Tempat Wisata

Danau Weekuri di NTT: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Indonesia sebagai negara kepulauan di daerah tropis menawarkan banyak pemandangan alam yang indah. Salah satu hal yang paling menarik untuk dilihat dan dikunjungi adalah Danau Weekuri.

Danau Weekuri sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak danau yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. Telaga ini juga merupakan telaga yang unik karena memiliki air asin dan dikenal juga sebagai laguna.

Lokasi Danau Weekuri

Danau WeekuriSumber Danau Weekuri: instagram.com/iw.wm/

Danau Weekuri terletak di sebuah desa bernama Kalena Rongo yang berada di Kecamatan Kodi Utara dan bagian dari Kabupaten Sumba Barat Daya. Di Nusa Tenggara Timur sendiri, danau ini menjadi tujuan wisata yang populer.

Karena letaknya yang dekat dengan laut, air di dalamnya asin. Yang membuatnya unik karena memiliki air asin. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela datang dari jauh untuk berwisata ke sini.

Akses ke Danau Weekuri

Pertempuran terpisah diperlukan untuk sampai ke Danau Weekuri. Selama ini belum ada angkutan umum yang langsung menuju ke danau. Solusinya adalah menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Danau ini berjarak 60 km dari pusat kota Tambaloka. Akses menuju danau juga mudah karena sudah diaspal. Namun seringkali ada bagian jalan yang masih berupa batu dan tanah.

Pada saat artikel ini ditulis, belum ada penunjuk arah menuju Danau Weekuri. Solusinya mengandalkan komunikasi dengan warga setempat. Itu membuat perjalanan lebih nyaman.

Satu-satunya petunjuk bahwa danau itu ada di dekatnya adalah pos jaga. Setelah menemukan pos jaga, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jarak 25 meter berjalan kaki.

Biaya masuk ke Danau Weekuri

Harga single entry adalah 0 IDR, jadi gratis. Namun, ada biaya parkir bagi pengguna kendaraan di kawasan Danau Weekuri. Biaya parkirnya sendiri bisa Rp 50.000 untuk satu mobil.

Biaya sewa berlaku selain biaya parkir pemandu wisata Jika diperlukan. Ini pasti akan membuat pengalaman perjalanan menjadi lebih menarik pemandu wisata Itu.

Jam Operasional di Danau Weekuri

Wisata alam ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat. Tentunya tempat ini tidak ramai setiap hari. Tips bagi yang ingin berkunjung di hari kerja saat sepi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi atau sore hari. Saat ini suasana cenderung lebih nyaman dan tidak terlalu panas.

Peta Danau Weekuri

Fasilitas di Danau Weekuri

Foto Danau WeekuriDanau Weekuri Sumber: instagram.com/mijnreiservaring/

Wisata alam ini memiliki sejumlah fasilitas wajib yang bisa digunakan pengunjung. Saat memasuki kawasan Danau Weekuri terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan roda empat.

Selain tempat parkir, terdapat juga tempat bersantai dan makan yang menawarkan berbagai hidangan lokal. Selain itu, terdapat juga toilet di sekitar Danau Weekuri agar pengunjung merasa lebih nyaman.

Akomodasi di dekat Danau Weekuri

Meski Danau Weekuri menawarkan sejumlah tempat wisata menarik, pengunjung hanya bisa menikmatinya di malam hari. Ini karena tidak ada akomodasi yang dapat dicapai dengan berjalan kaki di sekitar danau.

Untuk layanan akomodasi, pengunjung bisa mencari di kota Tambolaka atau kota lain terdekat. Harga penginapan pun bervariasi, mulai dari Rp 200.000,- sudah cukup untuk mendapatkan penginapan walaupun jaraknya sekitar 30 km.

Fakta menarik tentang Danau Weekuri

Foto yang indah dari Danau WeekuriDanau Weekuri Sumber: instagram.com/ntshvalentine

1. Air asin

Sebagai laguna, air di danau ini tentu saja terasa asin. Air asin ini tercipta dari percikan air laut yang masuk ke karang dan daratan. Hal ini tentu saja mengingat Danau Weekuri berada dekat dengan laut.

2. Air jernih

Kondisi air di danau ini cukup jernih. Keindahannya masih terjaga hingga saat ini. Selain itu, danau ini juga tidak digunakan sebagai sumber air bersih karena cenderung asin.

3. Perubahan ketinggian air

Air Danau Weekuri dapat berubah-ubah ketinggiannya. Saat air surut, air Danau Weekuri hanya setinggi 0,3 hingga 2,5 meter. Namun saat air surut danau ini bisa mencapai ketinggian 5 meter.

4. Mitos Danau Weekuri

Sebagai wisata alam, banyak yang mempercayai adanya mitos tentang Danau Weekuri. Salah satu mitos yang tersebar luas adalah tentang tempat ini, yang dulunya merupakan desa yang terendam.

Tips mengunjungi Danau Weekuri

Mengunjungi Danau Weekuri membutuhkan persiapan yang matang. Hal ini dikarenakan lokasinya yang cukup terpencil dan tidak ada angkutan umum yang menuju ke sana. Berikut tips mengunjungi Danau Weekuri.

1. Pilih akomodasi terdekat

Meski tidak ada penginapan langsung di kawasan danau, masih ada penginapan di kota-kota sekitarnya. Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih akomodasi terdekat sesuai dengan rute kedatangan.

2. Sewa kendaraan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda ke Danau Weekuri. Oleh karena itu, usahakan untuk menyewa terlebih dahulu agar mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan keinginan Anda.

3. Bawa makanan dan minuman sendiri

Bisa dipastikan harga makanan dan minuman di tempat wisata sangat tinggi. Oleh karena itu, usahakan membawa makanan sendiri untuk menghemat uang.

Demikianlah artikel singkat tentang Danau Weekuri. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat saat memilih tempat liburan. Liburan yang menyenangkan!

Gambar dan foto dari Danau Weekuri di NTT

Danau Weekuri dari atas di atas lautDanau Weekuri dikelilingi bebatuanjembatan di danauBermain di Danau WeekuriTempat foto terbaik dengan background Danau Weekuri

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button