Tempat Wisata

Danau Lau Kawar: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang menganggap Bali sebagai tempat liburan yang sempurna, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Bali juga merupakan surga tersendiri bagi para penggila travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti di Karo, ada satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan yaitu Danau Lau Kawar.

Danau Lau Kawar sendiri tepatnya berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pecinta wisata alam yang ingin merasakan petualangan di pulau Sumatera wajib datang ke danau ini. Berada di ketinggian 2.450 mdpl, udara Danau Lau Kawar tentu saja sejuk dan segar, berbeda dengan suasana kota yang panas dan tercemar. Obyek wisata ini merupakan salah satu dari beberapa obyek wisata lain yang juga termasuk dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) di kaki Gunung Sinabung.

Indahnya pemandangan air danau yang jernih dan tenang seakan mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang berbau stress, serta hijaunya pepohonan di sekeliling juga menambah sejuk dan tenangnya suasana di Danau Lau Kawar. Selain itu, Anda bisa menikmati panorama Gunung Sinabung yang indah dari tempat ini. Mereka yang tidak menyukai kondisi alam yang asri dan asri berada di tempat yang tepat jika ingin merasakan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk kota yang sibuk.

Dalam sejarah Danau Lau Kawar sendiri, menurut warga setempat, dahulu kala ada dua orang bernama Sinabung dan Sibayak. Mereka tidak pernah akur dan selalu bertengkar. Pertengkaran itu membuat ibunya sedih dan akhirnya air mata jatuh ke matanya dan kemudian mereka menyatu dan membentuk Danau Lau Kawar. Mitos lain mengatakan bahwa danau ini adalah air mata seorang ibu yang dilupakan oleh keluarganya di sebuah pesta. Saat ini dia sendirian dan kelaparan.

Fasilitas di Danau Lau Kawar

Dari segi fasilitas, objek wisata Danau Lau Kawar cukup luas. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan di sana adalah:

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Akomodasi

Di kawasan wisata, Anda yang membutuhkan penginapan bisa mencari penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting itu juga ada, jadi Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar area danau.

– Bilik atau tempat makan

Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar tempat ini Anda bisa menemukan kantin dan warung penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan air danau yang jernih, pepohonan hijau yang asri di sekelilingnya dan juga pemandangan Gunung Sinabung.

– tempat perkemahan

Jika Anda berencana untuk bermalam di luar ruangan, Anda dapat mendirikan tenda di lokasi yang telah ditentukan di Danau Lau Kawar.

Berburu foto di Danau Lau Kawar

Saat berlibur, jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan fotografi, seperti kamera handphone atau bahkan kamera professional. Karena ketika seseorang datang ke suatu tempat wisata yang menarik, maka akan dijumpai pemandangan alam yang berbeda-beda, dan tentunya kamera dapat membantu untuk mengabadikannya, dan juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk diperlihatkan kepada kerabat di rumah. Di Danau Lau Kawar, wisatawan disuguhi keindahan alam yang tak kalah dari tempat wisata lain di Indonesia. Anda bisa berfoto bersama keluarga atau teman dengan latar belakang air danau yang tampak indah diterpa sinar matahari, atau Anda bisa menjadikan panorama alam di sekitar Anda sebagai target jepretan kamera Anda.

Ada juga gazebo tempat Anda bisa bersantai dan berfoto-foto terhampar bebas di depan Anda. Jangan lupa untuk mengabadikan keseruan keluarga Anda. Ada juga pemandangan indah tenda warna-warni di perkemahan, yang juga bisa dijadikan spot foto.

Jalur akses ke Danau Lau Kawar

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan – Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Jamin Ginting – Jl. Veteran – Jl. Udara – Jl. Lau Kawar – Danau Lau Kawar

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Jamin Ginting – Jl. Veteran – Jl. Udara – Jl. Lau Kawar – Danau Lau Kawar

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Sunggal-Jl. Lintas Sumatera – Jl. Setia Budi – Jl. Jamin Ginting – Jl. Veteran – Jl. Udara – Jl. Lau Kawar – Danau Lau Kawar

Biaya masuk ke Danau Lau Kawar

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 5.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam operasional di Danau Lau Kawar

Peta lokasi Danau Lau Kawar

Tips mengunjungi Danau Lau Kawar

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Danau Lau Kawar semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Lau Kawar adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Danau Lau Kawar bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Danau Lau Kawar.

Galeri foto Danau Lau Kawar di Tanah Karo

Danau Lau Kawar di Tanah KaroSuasana laut berkabut di pagi hariMenikmati keindahan danauSpot foto di pinggir danaupengunjungTempat foto terbaikpilihan akomodasi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button