Tempat Wisata

Danau Sentarum di Kalimantan Barat: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kalimantan Barat merupakan provinsi yang kaya akan tempat wisata. Terdapat berbagai wisata di Kalimantan Barat mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya hingga wisata sejarah.

Salah satu wisata yang menarik perhatian wisatawan adalah wisata alam di kawasan taman nasional. Ada beberapa taman nasional di Kalimantan Barat, termasuk Taman Nasional Danau-Sentarum.

Sekilas tentang Danau Sentarum

Danau TengahSumber Danau Sentarum : instagram.com/bundany_

Danau Sentarum merupakan salah satu kawasan wisata yang tergolong taman nasional. Karena di Danau Sentarum terdapat cagar alam berupa flora dan fauna yang sangat beragam.

Dipastikan danau ini dapat terisi air dalam waktu 10 bulan dan akan surut dan membentuk genangan-genangan kecil dalam waktu 2 bulan tersisa. Itu sebabnya Danau Sentarum sering disebut sebagai danau musiman.

Danau Sentarum merupakan salah satu danau yang dilalui aliran Sungai Kapuas. Saat musim kemarau, Danau Sentarum akan menutupi setengah dari Sungai Kapuas.

Meski merupakan danau musiman, namun terdapat beragam spesies ikan di perairan Danau Sentarum. Saat permukaan air tinggi, ikan berenang bebas di Danau Sentarum. Saat air surut, ikan hidup di kolam-kolam kecil.

Selain daya tarik air danau yang tenang dan jernih, Danau Sentarum memiliki daya tarik lain yaitu adanya berbagai jenis flora dan fauna. Ada juga wisata budaya suku dayak dan melayu.

Karena daya tariknya yang beragam, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi danau yang berbentuk taman nasional ini. Tentu saja Danau Sentarum menawarkan pemandangan yang tidak ditemukan di tempat lain.

Lokasi Danau Sentarum

Danau Sentarum terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau ini merupakan taman nasional dan menjadi rumah bagi flora dan fauna khas Kalimantan Barat.

Biaya masuk ke Danau Sentarum

Biaya masuk ke Danau SentarumSumber Danau Sentarum : instagram.com/bundany_

  1. Biaya masuk: Rp 25.000

(Diperbarui April 2023)

Jam operasional Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WITA.

Peta Danau Sentarum

Fasilitas di Danau Sentarum

Fasilitas di Danau SentarumSumber Danau Sentarum : instagram.com/gustamansyah

Danau Sentarum adalah taman nasional yang membentang di pulau Kalimantan. Taman nasional ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan di sepanjang jalur panjang yang dilintasi Sungai Kapuas.

Dari aliran sungai tersebut timbul berbagai kehidupan yang sangat berharga dan menjadi jantung dunia. Hal ini menjadikan Taman Nasional Danau Sentarum sebagai salah satu situs Ramsar.

Situs Ramsar adalah perjanjian internasional untuk perlindungan alam. Luas Danau Sentarum sekitar 132.000 ha.

Dengan luas sebesar itu, lokasi Taman Nasional Danau-Sentarum meliputi tujuh kecamatan. Ketujuh kecamatan tersebut adalah Selimbau, Batang Lupar, Jongkong, Badau, Suhaid, Semitau dan Bunut Hilir.

Selain berbagai keindahan dan fasilitas yang bisa dirasakan, Danau Sentarum juga menawarkan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan para wisatawan.

Fasilitas di Danau Sentarum antara lain: Guest house, tempat selfie, shelterperjalanan jalurtoilet umum, dermaga dan perahu wisata badong.

Spot foto menarik di Danau Sentarum

Spot foto menarik di Danau SentarumDanau Sentarum Sumber: instagram.com/erlinn____

Danau Sentarum merupakan sebuah danau yang dikelilingi oleh hutan dengan berbagai tumbuhan dan pepohonan yang indah. Wisatawan bisa langsung berfoto dengannya latar belakang pohon-pohon ini.

Selain pepohonan, Danau Sentarum juga kaya akan satwa unik dan langka. Berfoto bersama kami latar belakang Hewan-hewan di sekitar danau tersebut tentunya sangat menarik dan lucu.

Selain kedua objek wisata di atas, Danau Sentarum juga dihuni oleh dua suku yaitu suku Dayak dan suku Melayu. Wisatawan dapat mengambil foto kegiatan budaya atau tradisi lokal saat melakukan acara atau upacara.

Hotel atau akomodasi di dekat Danau Sentarum

Untuk menginap di Danau Sentarum, wisatawan bisa menginap di sana tamu rumah sekitar lokasi taman nasional ini. Berbagai kemudahan ditawarkan tamu rumah Hal ini membuat wisatawan merasa nyaman.

Itinerary ke Danau Sentarum

Ada dua jalur yang mengarah ke Taman Nasional Danau-Sentarum. Dua jalur tersebut adalah melalui Jalur Darat Kota Pontianak dan melalui Jalur Udara Kota Pontianak.

Di jalur darat pertama, wisatawan bisa naik bus dari Pontianak ke Sintang lalu ke Semitau, tiba di Nanga Suhaidi atau Jongkong. Lanjutkan mencarter atau menggunakan perahu speedboat ke Danau Sentarum, waktu tempuh 18-20 jam.

Jalur darat ini juga bisa dilalui pada jalur Pontianak-Sintang-Semitau. Kemudian sewa perahu speedboat ke Danau Sentarum. Rute ini memakan waktu sekitar 11-14 jam

Jika menggunakan transportasi udara, wisatawan perlu naik pesawat dari Pontianak ke Putussibau dan selanjutnya terbang ke Nanga Suhaidi/Jongkong. Kemudian menyewa perahu atau speedboat menuju Danau Sentarum, perjalanan memakan waktu 8-10 jam.

Demikianlah artikel singkat tentang Danau Sentarum. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi liburan keluarga. Banyak keberuntungan!

Sekilas dan foto Danau Sentarum di Kalimantan

Telaga Sentarum penuh warnaSpot foto terbaik di Danau SentarumDanau Sentarum mengering saat kemarau panjangKeindahan hutan di sekitar Danau SentarumTuris mancanegara di Danau SentarumPemandangan Danau Sentarum dari atas

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button