Tempat Wisata

Danau Sidihoni Sumatera Utara: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Sumatera Utara dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Selain terkenal dengan Danau Toba, ada keunikan lain dari Danau Toba itu sendiri.

Selain pulau di atas Danau Toba yaitu Pulau Samosir, ada satu lagi danau di atas Pulau Samosir yang disebut Danau Sidihoni. Karena itulah, Danau Sidihoni disebut danau di atas danau.

Lokasi Danau Sidihoni

Danau SidihoniDanau Sidihoni Sumber: instagram.com/aialbar

Danau Sidihoni terletak di kabupaten Samosir provinsi Sumatera Utara, lebih tepatnya di desa Soapgan Nihuta di kabupaten Longgur Nihuta. Kendaraan pribadi diperlukan untuk mencapai lokasi ini karena transportasi umum tidak tersedia.

Telaga Sidihoni yang dalam bahasa Batak disebut Tao Sidihoni ini memiliki luas 5 ha.Meski tidak begitu luas, Telaga Sidihoni menawarkan keindahan alam berupa panorama danau yang indah dan deretan pohon pinus.

Telaga Sidihoni cocok bagi pecinta wisata alam yang tenang. Karena danau ini sepi dan jauh dari pemukiman penduduk, tidak ada kebisingan yang mengganggu.

Biaya masuk ke Danau Sidihoni

Untuk menikmati keindahan danau dan suasana khas desa Danau Sidihoni, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang.

Peta lokasi Danau Sidihoni

Itinerary ke Danau Sidihoni

Tamasya ke Danau Sidihoni dapat dilakukan melalui dua rencana perjalanan. Rute bisa disesuaikan tergantung asal pengunjung.

Rute yang bisa Anda gunakan pertama mengarah dari pelabuhan Parapet. Dari sini Anda akan berkendara ke pelabuhan Tomok di pulau Samosir. Setelah itu, lanjutkan perjalanan sekitar 38 km menuju Pangururan.

Setelah sampai di Pangururan, jarak menuju Danau Sigihoni cukup singkat hanya sekitar 8 km. Namun begitu sampai di tempat ini, ikuti saja petunjuk arah yang mengarah ke Danau Sidihoni

Jalur kedua yang bisa ditempuh adalah mengitari tepian Danau Toba menuju Harian dan melalui kawasan Singkam menuju Pangururan. Kemudian ikuti saja petunjuk arah menuju Danau Sidihoni.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Sidihoni

Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau SidihoniDanau Sidihoni Sumber: instagram.com/travellingsumut

Dengan tur berpemandu, pengunjung tentunya berharap berbagai hal dapat dilakukan di tempat ini. Lalu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Danau Sidihoni? Berikut penjelasannya.

1. Berkemah

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan adalah berkemah. Saat ini, berkemah menjadi hobi favorit bagi sebagian orang. Karena saat camping banyak pengalaman dan kesan yang bisa kamu bawa.

Lokasi Danau Sidihoni merupakan tempat yang ideal untuk berkemah. Pasalnya, masih banyak area perbukitan yang mengelilingi danau sehingga memungkinkan pengunjung untuk mendirikan tenda di lokasi tersebut.

2. Jalan-jalan

Bagi pengunjung yang hanya ingin jalan-jalan santai, Telaga Sidihini juga menjadi pilihan yang cocok. Karena lokasinya sangat indah dan tenang, jalan-jalan akan semakin tak terlupakan.

3. Menikmati senja

Selain kegiatan di atas, Anda juga bisa menikmati sunset di Danau Sidihoni. Jika pengunjung ingin menikmati sunset, mereka harus datang pada sore hari.

Senja di Danau Sidihoni sangat indah dan terlihat jelas. Oleh karena itu, sangat cocok dinikmati saat Anda berkunjung bersama keluarga, pasangan, atau sahabat.

foto ke-4

Dengan keindahan alam khas bentang alamnya, Danau Sidihoni juga cocok dijadikan spot foto. Banyak juga fotografer yang menggunakan Telaga Sidihoni sebagai lokasi foto.

Fakta dan mitos tentang Danau Sidihoni

Fakta dan mitos tentang Danau SidihoniDanau Sidihoni Sumber: instagram.com/samosirta

Untuk lebih mengenal Danau Sidihoni, perlu diketahui fakta dan mitos yang dipercaya masyarakat setempat tentang Danau Sidihoni. apa pun? Simak penjelasannya di bawah ini.

Danau pertama di tepi danau

Keunikan danau ini terletak pada namanya sebagai danau di tepi danau. Penunjukan ini bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan letak Danau Sidihoni berada di atas Pulau Samosir sedangkan Pulau Samosir sendiri berada di atas Danau Toba.

2. Bekas kawasan hutan dan rawa

Sebelum menjadi danau indah seperti sekarang ini, Danau Sidohini konon merupakan kawasan hutan dan rawa. Namun, karena pohon-pohon di dalamnya ditebang, daerah itu akhirnya runtuh.

Bekas longsoran akhirnya menjadi cekungan yang lama kelamaan terisi air hujan. Ini menghasilkan sebuah danau yang sekarang dikenal sebagai Danau Sidohini.

3. Sudah tiga kali mengalami kekeringan

Meski Telaga Sidohini memiliki dasar telaga yang cukup dalam, kenyataannya telaga ini juga pernah mengalami kekeringan. Sejauh ini, danau ini sudah tiga kali mengalami kekeringan.

4. Genangan air yang indah

Dilihat dari jauh, Danau Sidohini tampak seperti kubangan biasa. Namun jika diperhatikan dengan seksama, kubangan tersebut menyimpan keindahan dan keunikan yang luar biasa.

5. Menjadi sumber kehidupan bagi penduduk setempat

Keberadaan Danau Sidohini sendiri merupakan anugerah bagi warga setempat. Pasalnya, air di danau ini menjadi sumber kehidupan masyarakat Pulau Samosir, terutama saat Samosir dilanda kekeringan.

Air di Telaga Sidohini ini biasa digunakan warga setempat untuk memasak, mencuci, dan berbagai keperluan lainnya. Jadi ternyata danau ini tidak hanya menjadi tempat wisata saja, tapi juga berperan penting dalam kehidupan warga sekitar.

Demikian pembahasan tentang Danau Sidihoni. Kami berharap melalui artikel ini, pembaca dapat lebih mengenal Danau Sidihoni dan menjadi referensi sebelum berkunjung ke sana.

Gambar dan foto Danau Sidihoni di Samosir

Danau SidihoniTelaga kecil SidihoniSpot foto di pinggir Danau SidihoniTaman bermain di Danau SidihoniPerbukitan di Danau SidihoniAkses jalan menuju Danau Sidihoni

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button