Berita Wisata

Danau buatan bekas tambang pasir Ciseupan ini diperuntukkan sebagai desa wisata

SEMANGAT ORANG – Pemerintah kota Cimahi telah menetapkan kawasan Ciseupan desa Cibeber sebagai desa wisata. Hal ini diharapkan dapat menambah destinasi wisata Kota Cimahi di tengah keterbatasan lahan dan sumber daya alam.

Peresmian Desa Wisata Ciseupan berlangsung di sela-sela Festival Kuliner Cimahi 2022 yang berlangsung pada Sabtu 10 Desember 2022.

Plt Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan hadir membuka Cimahi Culinary Festival 2022 sekaligus meresmikan “Desa Wisata Ciseupan” dengan menandatangani batu prasasti di Ciseupan View.

Danau buatan tersebut berada di lahan seluas 5 hektar yang terbentuk dari bekas tambang pasir tua yang sudah lama ditinggalkan dan menjadi salah satu daerah aliran sungai di kawasan Cimahi Selatan. Di tempat ini juga terdapat kolam pemancingan terbesar di kota Cimahi.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Polisi Siagakan Ratusan Staf

Selain itu, tanah warga sekitar sudah mulai digarap dan disulap menjadi tempat wisata yang viral dan instagramable yang banyak dikunjungi pengunjung.

Festival Kuliner Cimahi 2022 menghadirkan lebih dari 27 jajanan kuliner khas Cimahi yang memiliki cita rasa unik dan menarik. Berbagai pertunjukan seni dan budaya memeriahkan acara tersebut, mulai dari seni tari dan musik tradisional sunda, pencak silat, sosiodrama, penampilan khusus seniman Saep Copet dan Ceu Edoh, hingga pertunjukan wayang golek.

“Pariwisata merupakan salah satu sektor yang harus mampu mendorong laju pertumbuhan pembangunan di Cimahi. Adanya potensi wisata dapat mendongkrak sektor lain yang saling terkait, khususnya kuliner daerah yang dapat menjadi atribut suatu destinasi wisata dan menambah pengalaman wisata pengunjung. ,” ujar Dikdik.

Cimahi Culinary Festival 2022 merupakan inisiatif untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan kebanggaan masyarakat terhadap kuliner lokal.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button