Tempat Wisata

Danau Duo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Luasnya keindahan alam Kerinci menyimpan berjuta pesona dan berbagai rahasia untuk dijelajahi. Kabupaten yang sebagian besar terletak di dataran tinggi ini kini seolah menjadi surganya para pelancong dari dalam dan luar negeri. Kerinci terkenal memiliki beberapa danau yang tidak hanya indah namun juga unik, salah satunya adalah Danau Duo.

Danau ini adalah salah satu tempat paling populer bagi wisatawan yang menyukai petualangan alam liar. Dengan pesona alamnya yang masih lestari, serta berbagai panorama indah danau ini, sangat cocok untuk bersantai dari hiruk pikuk perkotaan. Suasana asri dan segarnya udara dataran tinggi seakan menjadi pelengkap yang menjadikan danau ini sebagai destinasi wisata yang sempurna.

Danau Duo

Secara administratif, Telaga Duo terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Jika ingin mengunjungi danau tersebut, wisatawan dapat menggunakan jalur dari Kota Sungai Banyak menuju Kecamatan Gunung Raya. Jaraknya sekitar 40 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan.

Setelah sampai di Simpang Tiga Lempur, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 8 kilometer. Jika ingin merasakan sensasi berbeda, pengunjung juga bisa melakukan pendakian atau bersepeda motor cross. Jalan menuju danau juga bisa dilalui kendaraan roda empat atau dua. Medannya tidak sulit, hanya saja jalanannya belum beraspal dengan baik.

Pesona Danau Duo

Jika berwisata ke Danau Duo, wisatawan akan mendapatkan pengalaman seru. Selama perjalanan, wisatawan harus melintasi ladang penduduk yang luas serta kaki Gunung Batuah. Aroma harum tanaman kayu manis selalu menemani perjalanan ini.

Terletak di dataran tinggi 1.500 meter di atas permukaan laut, danau ini merupakan salah satu danau tertinggi di Pulau Sumatera. Danau ini terletak tepat di kaki Gunung Betuah dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Suasana alam dengan udara sejuk seakan menyambut wisatawan ketika sampai di danau.

Danau Duo

Desa Lempur memiliki beberapa danau yang sering dikunjungi wisatawan. Kabarnya terdapat 5 danau indah di desa ini. Danau-danau tersebut adalah Telaga Kaco, Telaga Lingkat, Telaga Nyalo, Telaga Kecik, dan Telaga Duo. Kelima danau ini menawarkan keindahan yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri.

Berbeda dengan telaga pada umumnya, telaga ini tidak mempunyai air kosong dan tidak ada mata air. Sedangkan sumber air telaga berasal dari daerah tangkapan air Gunung Batuah. Air telaga ini juga dimanfaatkan untuk mengairi sawah dan persawahan masyarakat sekitar.

Di sekitar danau, wisatawan bisa menemukan ladang kayu manis milik penduduk setempat. Tersedia pula rakit yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling dan menikmati pemandangan di sekitar danau. Rakit ini juga biasanya digunakan masyarakat sebagai alat transportasi menuju sawah dan sawah.

Pada waktu-waktu tertentu, ketika permukaan danau cenderung mengecil, Anda akan melihat sebuah tanjung yang tampak membelah danau menjadi dua. Tanjung ini sering dimanfaatkan wisatawan sebagai tempat mendirikan tenda dan perkemahan. Dari sinilah pula asal muasal danau yang diberi nama Danau Duo ini.

Berbagai jenis ikan juga terdapat di danau ini, antara lain ikan Semah dan ikan Seluang. Anehnya, kedua jenis ikan ini biasanya hidup di sungai-sungai besar. Belum diketahui secara pasti bagaimana kedua ikan ini bisa berkembang biak dengan baik di danau dataran tinggi. Faktanya, jenis ikan ini tidak ditemukan di danau lain, seperti Danau Nyalo atau Danau Lingkat.

Populasi kedua jenis ikan di danau ini terjaga dengan baik, dan warga serta wisatawan juga bisa memancing ikan tersebut. Uniknya ikan ini sangat sulit didapat dengan jaring atau jaring pendaratan. Meski populasi ikannya cukup besar, setiap pukul 09.00 hingga 23.00 ikan-ikan tersebut muncul ke permukaan untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Fasilitas Danau Duo

Fasilitas objek wisata tepi danau ini cukup memadai karena pemerintah setempat telah meresmikan Desa Lempur sebagai desa wisata terpadu. Ada pula paket wisata lima hari yang memungkinkan Anda menjelajahi lima danau di desa ini. Wisatawan akan menemukan pemandu, toilet, tempat parkir, dan juga musala di sana.

Selain itu, berbagai kuliner lezat juga bisa ditemui wisatawan di Desa Lempur. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung ke danau ini. Salah satu makanan khas yang bisa dicoba wisatawan adalah Lemang Kantung Semar. Jika ingin bermalam, di desa setempat tersedia beberapa homestay yang bisa disewa wisatawan.

Baca juga:

Telaga Duo bisa menjadi alternatif wisata menarik saat berada di Kerinci. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi danau.

Nikmati keindahan alam

Saat menyusuri danau indah ini, Anda akan disuguhi keindahan alam Kerinci. Luasnya ladang kayu manis yang mengelilingi danau serta panorama Gunung Batuah menjadi fenomena tersendiri yang mampu menyihir mata. Anda bahkan dapat mengikuti tur berpemandu tentang proses pemanenan kulit kayu manis. Anda kemudian bisa berkeliling danau dengan rakit.

Selain itu, Anda juga bisa memancing ikan Semah yang merupakan hewan endemik Danau Duo. Ikan ini dikenal sangat enak dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Jika masih kurang puas, Anda juga bisa mengunjungi danau-danau lain di Desa Lempur yang menawarkan keindahan dan keistimewaan berbeda.

Perburuan Foto

Keindahan danau juga menjadikannya tempat berburu foto yang bagus. Banyak fotografer pecinta panorama alam mengunjungi tempat ini hanya untuk mengabadikan keindahannya. Banyak wisatawan yang datang ke desa wisata ini, tidak hanya dari dalam negeri saja.

Anda juga bisa mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto di Danau Duo. Ada banyak panorama indah yang bisa Anda jadikan latar belakang fotografi. Tentu saja foto selfie Anda akan semakin menarik jika Anda tetap mengambil foto ramah lingkungan di alam. Anda juga bisa memotret danau dari udara dengan drone.

berkemah

Berkemah merupakan kegiatan seru dan wajib dilakukan ketika berkunjung ke danau ini. Bahkan, tempat ini merupakan salah satu tempat perkemahan terpopuler di Kerinci. Anda bisa berkemah di pinggir danau atau di tanjung yang terlihat saat permukaan danau turun. Ada ruang untuk setidaknya 25 tenda di tanjung ini.

Menikmati keindahan telaga di malam hari pasti akan sangat seru. Saat udara semakin dingin, Anda bisa membuat api unggun dan memanggang ikan yang Anda tangkap. Dengan langit penuh bintang dan secangkir kopi hangat di tangan, indahnya malam terasa sempurna.

Lihat matahari terbenam dan matahari terbit

Sore hari, saat matahari perlahan mencapai cakrawala, terbentang panorama eksotis berupa matahari terbenam yang indah. Matahari perlahan akan menghilang seolah ditelan bukit dan ladang kayu manis. Seketika menciptakan suasana romantis dan terasa sempurna saat Anda menikmatinya bersama kekasih.

Keindahan matahari terbit pun tak kalah mempesona untuk disaksikan, matahari perlahan muncul di balik semak-semak, kawasan hutan, dan pohon kayu manis. Rasa dingin perlahan akan tergantikan oleh hangatnya sinar matahari sehingga menambah semangat Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Biaya masuk Danau Duo

Masuk ke objek wisata Telaga Duo tidak dipungut biaya dan gratis bagi wisatawan. Namun jika ingin mengikuti Wisata 5 Danau, wisatawan perlu membayar biaya wisata sesuai paket wisata yang dipesan.

Baca juga:

Biaya masuk Danau Duo

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Danau Duo

Peta lokasi Danau Duo

Tips berwisata ke Danau Duo

  • Jika Anda berencana mengunjungi danau, cuaca terbaik adalah saat cuaca cerah untuk menampilkan keindahannya.
  • Bawalah pakaian hangat atau jaket karena udara di sekitar danau sangat dingin.
  • Jika berencana berkemah, bawalah tenda dari rumah.
  • Bawalah barang-barang yang diperlukan agar Anda tidak mengalami masalah selama perjalanan.
  • Berperilaku sopan dan hormati orang-orang di sekitar Anda.
  • Anda bisa mengikuti tur wisata ke lima danau tersebut jika belum pernah ke sana sebelumnya.
  • Ikut serta menjaga alam dan tidak merusak lingkungan.
  • Jaga kebersihan dan ambil kembali sampah makanan plastik.

Galeri foto Danau Duo

Potret Danau Duo
Potret bebatuan di tepi danau
Spot foto di bebatuan
Bermain di tepi danau
Keindahan Danau Duo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button