Tempat Wisata

Danau Situ Gunung: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki sejuta pesona lebih. Danau Situ Gunung mungkin tidak terlalu populer dibandingkan dengan tempat wisata lain di kota ini. Padahal, tersimpan keindahan pemandangan alam di dalamnya yang tak kalah menakjubkan. Anda juga bisa menemukan spot foto unik hingga Instagrammable.

Danau ini memiliki satu spot foto yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Jembatan Situ Gunung. Menariknya, jembatan ini merupakan jembatan gantung terpanjang di tengah hutan di Asia Tenggara.

Lokasi di Danau Situ Gunung

Situs Danau GunungDanau Situ Gunung Sumber: instagram.com/mutiaraimelda

Danau eksotis ini terletak di Taman Wisata Alam Situ Gunung, Kadudampit, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Tempat ini cukup mudah dijangkau dari pusat kota Sukabumi.

Biaya masuk ke Danau Situ Gunung

Pada dasarnya harga tiket yang ditawarkan untuk berwisata ke tempat ini sangat bervariasi dan setiap wahana memiliki biayanya masing-masing, berikut keterangannya:

  • Biaya masuk: Rp 18.000
  • Biaya mengunjungi jembatan gantung untuk dewasa: Rp 50.000
  • Biaya mengunjungi Children’s Suspension Bridge: Rp 20.000
  • Biaya Sampan Boat: Rp 20.000
  • Biaya flying fox: Rp 75.000
  • Biaya berkemah: Rp32.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Danau Situ Gunung

Tak perlu khawatir, Anda memiliki keleluasaan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Pasalnya, Danau Situ Gunung buka setiap hari selama seminggu penuh. Pengunjung juga bisa datang kapan saja karena tempat ini buka 24 jam.

Peta situs Danau Situ Gunung

Fasilitas Danau Situ Gunung

Fasilitas Danau Situ GunungDanau Situ Gunung Sumber: instagram.com/citraalam.id

Sebagai salah satu destinasi wisata potensial di Sukabumi, tempat wisata ini semakin tertata dan tertata dengan baik. Di sekitar danau, pengunjung dapat dengan mudah menemukan toilet yang bersih. Begitu pula dengan tempat ibadah yang kondisinya masih sangat baik.

Selain perlengkapan standar, ada juga tenda yang bisa disewa untuk berkemah. Pengunjung juga bisa menyewa kano jika ingin lebih mengeksplorasi danau ini.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati antara lain berbagai jenis permainan. Misalnya flying fox, high ropes course dan river tubing yang sayang jika tidak dicoba.

Spot foto menarik di Danau Situ Gunung

Spot foto menarik di Danau Situ GunungDanau Situ Gunung Sumber: instagram.com/widyameldev

Salah satu destinasi wisata menarik di Sukabumi ini menawarkan banyak spot foto yang bisa Anda temukan sebagai berikut.

1. Suasana di sekitar danau

Setibanya di tempat ini, pengunjung langsung disambut dengan kicauan burung yang merdu. Suasana di danau dan sekitarnya begitu asri karena dikelilingi perbukitan dan pepohonan pinus yang rindang. Suasananya terlihat begitu asri, tenang dan sejuk.

Pantulan pertama yang terpantul di permukaan air begitu memanjakan mata yang mengamati. Tak heran air danau ini berhasil membuat pikiran lebih segar dan tenang.

2. Air Terjun Cimanaracun

Tak jauh dari Danau Situ Gunung, Anda akan menjumpai dua air terjun cantik yakni Curug Cimanaraacun dan Curug Sawer. Curug Sawer umumnya lebih dikenal karena letaknya tidak jauh dari bumi perkemahan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Selain itu, airnya terlihat sangat jernih tetapi juga sangat dingin.

3. Momen matahari terbit dan terbenam

Keindahan Danau Situ Gunung sudah tidak diragukan lagi. Banyak yang memilih berswafoto dengan latar belakang hutan pinus. Selain itu, sunrise dan sunset menjadi momen estetik yang tidak boleh dilupakan.

Akomodasi dekat Danau Situ Gunung

Bagi yang ingin menikmati liburan lebih lama di danau ini, hal ini tidak menjadi masalah. Manajer memiliki vila yang tersedia untuk disewa di dekat danau. Harga sewanya pun bervariasi tergantung peralatan yang digunakan.

Bagi yang tidak ingin menginap di tenda, biasanya dipilih akomodasi berupa villa. Tak perlu khawatir, di sekitar vila juga terdapat tempat makan. Di sana, pengunjung dapat menikmati berbagai macam makanan dan minuman.

Itinerary ke Danau Situ Gunung

Pada prinsipnya danau ini dapat dilayari dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Pengunjung dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir utama destinasi wisata ini. Jarak danau dengan pusat kota Sukabumi hanya sekitar 16 kilometer. Waktu tempuh dari pusat kota menuju danau kurang lebih 40 menit dengan kendaraan pribadi.

Tips Wisata Danau Situ Gunung

Tips Wisata di Danau Situ GunungDanau Situ Gunung Sumber: instagram.com/aldi_bolshevik

Sebelum berwisata ke tempat eksotik ini, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan, dan itu adalah sebagai berikut.

  • Karena lokasinya di daerah pegunungan, sebaiknya membawa pakaian tebal dan jaket. Sehingga Anda akan tetap merasa hangat di tengah udara yang dingin.
  • Jangan lupa membawa payung dan jas hujan karena sering turun hujan di danau ini.
  • Jika ingin berkemah, jangan lupa untuk menyiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Ini karena perkemahan biasanya tidak menjual makanan dan minuman.
  • Bawa perlengkapan yang diperlukan untuk berkemah, mis. B. senter, korek api, kompas, obat nyamuk dan obat lintah.
  • Tidak disarankan membawa kendaraan pribadi karena valet parking tidak buka 24 jam.
  • Jika ingin memancing sebaiknya membawa alat tangkap dari rumah karena tempat yang disewakan masih arang.
  • Untuk mengabadikan momen, jangan lupa membawa kamera, tripod, dan lensa wide-angle. Terutama untuk memotret momen matahari terbenam dan matahari terbit yang mempesona di sekitar danau.
  • Sebaiknya jangan berkemah di danau ini saat liburan sekolah. Ini karena tempat perkemahan harus sudah penuh dipesan dan suasananya terlalu ramai.
  • Tidak disarankan untuk datang saat musim hujan, apalagi jika tujuan utamanya adalah untuk menuju curug atau air terjun. Kondisi jalan saat musim hujan cukup licin dan rawan tergelincir.
  • Disarankan berangkat pagi, misalnya jam 2 atau 4 pagi, untuk menghindari kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Bogor Sukabumi.
  • Lindungi setiap orang dan harta pribadinya dari kondisi yang tidak diinginkan.
  • Jaga kebersihan objek wisata dengan membuang sampah di sana.

Danau Situ Gunung bisa menjadi tujuan yang tepat bagi mereka yang berkunjung ke Sukabumi. Di sini Anda bisa menikmati berbagai pemandangan alam yang eksotis beserta fasilitasnya.

Gambar dan foto Danau Situ Gunung di Sukabumi

Danau Situ Gunung di SukabumiSpot foto di Danau Situ GunungLokasi Danau Gunung yang instagrammableKeindahan Danau Situ GunungTempat bersantai di Danau Situ GunungBerkemah di tepi Danau Situ Gunung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button