Tempat Wisata

Danau Gunung Tujuh: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Hamparan alam Kerinci menawarkan berjuta keindahan. Kawasan dataran tinggi ini sepertinya menjadi surga paling populer di kalangan pecinta alam. Deretan gunung, bukit dan air terjun dengan segala pesonanya mampu menyihir setiap mata yang melihatnya. Kerinci juga memiliki beberapa danau mempesona yang wajib Anda kunjungi, salah satunya Danau Gunung Tujuh.

Airnya yang jernih dan tujuh gunung yang mengelilingi danau memberikan panorama yang menakjubkan. Kondisi alam yang masih lestari dan sejuknya udara semakin menambah daya tarik telaga ini. Tempat wisata di Kerinci ini juga menjadi salah satu tempat perkemahan yang paling populer. Bagi wisatawan yang menyukai petualangan dan ingin menikmati keindahan alam liar, telaga ini bisa menjadi destinasi menarik.

Danau Tujuh Gunung

Secara geografis, Danau Gunung Tujuh terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Danau ini terletak sekitar 54 kilometer dari kota Sungai Banyak. Untuk sampai ke danau ini, wisatawan harus berkendara setidaknya selama satu jam. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Sesampainya di Desa Pelompek, perjalanan dimulai dari pos pendakian Gunung Tujuh. Pengunjung juga harus membayar biaya dan mengisi KTP sebelum pendakian dimulai. Perjalanan menuju danau diawali dengan pendakian yang berlangsung kurang lebih tiga jam. Sebenarnya ada dua jalur pendakian yang bisa digunakan wisatawan. Namun jalur ini lebih disukai karena medannya tidak terlalu sulit meski membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama.

Pesona Danau Gunung Tujuh

Petualangan dimulai, dari pos pendakian wisatawan harus menyusuri jalan menanjak dengan jalan tanah berbatu. Dalam perjalanan ini wisatawan melintasi perbukitan dan ladang luas masyarakat setempat. Hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat harus ditaklukkan untuk menikmati keindahan danau ini.

Danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi ratusan ribu tahun yang lalu. Letusan gunung berapi tersebut menciptakan sebuah kawah besar yang lama kelamaan terisi air hujan dan akhirnya membentuk sebuah danau yang mempesona. Kabarnya danau ini masih masuk dalam kawasan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau Tujuh Gunung

Berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut, danau ini dianggap sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini memiliki luas sekitar 12.000 hektar dan kedalaman hingga 40 meter. Air danau ini tidak hanya menyuguhkan panorama yang mempesona, namun juga mengalir melewati sebagian besar persawahan dan persawahan di Kabupaten Kerinci.

Air di danau ini sangat jernih dan penelitian menunjukkan bahwa air ini merupakan air baku terbaik di Asia Tenggara. Air di danau ini juga dijadikan sumber PDAM Kabupaten Kerinci. Danau Gunung Tujuh juga diketahui mengalir melalui berbagai sungai besar di Kerinci, termasuk sungai tempat Air Terjun Telun Berasap berada.

Sesuai dengan namanya, Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh rangkaian tujuh gunung. Gunung-gunung tersebut adalah Gunung Hulu Tebo, Gunung Tujuh, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, Gunung Hulu Sangir, dan Gunung Madura Besi. Pegunungan yang mengelilinginya juga menjadi sumber air danau tersebut, sehingga danau tersebut tidak pernah kering.

Tak hanya danau ini yang mempesona, penduduk setempat juga menganggapnya sebagai danau suci. Ada mitos yang mengatakan bahwa danau ini adalah rumah bagi sepasang naga ajaib. Selain itu, ada juga cerita tentang kehidupan manusia kerdil setinggi 50 cm di sekitar danau. Kisah ini telah ada selama beberapa generasi, dan bahkan ada penelitian yang didanai oleh organisasi World Wild Fund.

Konon manusia kerdil ini bisa menghilang dalam sekejap, dan beberapa orang mengatakan mereka pernah melihatnya. Para tetua desa juga percaya bahwa ada dua makhluk tak kasat mata bernama Lbei Sakti dan Sri Menanti yang tinggal di Danau Gunung Tujuh. Kedua makhluk ini diyakini memiliki kekuatan gaib berupa harimau.

Terlepas dari misteri yang menyelimutinya, keindahan alam danau ini sungguh mempesona. Airnya yang jernih dan dingin serta hamparan pasir di tepi danau membuat wisatawan serasa berada di tepian lautan. Panoramanya semakin sempurna ketika deretan pegunungan dan pepohonan hijau mengelilingi danau.

Fasilitas Danau Tujuh Gunung

Lokasi tempat wisata ini cukup jauh dari pemukiman penduduk sehingga fasilitas yang tersedia cukup terbatas. Pengunjung tidak akan menemukan fasilitas apa pun seperti toilet atau musala. Jika wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi, maka dapat memarkir kendaraannya di dekat pos pendakian Gunung Tujuh.

Wisatawan disarankan membawa perbekalan logistik selama pendakian menuju danau. Sebab, di sekitar danau tidak akan Anda temukan pedagang atau warung yang menjajakan makanan. Tidak ada akomodasi atau hotel di sekitar danau, namun terdapat homestay di desa Pelompek dan Lempur tempat wisatawan dapat menginap.

Baca juga:

Bertualang di hutan belantara dan mengunjungi Danau Gunung Tujuh akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di danau.

Menikmati keindahan danau

Panorama yang ditawarkan Danau Gunung Tujuh sungguh menakjubkan, dikelilingi deretan tujuh gunung. Anda bisa menikmati keindahan telaga ini dengan menjelajahi setiap sudut telaga menggunakan sampan yang biasa digunakan nelayan setempat untuk memancing. Sejuknya udara di sekitar danau membuat Anda enggan meninggalkan tempat ini.

Selain itu, hamparan pasir dan bebatuan besar di tepian pantai membuat danau ini semakin indah. Anda juga bisa berenang di air danau yang jernih dan segar. Air danau ini sangat dingin karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Alam yang masih terjaga dan terawat menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dan sejenak melupakan hiruk pikuk kota.

Perburuan Foto

Bagi penggemar fotografi, telaga ini juga bisa menjadi destinasi berburu foto yang menarik. Banyak sekali panorama alam yang bisa diabadikan dengan kamera. Anda dapat mencari lokasi pemotretan terbaik untuk mengambil foto yang Anda inginkan. Di sini hobi fotografi Anda akan terpuaskan dengan berbagai objek mempesona yang bisa Anda foto dengan kamera.

Wisatawan biasanya tak lupa mengabadikan momen tersebut lewat foto saat berkunjung ke danau. Berbagai panorama alam bisa Anda jadikan latar belakang foto, seperti bebatuan besar di tepi danau, luasnya danau dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki drone, Anda juga bisa mengambil foto dari ketinggian untuk mendapatkan gambar yang lebih menarik.

berkemah

Tepat di pinggir Danau Gunung Tujuh, banyak wisatawan yang kerap mendirikan tenda dan bermalam di sekitar danau. Jika Anda pecinta alam dan ingin menikmati indahnya malam di alam bebas, Anda juga bisa merasakan berkemah di danau ini. Pada waktu-waktu tertentu, telaga ini dipenuhi pengunjung yang juga berkemah.

Tentunya jika Anda berkemah di sekitar danau, Anda juga bisa menikmati keindahan danau di malam hari. Selain itu, Anda akan mendapatkan pengalaman menarik yang mungkin tidak akan Anda alami untuk kedua kalinya. Pada malam hari, Anda bisa membakar kayu kering dan membuat api unggun untuk melindungi tubuh Anda dari dinginnya udara yang menyerang Anda.

Baca juga:

Biaya masuk Danau Gunung Tujuh

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 20.000 hingga 30.000

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Tujuh Jam Operasional Danau Gunung

Peta lokasi Danau Gunung Tujuh

Tips berwisata ke Danau Gunung Tujuh

  • Sebelum mendaki, sebaiknya pastikan cuaca cerah.
  • Sebaiknya menggunakan jalur melalui pos pendakian Gunung Tujuh, karena medannya lebih mudah untuk dilalui.
  • Bawalah perbekalan logistik secukupnya untuk kebutuhan Anda di danau.
  • Jangan membawa terlalu banyak barang karena dapat membuat perjalanan Anda stres.
  • Jika Anda belum pernah mendaki sebelumnya, sebaiknya ajaklah teman yang tahu jalan ke danau.
  • Jagalah lingkungan dan jangan merusak lingkungan saat bepergian atau di danau.
  • Jaga kebersihan lingkungan dan ambil kembali sisa makanan yang Anda bawa.

Galeri foto Danau Gunung Tujuh

Selamat datang di Danau Gunung Tujuh
Potret Danau Gunung Tujuh

Potret pengunjung
Potret Danau Gunung Tujuh yang dikelilingi perbukitan
Menikmati keindahan Danau Gunung Tujuh
Matahari terbenam di Danau Gunung Tujuh

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button