Tempat Wisata

Danau Pauh: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pesona keindahan alam Provinsi Jambi sangat mempesona dan berpotensi menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Terletak di pulau Sumatera, provinsi ini tidak hanya membanggakan sederet pantai eksotis, tetapi juga beberapa danau, bangunan bersejarah, kuliner lezat, dan berbagai danau yang mempesona seperti Danau Pauh.

Danau Pauh sebenarnya cukup dikenal masyarakat Jambi dan sekitarnya. Pemandangan danau alami, air biru jernih dan Gunung Masurai yang mengesankan adalah daya tarik utama danau ini. Tak heran jika tempat wisata ini sering dikunjungi oleh para traveller dan turis yang suka mencari pemandangan indah untuk difoto.

Danau Pau

Secara administratif, Danau Pauh terletak di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Untuk melihat keindahan danau tersebut, wisatawan perlu menempuh perjalanan setidaknya tiga jam dari Bangko, ibu kota Kabupaten Merangin. Namun jika Anda datang dari Kota Jambi, perjalanannya akan memakan waktu lebih lama lagi, sekitar 8 jam lebih.

Untuk menuju Danau Pauh, pengunjung dapat menggunakan kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Namun masih belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan wisatawan ke tempat wisata. Ada beberapa jalur yang bisa dipilih wisatawan dan sebagian besar jalannya beraspal dengan baik, namun seringkali Anda bisa menemukan jalan berliku yang cukup ekstrim.

Pesona Danau Pauh

Danau Pauh merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik jutaan tahun yang lalu. Danau ini memiliki luas hingga 30 hektar dan kedalaman hingga 20 meter. Berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl, udara di sekitar danau cukup dingin khas dataran tinggi.

Di sekitar danau, wisatawan disuguhkan dengan tanaman hijau yang mengelilingi sebagian besar kawasan danau Pauh. Terdapat berbagai jenis flora dan fauna dan nyatanya kawasan ini masih merupakan bagian dari hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat. Keberadaan flora dan fauna turut memberikan kesan kelestarian dan kealamian serta memperindah panorama danau.

Danau Pau

Air di Danau Pauh sangat jernih, namun juga dingin. Berkat kejernihan airnya, wisatawan bahkan bisa melihat ikan dan tumbuhan yang hidup di danau. Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung danau disuguhi fenomena menarik berupa pantulan Gunung Masurai yang tampak di cermin.

Udara di sekitar danau sangat sejuk dan segar, bebas dari segala polusi. Namun karena udaranya yang dingin, disarankan bagi wisatawan untuk membawa jaket atau baju hangat. Pesona Telaga Pauh memang sangat mempesona, hamparan air telaga yang membiru bak samudra luas, serta hijaunya pepohonan dan Gunung Masurai merupakan keseluruhan fenomena yang akan memuaskan pandangan wisatawan.

Mengunjungi Danau Pauh memungkinkan wisatawan untuk leluasa menikmati pemandangan dan menjelajahi setiap sudut danau. Jika ingin sensasi berbeda, wisatawan juga bisa menaiki getek-getek bambu dan menuju ke tengah danau. Saat berada di tengah danau, Anda bisa melihat keagungan Gunung Masurai dari jauh.

Usai menjelajahi danau, wisatawan juga bisa mengunjungi perkebunan yang tak jauh dari danau. Masyarakat sekitar sangat bergantung pada berkebun untuk mata pencaharian mereka. Ada berbagai perkebunan seperti kopi, kentang, cabai, sayuran, kayu manis dan banyak lagi. Selain itu, luasnya persawahan juga menjadi pemandangan yang memanjakan mata para wisatawan.

Fasilitas Danau Pauh

Fasilitas yang ditawarkan di Danau Pauh cukup lengkap dan memadai. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan fasilitas seperti toilet umum, tempat sampah, tempat parkir yang luas, toilet, serta beberapa masjid dan mushola di sekitar danau. Sebagian besar fasilitas ini juga cukup terawat untuk memastikan kenyamanan saat berlayar di danau.

Selain itu, akses ke Danau Pauh juga sudah diperbaiki dan beberapa di antaranya masih terus diperluas dan diperbaiki. Kondisi jalan beraspal yang baik merupakan faktor penting untuk menarik wisatawan berkunjung. Namun sayangnya, masih belum ada angkutan umum yang bisa membawa wisatawan ke danau tersebut.

Baca juga: Telaga Biru Muara Tembesi, fenomena telaga indah di Batanghari

Selain itu di sekitar danau wisatawan dapat dengan mudah menjumpai warung dengan aneka makanan dan minuman. Selain itu, pondok terapung sederhana juga tersedia untuk wisatawan, di mana mereka dapat bersantai dan menikmati pemandangan danau. Selain itu, terdapat getek bambu yang bisa digunakan pengunjung untuk menuju ke tengah danau. Bahkan saat ini ada perahu yang membawa wisatawan berkeliling danau.

Mengunjungi Danau Pauh menjadi alternatif yang cukup menarik ketika berada di Jambi. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di danau.

Menikmati keindahan danau

Danau Pauh menawarkan panorama alam yang sungguh luar biasa. Anda akan melihat di depan Anda sebuah danau dengan air biru dan sangat jernih. Jika Anda berkunjung ke danau ini, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Masurai yang terlihat mengesankan dari jauh. Selain itu, fenomena bayangan Gunung Masurai juga menjadi daya tarik yang akan membuat Anda terkagum-kagum.

Tempat wisata di Kabupaten Merangin ini sangat cocok untuk bersantai. Selain itu, Anda akan disuguhi udara segar dan pepohonan hijau yang memanjakan mata. Air danaunya tenang dan tanpa ombak, membawa kedamaian dan ketenangan jiwa. Danau ini sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan stres di kepala Anda.

berkemah

Danau Pauh juga merupakan tempat populer bagi pecinta alam yang suka berkemah. Ada beberapa area luas di tepi danau yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Namun, jika ingin berkemah di danau, Anda perlu membawa tenda sendiri karena masih sedikit persewaan tenda di sekitar danau.

Tentu saja berkemah di Danau Pauh menawarkan pengalaman tersendiri yang mungkin tidak akan pernah Anda lupakan seumur hidup. Di malam yang dingin, Anda bisa membuat api unggun dan menikmati waktu bersama kerabat dan teman dekat di tepi danau yang indah. Secangkir kopi hangat akan menambah indahnya malam.

berburu foto

Jika Anda senang memotret pemandangan alam, Danau Pauh bisa Anda jadikan sebagai destinasi hunting foto. Di sini Anda akan disuguhi berbagai objek dan fenomena menarik yang bisa Anda potret dengan kamera. Anda juga bisa mengambil foto dari tengah danau dengan menaiki getek di tepi danau. Apalagi jika Anda memiliki drone, Anda dapat mengambil gambar yang bagus dari udara.

Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk wisatawan yang suka memposting foto di media sosial. Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang Gunung Masurai atau hamparan danau yang luas dengan air berwarna biru. Jika Anda ingin melakukan foto prewedding, tempat wisata ini juga bisa menjadi pilihan menarik untuk pemotretan prewedding.

Biaya masuk ke Danau Pauh

Wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang untuk masuk ke tempat wisata Danau Pauh. Biaya ini belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Baca juga:

Peta Danau Pauh

Tips berwisata di Danau Pauh

  • Persiapkan kondisi fisik sebelum menuju danau karena kondisi jalan yang berliku dan tajam.
  • Berdoa dan tetap waspada saat Anda berjalan ke danau.
  • Bawalah pakaian hangat atau jaket karena udara di danau cukup dingin.
  • Berhati-hatilah saat berada di danau karena danau ini telah menyebabkan banyak korban tenggelam.
  • Selalu jaga kebersihan danau dan buang sampah pada tempatnya.
  • Berhati-hatilah untuk melestarikan danau dan jangan merusak apa pun di sekitar danau.

Galeri Foto Danau Pauh

Potret Danau PauhFasilitas spot foto di Danau PauhPotret udara Danau Pauh dan Danau Kecik

Tempatkan foto di atas bebatuanTempat foto terbaikBerkemah di Danau Pauh

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button