Tempat Wisata

Danau Situ Gede – Harga tiket, lokasi, dan spot terkini 2023

Danau Situ Gede atau biasa disebut Danau Situ Ageng oleh masyarakat setempat. Danau kecil ini memiliki luas 6 hektar dan memiliki kedalaman air hingga 6 meter. Wisata Danau Situ Gede merupakan tempat wisata terdekat dengan pusat kota Bogor. Bagi Anda yang tinggal di kota Bogor, wisata ini cocok untuk Anda yang tidak ingin bepergian jauh.

Danau Situ Gede dulunya digunakan sebagai tujuan wisata dan penampungan air. Digunakan untuk mengairi persawahan di sekitar danau yang meliputi kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang dan Cibeureum.

Daftar tempat wisata di Bogor

Di danau juga terdapat pulau kecil di tengahnya dan juga terdapat makam Eyang Prabudilaya. Inilah sosok penguasa legendaris bagi masyarakat Taskmalaya.

Danau Situ Gede berhawa sejuk karena letaknya di tepi hutan dermaga. Ini adalah hutan penelitian yang dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hutan Kementerian Kehutanan.

Saat berkunjung ke danau ini, Anda bisa menikmati sejuknya udara laut dari atas perahu. Memancing dan berjalan-jalan di sekitar danau yang dikelilingi oleh hutan lebat. Dengan demikian, wisata ini cocok sebagai wisata keluarga di Bogor yang wajib Anda kunjungi.

Baca Juga: Daftar 23 Tempat Wisata Terindah di Bogor dan Sekitarnya

Alamat/lokasi Danau Situ Gede

Lokasi danau di sana sangat bagusFoto:

Danau Situ Gede terletak di Jl. Cihole Malang No.37, Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat 16115, Indonesia. Keberadaan Danau Situ Gede terbilang mudah ditemukan meski belum pernah ke sini.

Wisata alam ini berlangsung sangat dekat dengan Alun-Alun Kota Garut yang hanya berjarak sekitar 5,1 km. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jalur darat.

Koneksi ke jalan utama tentunya cukup baik dan dapat dilalui oleh semua kendaraan. Baik kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau mobil hingga bus pariwisata.

Ternyata, jika ingin berlibur ke sini, tidak akan menemui kesulitan yang berarti. Jika bingung, Anda masih bisa bertanya kepada penduduk setempat. Karena danau ini cukup populer, hampir semua orang di sekitar Cibeureum mengetahui lokasinya.

Anda juga dapat mengunjungi lokasi ini menggunakan peta melalui peta navigasi di bawah ini. Petunjuk jitu bisa menjadi panduan Anda agar tidak kesulitan dalam perjalanan menuju Danau Gede.



Rute menuju Danau Situ Gede

Jalan menuju danau itu besarFoto:

Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum sebagai sarana transportasi menuju Danau Situ Gede, Anda bisa naik angkot 3 yang berangkat dari Terminal Baranangsiang menuju Baranangsiang – Bubulaak. Setelah sampai di Bubulauk, lanjutkan perjalanan dengan angkutan umum 15. Rutenya lewat Situ Gede Bogor atau bisa juga naik ojek.

Dan bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi menuju tempat wisata ini bisa mengikuti guide. Dengan peta dengan koordinat yang tertulis di bagian sebelumnya.

Biaya masuk ke Danau Situ Gede

Harga tiket untuk memasuki danau ini tinggiFoto:

Biaya masuk untuk memasuki danau ini cukup tinggi yaitu Rp 4000 dan Rp 2000 untuk anak-anak. Ditambah biaya parkir bagi Anda yang tiba dengan kendaraan pribadi. Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 2.500 untuk roda empat.

Danau Situ Gede adalah salah satu wisata murah di Bogor. Dan bisa dan akan menjadi alternatif liburan low budget. Bahkan, dalam beberapa kasus, wisata Danau Situ Gede tidak memungut biaya sama sekali untuk tiket masuk atau gratis.

Sangat menarik, bukan? Berbagai pemandangan menarik dapat dinikmati tanpa harus membayar terlalu mahal. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengisi liburan Anda. Danau Gede, misalnya, tidak akan membuat dompet Anda jebol.

Tunggu apa lagi, karena tidak perlu banyak uang untuk bersenang-senang di Situ Gede.

jam buka

Jam buka Danau Situ GedeFoto:

Sebelum menjelajahi keindahan Situ Gede, ada baiknya mengetahui waktu-waktu wisata yang berlaku. Dan anda bisa berlibur disini kapan saja, karena di danau ini tidak ada jam buka khusus untuk wisatawan.

Danau Situ Gede buka 24 jam sehari dan terbuka untuk umum setiap saat. Jadi anda bisa datang kesini sesuka anda dan membawa teman, sahabat, keluarga atau pasangan tercinta anda.

Pagi dan sore hari adalah waktu yang paling disukai pengunjung untuk penyembuhan yang lebih bermakna di Situ Gede. Jika Anda datang pada siang hari tidak masalah.

Namun, siang hari terkadang cukup terik saat matahari menyinari kawasan wisata Danau Situ Gede. Jadi ada baiknya membawa payung, topi, atau pelindung kepala lainnya.

Satu hal yang pasti, agar liburan di Danau Situ Gede bisa lebih maksimal. Jadi datanglah saat hari benar-benar cerah dan cuaca sangat mendukung.

Tentu saja, karena berada di luar ruangan, tidak disarankan untuk datang ke sini saat hujan. Meski gelap, Anda harus datang ke sini karena panorama alamnya pasti tidak terlihat.

Fasilitas Danau Situ Gede

Fasilitas laut di sana luar biasaFoto:

Danau Situ Gede termasuk dalam rangkaian wisata alam yang populer di Bogor dan bisa menjadi tujuan pilihan Anda untuk perjalanan selanjutnya. Selain pemandangan alam yang indah, dukungan infrastruktur juga menjadi daya tarik tersendiri.

Fasilitas Danau Situ Gede antara lain :

  • area parkir
  • Pusat Informasi
  • tempat peristirahatan umum
  • Sarana air bersih
  • paviliun
  • taman
  • toko wisata
  • masjid
  • tempat perkemahan
  • Spot foto yang menarik

Banyak orang yang memilih Danau Situ Gede sebagai alternatif untuk membuat waktu luangnya lebih berwarna. Biasanya pengunjung datang untuk bersantai, duduk di tepi danau, memancing, dan lainnya.

Di sini pun udara sejuk menemani setiap aktivitas para wisatawan. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang betah di sini, meski harus berlama-lama di sini.

Tempat terbaik di Danau Situ Gede

Kursi terbaik di danau itu besarFoto:

Destinasi Danau Situ Gede merupakan kawasan wisata yang menampilkan keindahan panorama alam yang mempesona. Dengan dekorasi hutan alam tepat di pinggirnya yang membuat pemandangan di sini semakin mengesankan

Anda harus menggunakan kecantikan yang indah sebagai latar belakang saat berfoto selfie. Dengan latar belakang Danau Situ Gede seluas 47 hektar, foto dan video Anda akan lebih teatrikal.

Tentu saja, ketika berbicara tentang tempat terbaik di Danau Situ Gede, danau itu sendiri juga penting. Namun masih ada deretan pohon pinus dan juga pulau kecil bernama Floating Island yang bisa kamu abadikan lewat selfie.

Rekam semua keseruan dan hal menarik yang terjadi saat Anda berwisata bersama orang tersayang di Situ Gede. Jika Anda jalan-jalan, jangan lupa membawa kamera untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Galeri Danau Situ Gede

Informasi tempat wisata lainnya

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button