Tempat Wisata

Danau Situ Patenggang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat menentukan tempat berlibur, setiap orang pasti berbeda. Ada yang lebih memilih liburan ke pegunungan dan ada juga yang melakukannya santai, atau sekedar ingin berjalan-jalan di antara pepohonan pinus. Sedangkan jika ingin liburan romantis tapi tidak membosankan, yuk berwisata ke Danau Situ Patenggang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Danau Situ Patenggang adalah danau eksotis yang terkenal dengan romantisme karena Batu Cinta dan Pulau Cinta. Menurut kabar, nama Situ Patenggang merupakan gabungan dari dua kata. Situ artinya danau, Patenggang atau Patengan artinya saling mencari. Jika Anda ke tempat ini, Anda bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Fasilitas di Danau Situ Patenggang

Jika Anda memilih tempat ini, Anda tidak hanya akan menikmati pemandangan danau menyegarkan, banyak fasilitas lain yang menawarkan kenyamanan lebih bagi Anda. Beberapa di antaranya adalah penginapan di dekat tempat wisata bagi Anda yang ingin menginap, restoran, tempat parkir, toilet umum, dan toko suvenir.

Akomodasi terdekat dengan danau berada di luar gerbang masuk Kawah Putih Ciwidey. Penginapan ini adalah Emte Highland Hotel. Sementara itu, Anda menyadari bahwa itu sudah penuh dipesan (full). Tak perlu khawatir, ada juga hotel yang berjarak sekitar 2km dari lokasi danau. Hotel-hotel tersebut adalah Ciwidey Valley dan Albis Hotel Ciwidey.

Kegiatan di Danau Situ Patenggang

Pernahkah Anda berpikir mengapa Anda harus pergi berlibur ke danau yang hanya bisa Anda lihat? Jangan salah, Anda bisa menekuni hobi lama Anda seperti memancing, berperahu, merunduk air dan sepeda air keliling danau yang cocok untuk segala usia, atau bahkan berkemah.

Danau Situ Patenggang juga tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey yang hanya berjarak sekitar 10 menit. Sehingga anda bisa membuat paket untuk destinasi wisata Situ Patenggang dan Kawah Putih Ciwidey.

Legenda Danau Situ Patenggang

Penasaran kenapa bisa disebut danau romantis dan terkenal dengan batu cintanya? Tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui asal muasal nama ini. Konon bermula ketika Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang tumbuh bersama alam yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis saling jatuh cinta. Mereka sudah lama berpisah dan bertemu kembali di tempat yang kini disebut Batu Cinta.

Saat itu Dewi Rengganis meminta Ki Santang untuk membuatkan danau dan perahu agar bisa berlayar bersama Ki Santang. Dikatakan sebagai pulau berbentuk hati, perahu ini disebut Pulau Asmara atau Pulau Sasaka. Menurut mitos dan cerita masyarakat setempat, ketika sepasang kekasih singgah di Batu Cinta dan berkeliling pulau Asmara, mereka akan selalu menjadi cinta sejati seperti dalam kisah Dewi Rengganis dan Ki Santang. Kesampingkan mitos ini, siapapun yang menghabiskan waktu liburan bersama pasti akan saling mencintai ya, apalagi kalau ke Danau Situ Patenggang.

Alamat Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang terletak di wilayah Ciwidey pada ketinggian 1600 mdpl, sekitar 47 km sebelah selatan kota Bandung. Jika Anda melakukan perjalanan ke danau ini, perjalanan bisa memakan waktu sekitar 2 jam. Anda bisa menikmati pemandangan alam dan eksotisme danau yang memiliki luas sekitar 45.000 hektar dan cagar alam seluas 123.0777,15 hektar.

Di tengah jalan Anda akan menemukan pepohonan rindang serta kebun teh dan strawberry di kedua sisinya. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, untuk menghemat waktu, Anda bisa memilih jalur Kopo, lalu menuju Soreang dan menuju Ciwidey untuk mengikuti wisata keren ini.

Biaya masuk ke Danau Situ Patenggang

  • Biaya masuk reguler: Rp 25.000
  • Biaya masuk kanal: Rp 100.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Danau Situ Patenggang

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00

Tips Mengunjungi Danau Situ Patenggang

Agar semuanya berjalan sesuai rencana, kami memberikan tips sederhana saat Anda dan teman Anda berada di Danau Situ Patenggang.

Kawasan Danau Situ Patenggang merupakan kawasan yang berhawa dingin, terkadang berkabut. Disarankan untuk membawa pakaian hangat. Jika Anda ingin berkeliling danau dengan perahu, Anda harus bernegosiasi terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 15.000/orang. Namun, biasanya lebih murah semakin banyak penumpang.

Jika jarak rumah Anda dengan lokasi Situ Patenggang cukup jauh, perhatikan berapa jam perjalanan yang Anda tempuh agar tidak kepanasan jika ingin bermain wahana air seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Pesan kamar hotel Anda secara online jika Anda berencana menginap semalam. Biasanya pihak hotel memberikan diskon yang relatif besar. Kartu kredit dapat digunakan untuk pemesanan melalui Agoda, dan PegiPegi dapat digunakan untuk transfer bank Kata kunci.

Selamat berlibur, semoga kalian semakin saling mencintai setelah menghabiskan waktu bersama di tempat wisata yang romantis, Danau Situ Patenggang.

Galeri Foto Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang
berburu foto
Memancing di Danau Situ Patenggang
Keindahan Danau Situ Patenggang

Pilihan akomodasi terdekat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button