Tempat Wisata

Danau Sentani di Papua: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Papua menyimpan sejuta keindahan budaya dan alam yang menakjubkan. Hal ini dibuktikan dengan eksotisme Raja Ampat yang menyaingi Pulau Bali. Namun ternyata ada destinasi wisata menarik lainnya di sana yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Danau Sentani yang memiliki pesona tersendiri bagi pecinta alam.

Telaga ini memiliki pesona luar biasa yang dapat memanjakan mata. Tak heran jika tempat ini bisa ditambahkan ke daftar liburan Anda selanjutnya.

Lokasi Danau Sentani

Danau SentaniDanau Sentani Sumber: instagram.com/mavisuall

Danau cantik ini merupakan salah satu tempat wisata andalan di Papua, lebih tepatnya di Jayapura. Pemandangannya begitu mempesona dan tak terlupakan. Intinya, danau ini terletak di bawah lereng Cagar Alam Pegunungan Cyclops. Danau ini cukup luas, meliputi sekitar 245.000 hektar. Danau Sentani terbentang dari kota Jayapura hingga kabupaten Jayapura.

Pengunjung tidak hanya akan dihadapkan pada kecantikannya, tetapi juga akan terkagum-kagum dengan kecantikannya. Penduduk setempat mengadakan festival rutin setiap tanggal 19 Juni. Acara tersebut merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya. Selain itu, sebagai upaya menjaga keharmonisan hubungan antar warga.

Biaya masuk ke Danau Sentani

Tidak ada biaya masuk yang mahal ke objek wisata eksotis ini. Bahkan sangat murah dengan pemandangan yang indah. Tarif masuk ke danau ini hanya Rp 10.000 per orang.

Jam buka Danau Sentani

Mengenai waktu pengoperasian danau ini, sebenarnya cukup fleksibel. Pengunjung bisa datang kapan saja karena danau ini buka 24 jam.

Peta lokasi Danau Sentani

Fasilitas di Danau Sentani

Fasilitas di Danau SentaniDanau Sentani Sumber: instagram.com/celanapria_tarunajeans

Fasilitas di danau ini cukup memadai karena dikelola dengan baik. Selain itu, objek wisata ini merupakan salah satu yang paling banyak dikunjungi di Papua. Di sekitar tempat wisata ini terdapat beberapa toko oleh-oleh yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling. Anda juga bisa mencari penginapan di sekitar danau jika ingin berlama-lama di danau ini. Penduduknya juga ramah terhadap turis, jadi pasti betah.

Tempat menarik di Danau Sentani

Tempat menarik di Danau SentaniDanau Sentani Sumber: instagram.com/nikowerner

Siapapun yang merencanakan liburan di danau ini tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan. Tidak hanya pemandangannya yang indah, festival ini juga menarik untuk diikuti. Berikut beberapa spot foto menarik di sekitar danau ini.

1. Nusantara

Di tempat wisata ini, pengunjung akan menemukan gugusan 22 pulau. Dari pulau-pulau besar dan kecil, semuanya seolah menawarkan pemandangan eksotis. Setiap pulau tentunya memiliki daya tarik tersendiri, sehingga tidak membosankan.

2. Berbagai jenis biota

Tidak hanya bentang alamnya yang indah, danau ini juga memiliki keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Diantaranya adalah kangkung, wewejan, rumput pita, peperetan, kangkung, jukut, keladi air, rumput ikan, bakoan, eceng gondok, lumut air, teratai, ganggang biru-hijau dan sebagainya.

Selain itu, berbagai spesies ikan membuat danau ini semakin mempesona. Tak heran jika Anda akan betah berlama-lama di danau ini.

3. Bukit Teletubbies

Spot foto yang wajib dilihat selanjutnya adalah pesona Bukit Teletubbies. Cukup banyak pengunjung yang menjadikannya spot Instagrammable. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk mengunggah foto mereka ke media sosial.

Aktivitas menarik di Danau Sentani

Aktivitas menarik di Danau SentaniDanau Sentani Sumber: instagram.com/henniohee

Di danau ini pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas menarik. Karena itu, Anda tidak akan bosan melakukan aktivitas yang sama di danau ini.

1. Jelajahi danau

Danau ini termasuk badan air yang menjadi rumah bagi banyak spesies ikan air tawar. Tak heran jika banyak pengunjung yang ingin pergi. Wisatawan akan terkagum-kagum dengan berbagai spesies endemik di sana. Kegiatan ini mudah dilakukan dan tentunya menyenangkan.

Untuk menjelajahi pusat lebih baik menyewa perahu yang disewakan di tepi danau. Harga sewa yang cukup terjangkau membuat penjelajahan di tempat ini semakin menyenangkan.

2. Berenang

Rasanya tidak lengkap tanpa berenang di danau terbesar di provinsi Papua ini. Air danaunya cukup segar untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Kegiatan ini sangat cocok bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak dari aktivitas rutinnya. Namun, sebaiknya jangan berenang terlalu dalam, karena kedalamannya mencapai 52 meter.

3. Siapkan makanan Papua

Kegiatan ini unik dan bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Seperti diketahui, sagu sebagai sumber karbohidrat merupakan makanan pokok suku Papua. Makanan yang terbuat dari sagu ini adalah papeda dan pengunjung bisa mencicipinya. Anda bisa menyaksikan dan mencoba proses pembuatan sagu oleh masyarakat setempat.

4. Memancing

Kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke danau ini adalah memancing. Dengan puluhan spesies ikan, memancing menjadi suatu kesenangan. Momen ini tak akan terlupakan karena Anda bisa menemukan spesies endemik yang hanya ada di sana. Misalnya saat mancing hiu gergaji dan ikan badut unik.

Itinerary ke Danau Sentani

Pada dasarnya, jalan menuju danau eksotis ini sangatlah mudah. Anda bisa memilih akses jalan dari Jakarta menuju Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura. Lama perjalanannya sekitar delapan jam, tapi bisa juga tergantung titik transit yang dipilih.

Begitu Anda sudah sampai di Bandara Sentani, ada baiknya Anda menyewa kendaraan roda 4 agar lebih leluasa dalam perjalanan. Biasanya di bandara ada perusahaan persewaan mobil ke objek wisata ini. Pilihan lainnya adalah menggunakan angkutan umum di sekitar pintu masuk bandara. Mengingat jarak antara Bandara Sentani dan Danau Sentani cukup kecil, maka perjalanan hanya memakan waktu 10 menit.

Gambar dan foto Danau Sentani di Papua

Danau Sentai dengan banyak pulau kecil di dalamnyaPerbukitan di tepi Danau SentaniKeindahan Danau SentaniSpot foto di Danau SentaniMenikmati keindahan Danau SentaniMatahari terbenam di Danau Sentani

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button