Tempat Wisata

Danau Tempe di Sulawesi Selatan: Harga Tiket Masuk, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Banyak sekali danau yang terkenal di Indonesia. Diantaranya adalah Danau Toba, Danau Matano, Danau Ranu Kumbolo dan lain sebagainya. Berwisata ke danau bisa menjadi pilihan yang tepat karena bisa melepas penat. Apalagi bagi Anda yang sangat suka berwisata ke tempat-tempat bernuansa alam.

Dilihat dari namanya, danau ini terdengar unik bukan? Tak hanya namanya yang unik, panorama alam di sekitarnya juga sangat memanjakan mata. Jika Anda ingin mengunjungi Sulawesi Tengah, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini.

Lokasi Danau Tempe

Danau TempeDanau Tempe Sumber: instagram.com/dayuhatmanti

Danau yang menawarkan pemandangan eksotis ini terletak di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Jarak ke kota Sengkang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 7 kilometer saja.

Harga tiket masuk Danau Tempe

Tak perlu khawatir, untuk masuk ke danau ini pengunjung tidak perlu membeli tiket. Artinya masuk ke kawasan Danau Tempe ini gratis. Hanya ada biaya sewa perahu motor.

Kendaraan ini digunakan untuk menjelajahi danau dengan nuansa yang sedikit berbeda. Harga sewa perahu motor ini berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000 per bulan.

Waktu operasional Danau Tempe

Sebagai objek wisata yang semakin diminati, jam operasional danau ini fleksibel. Itu artinya pengunjung bisa datang ke sana kapan saja. Danau ini buka 24 jam sehari, jadi pengunjung tidak perlu khawatir akan tutup dalam waktu dekat.

Peta lokasi Danau Tempe

Fasilitas di Danau Tempe

Fasilitas di Danau TempeDanau Tempe Sumber: instagram.com/errrwin97

Fasilitas yang disediakan pengelola cukup memadai. Mulai dari fasilitas standar seperti toilet, tempat ibadah dan restoran. Ada juga jasa penyewaan perahu motor untuk menjelajahi danau. Ada juga rumah sederhana yang bisa ditinggali bagi pengunjung yang ingin menginap.

Sejarah Danau Tempe

Cukup banyak yang bertanya-tanya mengapa danau ini dinamakan Danau Tempe. Intinya, danau ini terbentuk bersamaan dengan daratan pulau Sulawesi yang terletak tepat di seberang benua Asia dan Australia. Permukaan danau ini diketahui sangat luas dan luasnya sekitar 350 kilometer persegi.

Luas danau ini meliputi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo dan Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Tak heran jika danau ini dinobatkan sebagai danau terbesar kedua di Pulau Sulawesi.

Telaga eksotik ini awalnya bernama Telaga Cempe. Arti namanya kacang polong berdasarkan bahasa setempat. Penduduk setempat menamakannya karena konon dijadikan sebagai areal budidaya Cempe di kawasan ini. Apalagi saat kondisi air danau semakin memburuk.

Alasan kenapa danau ini akhirnya berubah nama menjadi Danau Tempe belum diketahui secara pasti. Menurut salah satu sumber, hal ini dikarenakan jenis tempe yang ada di daerah ini berbeda-beda.

Spot foto menarik di Danau Tempe

Spot foto menarik di Danau TempeDanau Tempe Sumber: instagram.com/rendy.febrian.5

1. Keindahan danau

Perlu diketahui bahwa suasana danau ini masih begitu asri. Danau Tempe dikelilingi pegunungan yang cukup luas. Begitu juga dengan kondisi danau yang masih sangat bagus.

Menariknya, Anda juga bisa melihat beberapa burung berhenti sejenak di danau ini. Ini menjadi daya tarik tersendiri karena Danau Tempe sebenarnya berada di jalur migrasi burung-burung tersebut.

Hanya saja, peristiwa tersebut sebenarnya hanya terjadi pada momen-momen tertentu saja. Untuk menikmati keindahan danau secara maksimal, pengunjung disarankan untuk menyewa perahu. Ini memungkinkan pengunjung untuk melihat Danau Tempe yang luas dengan perahu.

Selain itu, pengunjung dapat melihat beberapa nelayan lokal yang sedang memancing ikan air tawar di danau.

2. Rumah terapung di danau

Hal menarik lainnya dari danau ini adalah pengunjung dapat melihat beberapa rumah terapung dari kejauhan. Rumah-rumah milik nelayan setempat. Kehadiran rumah terapung menjadi daya tarik tersendiri. Mengingat material rumah kebanyakan dari bambu dan dibangun tanpa sekat apapun.

Hanya ada satu ruangan di rumah itu, yang membuatnya unik. Di rumah apung ini, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis tanaman air. Apalagi di sore hari saat matahari terbenam pemandangannya begitu memukau.

3. Budaya lokal masyarakat sekitar

Tidak hanya lingkungan alam yang masih asri, namun budaya lokal juga terjaga dengan baik di sini. Di Danau Tempe Anda bisa menyaksikan budaya Maccera Tappareng. Acara tersebut berfungsi untuk membersihkan danau. Pertunjukan berlangsung secara teratur dan dikenal sebagai festival tahunan pada tanggal 23 Agustus.

4. Kelimpahan hewan air

Bukan hanya pemandangannya yang memesona, tetapi kelimpahan hewan air di danau ini sangat menakjubkan. Danau ini penuh dengan berbagai spesies ikan air tawar yang melimpah. Tak heran jika danau ini juga menjadi mata pencaharian warga setempat.

Di bawah permukaan daunnya sendiri terdapat berbagai jenis ikan air tawar yang bisa dipancing. Beberapa spesies bahkan endemik. Kekayaan alam ini muncul karena Danau Tempe melingkupi lempeng tektonik Asia dan Australia.

Keunikan Danau Tempe

Keunikan Danau TempeDanau Tempe Sumber: instagram.com/rickykukeko

Perlu diketahui bahwa perairan di sekitar danau ini sangat bergantung pada musim. Artinya, debit air dari danau tersebut lebih tinggi saat terjadi hujan deras. Bahkan tak jarang hingga membanjiri kawasan tersebut.

Beberapa waktu lalu, Danau Tempe bahkan sempat tertimbun lumpur. Hal ini terjadi akibat proses sedimentasi tanah dan lumpur. Sedimen terbawa oleh sungai dan sungai.

Saat musim kemarau, danau ini langsung terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Danau Tempe, Danau Buaya dan Danau Sidenreng.

Itinerary ke Danau Tempe

Salah satu rute termudah untuk mencapai tempat wisata ini adalah dari Kota Makassar. Tujuan pertama adalah Tanah Wajo dengan waktu tempuh sekitar enam jam.

Bagi yang start point-nya di Kota Sengkang terlebih dahulu dapat menempuh Sungai Walane sepanjang 7 km. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan katinting atau perahu motor.

Danau Tempe bisa menjadi destinasi pilihan saat berkunjung ke Sulawesi. Jadi jangan sampai ketinggalan karena pemandangan di sekitar danau ini begitu memukau.

Gambar dan foto dari Danau Tempe di Sulawesi Selatan

Keindahan Danau TempeNaik perahu di Danau TempeDanau Tempe di sore hariBunga di pinggir Danau TempeMatahari terbenam di Danau Tempe

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button