkap di sini. Jika Anda tidak membawa alat pancing sendiri, Anda bisa menyewanya di lokasi.

5. Berfoto dengan hewan liar

Mengingat suasana alam yang masih asri, tidak heran jika Danau Beratan menjadi rumah bagi berbagai macam satwa liar. Anda tidak hanya dapat melihat mereka, tetapi juga berfoto bersama mereka. Menariknya, Anda bisa berfoto dengan hewan liar yang terkenal.

Ini termasuk ular sanca, elang, burung enggang, burung hantu, kelelawar, bunglon dan banyak lagi. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan, aktivitas foto ini diawasi oleh seorang staf. Selain itu, fotografer profesional tersedia untuk mengambil foto.

Akomodasi di dekat Danau Beratan

Menghabiskan waktu sedikit lebih lama di danau ini saat musim liburan adalah pilihan yang tepat. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan penginapan terdekat dengan berbagai budget mulai dari Rp 250.000.

Beberapa akomodasi yang direkomendasikan di dekat Danau Beratan adalah The Joglo Beratan, PonDaNu, Umah Lumbung Bedugul dan Ecocamping 1 Bedugul.

Menikmati keindahan Danau Beratan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan di pulau Bali. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi wisata alam ini untuk melepas penat dari keseharian di kota.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button