Tempat Wisata

Danau Waikuri di NTT: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ada banyak wisata yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Nusa Tenggara Timur. Salah satu wisata alam yang bisa dikunjungi adalah Danau Waikuri. Tur ini merupakan tujuan populer bagi penduduk Sumba dan orang luar.

Banyaknya pengunjung di Danau Waikuri dikarenakan danau ini memiliki pesona yang sangat indah. Selain itu, banyak juga kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan dan melepas penat.

Lokasi Danau Waikuri

Danau WaikuriDanau Waikuri Sumber: instagram.com/_kakituli/

Danau cantik ini terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Saat ini kawasan tersebut sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Akses ke Danau Waikuri

Akses ke lokasi ini cukup mudah karena infrastrukturnya cukup baik. Namun, karena tidak ada angkutan umum menuju danau, wisatawan harus membawa kendaraan sendiri.

Rute dari ibu kota Sumba Barat Daya, yakni Tambolaka, menuju Danau Waikuri dapat ditempuh dalam waktu 60 menit. Berkendara menuju Weekurim dari Tambaloka. Pemandangan sepanjang jalan sangat indah, sehingga perjalanan tidak akan membosankan.

Biaya masuk ke Danau Waikuri

Jika ingin mengunjungi Danau Waikuri, sebaiknya datang bersama-sama atau berkelompok. Hal ini dikarenakan tarif parkir yang dikenakan per mobil, dengan biaya masuk sebesar Rp 50.000 per mobil.

Jam buka Danau Waikuri

Karena Danau Waikuri tidak buka 24 jam, Anda harus berada di sana pada awal jam buka. Jam operasional wisata ini adalah dari pukul 08:00 – 17:00 dan buka setiap hari.

Peta Danau Waikuri

Fasilitas di Danau Waikuri

Foto Danau WaikuriDanau Waikuri Sumber: instagram.com/dartjong

Sebagai tempat wisata, kawasan Danau Waikuri dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti toilet dan kamar mandi, tempat parkir, musala, rumah makan, dll.

Bagi wisatawan yang ingin oleh-oleh untuk dibawa pulang, ada juga penjaja makanan khas Sumba dan oleh-oleh Danau Waikuri di wisata ini. Wistata bisa membelinya jika diperlukan.

Penginapan di dekat Danau Waikuri

Ada berbagai jenis penginapan yang bisa menjadi pilihan untuk bermalam di sekitar Danau Waikuri. Berikut penjelasannya.

1. Hotel Aloha Waikabubak

Rekomendasi akomodasi yang pertama adalah Hotel Aloha Waikabubak. Hotel ini terletak di Jalan Sudirman 26, Kampung Sawah, Waikabubak, Sumba Barat. Harga menginap di hotel ini mulai dari Rp 235.000

Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati selama menginap di hotel ini. Seperti fasilitas kamar ber-AC, restoran, jaringan internet, rental mobil, cucian dan tentunya pelayanan yang ramah dari staf Hotel.

2. Hotel Sinar Tambolaka

Salah satu akomodasi yang bisa menjadi pilihan Anda berikutnya adalah Hotel Sinar Tambolaka. Hotel ini merupakan hotel bintang dua yang letaknya strategis karena berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Tambolaka-Waitabula, Kaleno Wano, Tabolaka City.

Untuk menginap di hotel ini Anda harus membayar Rp 298.200. Dengan biaya tersebut Anda dapat menggunakan fasilitas seperti ruangan full AC, akses internet, restoran, dll.

Jika wisatawan tertarik untuk menginap di hotel ini, bisa memesan kamar melalui aplikasi booking online atau mampir langsung ke lokasi. Karena lokasinya yang strategis, sangat mudah untuk menemukan hotel ini.

3. Rumah Budaya Sumba

Rekomendasi menginap selanjutnya adalah Rumah Budaya Sumba. Penginapan ini terletak di Jalan Rumah Budaya, Nomor 212, Radamata, Kota Tambaloka. Penginapan ini terbilang akomodasi murah di Sumba.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menginap di sini berkisar antara Rp 176.000 hingga Rp 705,00. Selain itu Rumah Budaya Sumba juga menawarkan persewaan villa dengan payout Rp 823.000 yang bisa digunakan untuk 2 orang.

Banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati ketika menginap di sini, antara lain layanan 24 jam, layanan antar jemput bandara, kamar full AC, akses internet, laundry, sewa mobil dan lain sebagainya.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Danau Waikuri

Foto indah Danau WaikuriDanau Waikuri Sumber: instagram.com/rafeladeandra/

1. Wisata alam

Danau Waikuri merupakan danau yang unik karena mengandung air asin karena danau ini berasal dari laguna yang muncul dari lautan lepas yang berada di dekat danau.

Danau Waikuri juga memiliki banyak mata air, dengan setiap mata air memiliki gradien yang berbeda, beberapa berwarna hijau dan biru. Kondisi air di setiap mata airnya hangat dan dingin.

Selain mata air, kawasan sekitar Danau Waikuri juga sangat asri. Pesona danau jernih yang dikelilingi pepohonan rimbun mengundang Anda untuk berlama-lama.

2. Berenang

Berenang merupakan kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi wisata air. Terdapat beberapa kolam renang di Danau Waikuri yang fungsinya terpisah untuk dewasa dan anak-anak.

Danau Waikuri memiliki air asin dengan salinitas tinggi, memungkinkan pengunjung untuk mengapung di atas air tanpa alat apung. Berenang di Danau Waikuri bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus pengalaman baru.

3. berburu foto

berburu Fotografi adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat bepergian. Ada banyak di sekitar Danau Waikuri Pekerjaan foto yang menarik, salah satunya memotret area sekitar danau dengan latar Danau Waikuri.

Selain itu juga, Pekerjaan Favorit pengunjung ada di puncak bukit. Pasalnya, dari atas bukit pengunjung bisa melihat keindahan Danau Waikuri dari atas dan sangat bagus untuk fotografi.

Itu tadi pembahasan selengkapnya mengenai lokasi, rute, harga, jam operasional, fasilitas, akomodasi terdekat, dan hal yang bisa dilakukan di Danau Waikuri. Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi sebelum anda mengunjungi tempat indah ini.

Gambar dan foto Danau Waikuri di NTT

Danau Waikuri dekat pantaiJembatan di tepi Danau WaikuriTempat foto terbaik yang menghadap ke Danau WaikuriDanau Waikuri kecil tapi sangat indahAir laut yang sangat jernihDanau Waikuri di siang hariSpot foto di danauDanau Waikuri dengan pemandangan laut di luar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button