Tempat Wisata

Danau Toba: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kegiatan traveling bukan hanya sekedar cara untuk membuang uang dan bersenang-senang. Sebagai orang yang disibukkan dengan aktivitas sehari-hari, baik itu sekolah, kelas, pekerjaan atau mengurus keluarga, pasti lama kelamaan kita akan merasa bosan, jenuh dan jenuh. Hal ini sebenarnya tidak baik karena dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan pergi berlibur atau bepergian. Gak usah jauh-jauh ke luar kota atau ke luar negeri juga, cari aja di kota sendiri, pasti ada tempat atau tempat yang bisa santai-santai aja. Seperti Anda yang berada di Medan Sumatera Utara, Anda bisa mengajak keluarga ke tempat wisata Danau Toba.

Salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Danau Toba terletak di Kabupaten Toba Samosir, Medan, Sumatera Utara. Danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara ini memang sangat istimewa dan karena saking besarnya terdapat sebuah pulau di tengah danau yaitu Pulau Samosir. Luas lebih dari 1.000 km² ini tercipta dari letusan gunung berapi raksasa sekitar 70.000 tahun yang lalu. Pulau tengah Samosir terhubung ke dinding kaldera oleh tanah genting yang sempit, yang kemudian dipotong agar kapal bisa lewat. Pulau Samosir sendiri merupakan pusat kebudayaan suku Batak asli Sumatera Utara. Karena ukurannya, Danau Toba lebih menyerupai laut daripada danau dan memiliki kedalaman sekitar 450 meter. Di sana pengunjung dapat menikmati pemandangan Danau Toba yang indah dengan airnya yang berwarna biru kehijauan dan juga terdapat hutan pinus yang sangat bagus di sekelilingnya yang memberikan udara yang sejuk. Selain pemandangan alam yang indah, kunjungi antara bulan April dan Agustus untuk menyaksikan meriahnya upacara Festival Masyarakat Danau Toba suku Batak. Selain itu Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba sering menjadi tujuan para wisatawan dari dalam dan luar negeri, bahkan di pulau tersebut terdapat dua danau yang tidak kalah indahnya yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Dan karena luasnya yang sangat luas, bahkan terdapat dua desa di pulau ini yaitu Desa Tomok dan Desa Tuktuk. Di desa-desa ini Anda bisa menemukan beberapa tempat wisata menarik, seperti makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan Teater Boneka Sigale Gale yang terkenal di Sumatera.

Fasilitas di Danau Toba

Karena objek wisata di Danau Toba sudah terkenal tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara, maka fasilitas yang ada di sana sangat lengkap seperti:

– Penginapan / Hotel Banyak terdapat penginapan atau hotel di kawasan yang paling dekat dengan objek wisata Danau Toba. Mulai dari bintang 5 hingga murah.

– Tempat parkir Tempat parkir di tempat wisata ini juga cukup luas, jadi bagi anda yang membawa mobil atau kendaraan tidak perlu khawatir lagi.

– Warung atau warung makan Jika Anda bermasalah dengan diet, banyak juga warung atau warung yang menjual makanan khas Medan dengan harga terjangkau. Di Pulau Samosir Anda juga bisa menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman.

– Paviliun Beberapa paviliun telah disediakan agar wisatawan dapat menikmati keindahan Danau Toba dengan nyaman.

– Toko oleh-oleh Jika ingin membawa oleh-oleh dari Medan juga banyak toko yang menjual pernak-pernik menarik.

– Toilet umum. Tidak perlu khawatir jika perlu menggunakan toilet, pihak pengelola sudah menyediakan toilet umum untuk pengunjung.

Berburu foto di Danau Toba

Bagi Anda yang menggemari seni fotografi, jangan lupa membawa kamera, baik itu handphone atau kamera profesional. Pemandangan indah menanti Anda di Danau Toba. Dari hutan pinus yang mengelilingi Danau Toba yang asri dan hijau, perairan Danau Toba yang berwarna biru kehijauan sangat cocok untuk fotografi kamera. Anda bisa berfoto dengan background panorama bersama keluarga. Selain itu, di desa-desa di Pulau Samosir pengunjung dapat menikmati pemandangan rumah suku Batak yang unik, menarik dan tentunya sangat tradisional. Selain itu, jika mau, Anda bisa menjelajahi Danau Toba yang luas dengan menyewa perahu yang mampu menampung hingga 25 orang.

Bagaimana menuju ke Danau Toba

• By Road: Dapat diakses dengan kendaraan pribadi dari pusat kota melalui Jalan Sei Guru – Jalan Guru Patimpus – Jalan Gatot Subroto – Jalan Iskandar Muda – Jalan Gereja – Danau Toba

• Melalui Udara: Setibanya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat melanjutkan dengan mobil pribadi melalui Jalan Bandara Kuala Namu – Tol Medan Kuala Namu Tebing Tinggi – Jalan Tj. Morawa – Jalan Raya Tengah Sumatera – Jalan Petumbukan Besar – Jalan Gereja – Danau Toba

• Melalui Laut: Dari Pelabuhan Belawan naik mobil menuju Belmera – Tol Patumbak – Jalan Sisingamangaraja – Jalan Jamin Ginting – Jalan Gereja – Danau Toba

Biaya masuk ke Danau Toba

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 5.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam operasional di Danau Toba

Peta Danau Toba

Tips mengunjungi Danau Toba

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Danau Toba semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Danau Toba adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Danau Toba bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan Danau Toba yang nyaman dan bebas stres.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Danau Toba.

Galeri foto dari Danau Toba

Selamat datang di Danau TobaBerlayar di Danau TobaBerkemah di tepi danauSpot foto dengan background Danau TobaKeindahan Danau TobaAkses jalan menuju Danau TobaPotret Danau Toba yang indah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button