Tempat Wisata

Danau Towuti Sulawesi Selatan: Harga Tiket Masuk, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Danau Towuti Sulawesi Selatan: Harga Tiket Masuk, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Memang, wisata alam merupakan salah satu tempat terbaik untuk melepas penat para wisatawan. Salah satu wisata alam yang menarik adalah Danau Towuti. Ini adalah salah satu danau tertua di Sulawesi Selatan.

Danau ini ternyata lebih tua dari Danau Toba. Padahal, danau ini bisa dikategorikan sebagai danau purba. Hal ini tentunya unik bagi pecinta sejarah maupun wisatawan domestik dan mancanegara.

Sekilas tentang Danau Towuti

Danau TowutiSumber Danau Towuti : instagram.com/siskayasir/

Luas Danau Towuti adalah 561,1 kilometer persegi dengan kedalaman hingga 203 meter dan ketinggian hingga 293 meter. Ada lima pulau di tengah Danau Towuti.

Ketiga nama pulau yang berada di tengah Danau Towuti tersebut adalah Pulau Loeha, Pulau Bolong dan Pulau Kembar. Salah satu daya tarik Danau Towuti adalah keanekaragaman hayati yang ada di sekitar danau.

Di antara berbagai spesies yang menghuni perairan Danau Towuti adalah tiga spesies kepiting (Gecarcinucidae), 6 jenis kerang (tylomelania), 6 spesies udang dan 10 spesies ikan.

Beberapa jenis ikan yang hidup di Danau Towuti adalah ikan opudi (Telmatherina celebensis), ikan hias. Ada juga jenis ikan lain yang menarik yaitu ikan Butini (Glossogobius matanesensis)

Keanekaragaman hayati dan ekosistem di Danau Towuti sangat endemik. Itu menempatkan Danau Towuti dalam kategori itu Ecorgio Global diselenggarakan oleh Dana Alam Dunia.

Lokasi Danau Towuti

Danau Towuti terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Danau ini menghubungkan provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara

Keberadaan Danau Towuti sangat penting bagi makhluk hidup dan masyarakat yang tinggal di sekitar danau.

Biaya masuk ke Danau Towuti

Berkunjung ke Danau Towuti adalah pilihan yang tepat. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan keanekaragaman hayati di sana tanpa membayar biaya masuk (gratis).

Pengunjung yang ingin menggunakan transportasi air untuk melihat pemandangan di sepanjang danau hanya perlu membayar biaya transportasi air.

Jam buka Danau Towuti

Selain karena Danau Towuti gratis, juga tidak ada batasan waktu buka dan tutup. Kawasan wisata ini buka 24 jam sehari, sehingga pengunjung bisa datang kapan saja.

Fasilitas di Danau Towuti

Seperti tempat wisata pada umumnya, Danau Towuti juga menawarkan beberapa fasilitas dasar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir mobil, toilet dan beberapa warung makan tepi danau.

Peta Danau Towuti

Spot foto menarik di Danau Towuti

Foto Danau TowutiDanau Towuti Sumber: instagram.com/shandracyntia/

Panorama alam yang eksotik bisa dijadikan spot foto yang menarik. Selain itu, pengunjung yang menggunakan transportasi air dan menikmati pemandangan di tengah danau bisa berfoto bersama latar belakang Pulau yang indah.

Akomodasi di dekat Danau Towuti

Salah satu penginapan di dekat Danau Towuti merupakan wilayah kerja Resor Taman Wisata Alam (TWA) KSDA. Penginapan ini biasa digunakan untuk menginap oleh beberapa pegawai instansi yang bertanggung jawab atas Danau Towuti.

Itinerary ke Danau Towuti

Perjalanan menuju Danau Towuti dimulai dari pusat kecamatan Towuti. Jarak yang harus ditempuh wisatawan untuk sampai ke dermaga cukup kecil. Wisatawan bisa menaiki kendaraan roda empat maupun roda dua.

Setibanya di dermaga, pengunjung harus menyewa alat angkut air yang disediakan di dermaga untuk menuju pulau berpenghuni di Danau Towuti.

Pengunjung bisa menyewa speedboat Atau Anda juga bisa menyewa perahu. Dengan transportasi air ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Danau Towuti yang indah.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Danau Towuti

Foto indah Danau TowutiDanau Towuti Sumber: instagram.com/bro.moslem/

1. Jelajahi danau sambil menunggang kuda speedboat atau perahu

speedboat Dan perahu-perahu yang disediakan di dermaga tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi menuju pulau-pulau di tengah Danau Towuti. speedboat Anda juga bisa menikmati pemandangan di Danau Towuti dengan menggunakan perahu.

Pengunjung bisa menyewa kedua moda transportasi tersebut untuk mengelilingi Danau Towuti sambil mengagumi kejernihan airnya yang segar dan keindahan alamnya.

Di pinggir danau, pengunjung dapat menikmati berbagai tumbuhan alami endemik berupa pepohonan dan berbagai jenis anggrek.

2. Mencoba makanan khas Sulawesi

Wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan alam, tetapi juga mencoba masakan tradisional setempat. Di sekitar danau terdapat penjual makanan yang sangat menarik bagi wisatawan

Makanan yang dijual disebut Kapurung. Kepurung adalah masakan tradisional yang terbuat dari sagu dan saus ikan. Rasa Kapurung ini sangat enak dan dijual dengan harga Rp. 15.000,-,

3. Memancing di danau

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di Danau Towuti adalah memancing. Beragamnya spesies yang terdapat di perairan Danau Towuti dapat diamati langsung saat memancing.

Pengunjung yang hobi memancing bisa mencoba Danau Towuti dan merasakan sensasi memancing dari perahu.

Namun yang perlu diperhatikan pengunjung adalah kelestarian alam serta kebersihan dan kejernihan air Danau Towuti.

4. Mengunjungi pulau berpenghuni

Di tengah Danau Towuti terdapat beberapa pulau kecil. Beberapa pulau ini berpenghuni, yang lain tidak berpenghuni.

Untuk mengunjungi pulau berpenghuni, wisatawan bisa mencapainya dalam waktu 2 jam. Alat transportasi air yang digunakan adalah : speedboat atau perahu.

Demikianlah artikel singkat tentang Danau Towuti. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat saat mempertimbangkan liburan bersama keluarga tercinta. Selamat berwisata!

Sekilas dan foto Danau Towuti di Sulawesi Selatan

Danau Towuti di sore hariPemandangan Danau TowutiPemandangan gunung di atas Danau TowutiPerairan Danau Towuti yang tenangNelayan di Danau TowutiMatahari terbenam di Danau Towuti

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button