Tempat Wisata

Danau Tanralili di Sulawesi Selatan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Salah satu cara untuk menghilangkan penat adalah dengan berlibur. Apalagi di Indonesia banyak terdapat tempat wisata alam yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Danau Tanralili di Kabupaten Gowa, Sulawesi. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan danau tetapi juga keindahan alam pegunungan.

Suasana hijau alami di tempat ini mempesona setiap pengunjung. Pemandangan alam sekitar yang segar dan sejuk menawarkan istirahat dari pusingnya rutinitas yang ada. Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, yuk simak dulu ulasannya di bawah ini.

Lokasi Danau Tanralili

Danau TanralliDanau Tanralili Sumber: instagram.com/bung_rdhy

Danau eksotis di Sulawesi ini terletak di Desa Lengkese, Malino, Sulawesi Selatan. Danau ini memiliki daya tarik yang mempesona. Pada dasarnya danau ini terletak di kaki Gunung Bawakaraeng. Tak heran jika udaranya begitu sejuk dan Anda betah berlama-lama.

Biaya masuk ke Danau Tanralili

Pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang banyak untuk menikmati keindahan danau ini. Tidak jauh berbeda dengan wisata laut kebanyakan, harga tiketnya relatif murah. Pengelola mematok harga tiket tempat wisata ini sebesar Rp 5.000 (update Maret 2023), baik di hari biasa maupun akhir pekan.

Jam operasional Danau Tanralili

Setiap orang dapat mengunjungi danau yang indah ini dalam waktu yang fleksibel. Artinya, danau ini sebenarnya buka 24 jam sehari, sepanjang hari.

Peta lokasi Danau Tanralili

Jadwal perjalanan ke Danau Tanralili

Mencapai danau eksotis ini merupakan itinerary yang cukup sulit. Jika Anda berangkat dari kota Makassar, rute yang ditempuh sekitar 68 kilometer. Anda bisa menggunakan sepeda motor dengan waktu berkendara 2-3 jam.

Jika Anda pergi hiking, dibutuhkan waktu tiga jam untuk mendaki dari desa Lengkese. Pada dasarnya, perjalanan menuju danau ini melibatkan usaha. Saat Anda tiba di Danau Tanralili, semuanya akan terbayar dengan keindahannya.

Jika Anda menikmati pemandangan di danau ini, Anda tidak akan lagi merasakan medan yang berat. Sesampainya di sana, pengunjung langsung disambut dengan suara gemericik air yang keluar dari sungai. Suaranya begitu unik dan memberikan kedamaian. Ada sebuah lembah yang terdiri dari tebing-tebing tinggi yang ditanami pepohonan.

Tak heran bila perairan danau ini begitu memesona dari jauh. Setiap orang akan terpesona dengan keindahannya yang dapat menghilangkan penat.

Keindahan Danau Tanralili

Keindahan Danau TanraliliDanau Tanralili Sumber: instagram.com/_andicitra

Kunjungan ke danau ini sangat dianjurkan. Apalagi jika Anda kebetulan berada di Makassar. Danau ini menawarkan pemandangan yang tak terlupakan dan sayang jika tidak diabadikan. Danau ini dikelilingi pegunungan yang sejuk dan hijau. Pemandangannya menakjubkan, terutama dari ketinggian.

Salah satu alasannya adalah lokasinya yang berada di kaki Gunung Bawakaraeng. Tak heran jika danau ini sering disandingkan dengan Danau Ranu Kumbolo yang berada di Kawasan Pendakian Semeru.

Gunung Bawakaraeng sendiri memang sudah populer dengan eksotismenya. Keindahannya semakin memikat dengan kedekatannya dengan Danau Tanralili. Padahal, danau ini terbentuk dari longsoran Gunung Bawakaraeng.

Nama Tanralili sendiri sebenarnya berasal dari salah satu nama kerajaan di Sulawesi Selatan. Kerajaan itu dianggap tangguh di masa lalu. Tak heran namanya telah diabadikan sebagai objek wisata yang memukau.

Atraksi Danau Tanralili

Daya tarik utama Danau TanraliliDanau Tanralili Sumber: instagram.com/adyyy_t

Pada dasarnya keindahan wisata di Kabupaten Gowa memang tidak bisa dipungkiri. Apalagi sejak dibukanya Danau Tanralili sebagai objek wisata untuk masyarakat umum. Tidak hanya keindahan yang mempesona di sini, tetapi juga banyak atraksi lainnya.

Maka tak heran jika berkunjung ke Sulawesi Selatan terasa kurang jika tidak mengunjungi danau ini. Berlibur di danau menjadi kegiatan seru yang tak terlupakan. Jadi Sulawesi tidak hanya mengesankan karena pantai dan pegunungannya. Masih banyak lagi panorama yang bisa memanjakan mata.

Lalu apa saja daya tarik utama dari danau eksotik ini?

1. Dipasangkan dengan Ranu Kumbolo

Danau Tanralili sering dibandingkan dengan danau eksotis lainnya. Danau ini bahkan dijuluki Ranu Kumbolo Sulawesi Selatan. Danau yang terletak di desa Manimbahoi ini sebenarnya sangat populer di kalangan pemanjat tebing. Selain itu letaknya di kaki Gunung Bawakaraeng.

Ekspedisi laut ini sendiri bisa dilakukan melalui desa Lengkase. Dibutuhkan sekitar tiga jam dan karena itu cukup melelahkan. Namun perjalanan yang berat itu akan terbayar ketika dia sampai di danau ini.

2. Pemandangan eksotis di sekitar danau

Jalur terjal menuju Danau Tanralili harus dikuasai. Sepanjang jalan Anda akan merasakan cuaca panas bersama dengan pengunjung lainnya. Mengingat menemukan pohon di tengah perjalanan cukup langka.

Kondisi tanahnya cukup tandus, sehingga debu mudah beterbangan. Untuk bisa langsung ke danau ini, pengunjung harus melewati tiga tanjakan terjal. Namun, panorama tersebut akan menghilangkan rasa lelah setelahnya.

3. Langit di bawah kaki gunung

Telaga ini diibaratkan dengan langit di kaki Gunung Bawakaraeng. Hal ini dikarenakan pemandangan alamnya yang begitu menarik dan enak dipandang. Anda akan melihat pantulan perbukitan dan jernihnya air danau. Gemericik air terjun terdengar jelas. Pemandangan semakin lengkap dengan pepohonan hijau yang mengelilingi danau.

4. Tempat perkemahan yang keren

Jika Anda termasuk orang yang menyukai kegiatan berkemah, tempat ini sangat direkomendasikan. Hal ini disebabkan lokasinya yang jauh dari bisingnya suasana kota. Tak heran jika banyak orang menjadikannya sebagai tujuan liburan. Pengunjung dapat hadir bersama keluarga dan teman. Beragam tempat menarik bisa menjadi inspirasi yang lebih unik di sini.

Danau Tanralili menawarkan pengalaman tak terlupakan untuk momen liburan Anda. Telaga ini memang layak dibandingkan dengan telaga lain yang berada di kaki gunung. Jadi jangan lupa untuk mengunjunginya ketika Anda mengunjungi Gowa.

Sekilas dan foto Danau Tanralili di Sulawesi Selatan

Akses jalan menuju Danau TanraliliDanau Tanralili, 1454MDPLPerairan Danau Tanralili yang tenangBerkemah di Danau TanraliliSpot foto terbaik di Danau Tanralili

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button