Tempat Wisata

Danau Cipule Karawang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Karawang dikenal sebagai kawasan industri cepat di wilayah Jawa Barat. Namun jangan salah, banyak juga tempat menarik di Kota Karawang yang bisa Anda jadikan tempat berlibur atau bersantai bersama keluarga. Salah satunya adalah Danau Cipule Karawang.

Danau ini merupakan bekas kawasan penambangan pasir di tepian Sungai Citarum. Terciptanya danau ini karena proses penambangan yang terus menerus sehingga membentuk cekungan besar. Luas danau ini sekitar 90 hektar dengan kedalaman 2 meter.

Fasilitas di Danau Cipule Karawang

Ada beberapa fasilitas di Danau Cipule yang bisa digunakan oleh wisatawan manapun. Mulai dari saung bambu hingga warung sederhana yang menjual berbagai kuliner khas Karawang yang pasti memanjakan perut dan lidah pengunjungnya.

Hidangan yang disajikan juga cukup sederhana, seperti udang segar dan ikan goreng sambal. Rasa ikan dan udangnya sangat nikmat karena baru ditangkap oleh para nelayan di Danau Cipule.

Fitur air yang ditawarkan kini sangat beragam. Mulai dari rakit hingga perahu bebek hingga berkeliling danau. Disediakan tempat parkir kendaraan yang cukup aman untuk fasilitas penunjang. Terdapat juga musala serta kamar mandi dan toilet yang luas.

Keindahan Danau Cipule Karawang

Sebelum sampai di Telaga Cipule, kita bisa mengunjungi Bendungan Walahar yang bisa dijadikan tempat peristirahatan. Setelah mengisi tenaga menikmati keindahan bendungan, kita bisa melanjutkan perjalanan sebenarnya menuju Danau Cipule yang indah ini. Jarak Bendungan Walahar ke Danau Cipule sekitar 3 kilometer dengan kondisi jalan sudah beraspal. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan tanjakan yang mengganggu dan jalan yang berkelok-kelok.

Setibanya di Telaga Cipule kita disambut dengan latar belakang pegunungan yang indah dan mempesona. Suasananya begitu sejuk dan segar jika kita datang ke sini dalam kondisi cuaca yang mendukung. Langit biru berhiaskan awan putih yang mengalir indah menambah ketenangan dan kenyamanan danau ini. Selain itu, hembusan angin sepoi-sepoi menambah kesejukan wisata alam di Danau Cipule.

Keunikan Danau Cipule adalah di tengahnya terdapat pulau selebar 2 kilometer. Pulau ini bernama Pulau Cinta dan menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan yang mengunjungi danau indah ini. Untuk bisa menikmati keindahan Pulau Cinta, Anda bisa mencapainya dengan menggunakan perahu. Saat permukaan air Danau Cipule sedang tinggi atau meninggi, Pulau Cinta tidak bisa dikunjungi karena terendam banjir.

Perjalanan dari Danau Cipule menuju Pulau Cinta tidak terlalu lama. Suasana romantis yang terdapat di Pulau Cinta sungguh luar biasa. Banyak sekali wisatawan yang ingin kembali lagi dan lagi ke danau indah dan pulau romantis ini.

Keunikan dan daya tarik Pulau Cinta terletak pada pepohonan yang tidak terlalu tinggi sehingga memagarinya dengan rapat. Sinar matahari yang mencoba menembus sela-sela hijaunya dedaunan tentu menambah keindahan dan keanggunan Pantai Cinta.

Tak hanya menikmati keindahan Pulau Cinta saja, kita juga bisa memancing di Danau Cipule. Danau indah ini kaya akan beragam ikan budidaya. Banyak sekali pemancing yang datang, tidak hanya warga lokal saja, kita juga bisa bertemu dengan pemancing dari luar disini.

Berburu foto di Danau Cipule Karawang

Tempat terbaik untuk berburu foto di Danau Cipule adalah Pulau Cinta. Dengan pepohonan rindang yang melapisi pulau, bisa menjadi latar foto yang mengesankan. Selain itu, pemandangan di atas kapal saat penyeberangan menuju Pulau Cinta juga sayang jika tidak diabadikan dengan jepretan kamera.

Biaya masuk Danau Cipule Karawang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Danau Cipule Karawag

Akses lokasi menuju Danau Cipule Karawang

Lokasi telaga cantik ini berada di Desa Walahar, Kabupaten Ciampel Karawang, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Karawang sekitar 20 kilometer. Untuk menuju Danau Cipule, Anda bisa melewati tol Karawang Timur dan mengambil jalur menuju kawasan industri. Sesampainya di pertigaan Kawasan Industri Suryacipta, belok kiri dan lurus hingga mencapai Kanal Induk Tarum Barat sejauh 5 kilometer. Kemudian kita belok kiri lagi dan sampai di lokasi telaga indah ini.

Akses lainnya adalah dari Puwakarta langsung ke arah Curug Karawang. Sesampainya di komplek POJ Curug, belok kiri dan masuk ke komplek kondominium POJ. Setelah melintasi Jembatan Curug Kunci, ikuti jalan di tepi Sistem Irigasi Tarum Barat. Kemudian setelah kurang lebih 2 kilometer belok kanan menuju jalan menuju Danau Cipule.

Tips berwisata ke Danau Cipule Karawang

  • Persiapkan badan dan kendaraan Anda sebaik mungkin agar perjalanan berjalan lancar.
  • Menjaga kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan oleh pemerintah.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tak terlupakan saat menyusuri danau indah ini.

Jika anda sedang berkunjung atau akan mengunjungi kota Karawang, Danau Cipule kamu harus mengunjungi. Jarak telaga cantik yang tak jauh dari pusat kota ini bisa dibilang sebagai tempat beristirahat dan melepas penat. Selain itu, Pantai Cinta yang terletak di sisi romantisnya tentu sangat menarik untuk dikunjungi. Pastinya akan menjadi wisata akhir pekan atau wisata liburan yang tak terlupakan dan tak terlupakan.

Galeri Foto Telaga Cipule

Potret Danau Cipule di Karawang
Berburu foto di pinggir danau
Pulau Cinta di tengah Danau Cipule
Potret pengunjung
Fasilitas spot foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button