Tempat Wisata

Danau Tamiyang: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pandemi Covid-19 sebenarnya telah mengakibatkan ditutupnya beberapa tempat wisata. Danau Tamiyang adalah salah satu tujuan wisata yang pulih dari keterpurukan ini. Tempat wisata di Banjar, Kalimantan Selatan ini memiliki pesona yang tersembunyi. Tak heran banyak yang memasukkannya ke dalam daftar keinginan perjalanan mereka.

Telaga ini merupakan salah satu daya tarik kota Banjar. Perlahan tapi pasti tempat ini kembali mendapatkan banyak perhatian. Bagi yang ingin bersantai dari keseharian, memilih danau ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi Danau Tamiyang

Danau TamiyangDanau Tamiyang Sumber: instagram.com/mgiovaniap

Danau ini terletak di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Permukaan danaunya unik dan tidak seperti danau pada umumnya. Airnya berwarna biru dengan latar perbukitan. Tak heran jika pemandangan menjadi salah satu daya tarik utama danau ini.

Biaya masuk ke Danau Tamiyang

Sebagian besar tempat wisata memiliki harga tiket yang berbeda pada hari kerja dan akhir pekan. Hal ini berbeda dengan tempat wisata yang memiliki harga yang sama baik pada hari libur maupun hari biasa. Harga tiket tempat wisata ini adalah sebagai berikut:

  1. Biaya masuk: Rp 5.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Danau Tamiyang

Cukup banyak orang yang mencari tempat wisata dengan jam fleksibel. Jika Anda salah satu yang mencarinya maka danau ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak perlu khawatir, danau ini bisa dikunjungi kapan saja karena selalu buka 24 jam.

Peta lokasi Danau Tamiyang

Fasilitas di Danau Tamiyang

Fasilitas di Danau TamiyangDanau Tamiyang Sumber: instagram.com/lailanl50

Sebagai salah satu danau yang terkenal di Banjar, fasilitas yang ditawarkan cukup memadai. Di tempat ini terdapat gazebo-gazebo yang sangat nyaman untuk bersantai. Selain itu, pengunjung dapat dengan sempurna mengamati suasana alam sekitar dari menara observasi.

Bagi yang ingin mengelilingi danau, bebek air tersedia untuk disewa. Ada juga jembatan unik di sini yang dicat warna-warni. Pada dasarnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar memadukan dua konsep pariwisata di tempat ini. Di Danau Tamiyang, pengunjung dapat merasakan wisata alam dan buatan sekaligus.

Berbagai fasilitas standar mudah ditemukan untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Standar fasilitas yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Toilet

Seperti diketahui, fasilitas yang satu ini sebenarnya sangat penting dalam sebuah objek wisata. Toilet bersih mudah ditemukan di sini. Agar kondisi ini tetap terjaga, setiap pengunjung harus selalu memperhatikan kebersihan.

area parkir

Pengunjung yang ingin berkendara ke tempat ini dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. Pengelola Danau Tamiyang telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas. Pengunjung dapat memarkir kendaraan roda dua atau empat secara gratis.

tempat beribadah

Berkunjung ke tempat wisata alam bukan berarti ibadah menjadi sulit. Di tempat wisata ini pengunjung akan menemukan tempat ibadah yang nyaman. Dengan demikian, kewajiban beribadah dapat tetap terpenuhi dengan baik.

ruang ganti

Jika sudah puas bermain air di tempat ini, pengunjung bisa menuju ruang ganti. Apalagi bagi mereka yang bajunya basah karena terkena air laut.

Tempat makan

Tak perlu khawatir, pihak pengelola danau ini sudah menyediakan tempat makan bagi pengunjung. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika lupa membawa makanan atau minuman.

Atraksi di Danau Tamiyang

Atraksi di Danau TamiyangDanau Tamiyang Sumber: instagram.com/intan_yustikasari

Berada di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, danau ini memiliki pesona tersendiri. Bahwa penduduk dari berbagai daerah menjadikan tempat ini sebagai tujuan pilihan ketika momen liburan mendekat.

Di danau ini pengunjung tidak akan bosan karena terdapat berbagai jenis keistimewaan air. Setiap akhir pekan tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat wisata ini dipilih karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Sehingga warga yang ingin menikmati liburannya tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa berlibur. Tempatnya yang asri dan sejuk sangat cocok untuk perjalanan selanjutnya bersama keluarga.

Salah satu wahana yang paling populer adalah speedboat. Pengunjung bisa menjelajahi keindahan danau ini dengan kendaraan berkecepatan tinggi. Tak sedikit yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati nuansa menjelajah danau dengan speedboat.

Keindahan Danau Tamiyang

Kehadiran gazebo di sekitar danau membuat momen menikmati pemandangan semakin tak terlupakan. Banyak pengunjung yang merasa nyaman dan ingin kembali ke tempat ini. Salah satunya karena cukup banyak spot foto di sana. Tidak jarang jumlah spot foto terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pada dasarnya kemajuan pengelolaan objek wisata ini tidak terlepas dari peran pemerintah dan masyarakat. Keduanya merupakan elemen penting dalam mempromosikan ekonomi lokal dan pariwisata. Tak heran jika salah satu tempat wisata kota Banjar ini semakin terkenal.

Aktivitas menarik di Danau Tamiyang

Aktivitas menarik di Danau TamiyangDanau Tamiyang Sumber: instagram.com/anita_hj75

Berbeda dengan danau pada umumnya, Anda bisa menemukan banyak tempat wisata menarik di sini. Dari menjelajahi pedesaan sekitar hingga wahana yang mendebarkan. Ada jembatan untuk diseberangi sambil menikmati pemandangan yang indah.

Selain itu, pengalaman liburan di tempat ini akan semakin tak terlupakan jika Anda menyeberangi danau dengan speedboat. Area pendopo juga menjadi salah satu tempat yang paling diminati pengunjung. Bahkan, pengelola akan segera menambahkan wahana menarik di tempat ini. Sebentar lagi akan ada atraksi bermain di tepi danau di lokasi ini.

Tentunya ini akan menjadi daya tarik selanjutnya yang akan menarik wisatawan untuk melangkah lebih jauh.

Sekilas dan foto Danau Tamiyang di Banjar

Selamat datang di Danau TamiyangTaman bermain di Danau TamiyangNaik perahu di Danau TamiyangPemandangan Danau TamiyangDanau Tamiyang dari atasSpot foto terbaik di Danau Tamiyang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button