Berita Wisata

Danlanal Aru mengunjungi Kampung Bahari Nusantara di desa Jabulenga dan memberikan pendampingan

Dobo, Tribun-Maluku.com: Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos, MA, CHRMP melakukan survey Kampung Bahari Nusantara di Desa Jabulenga, Kecamatan Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Lampung. Maluku, Rabu (14/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut, orang nomor satu Lanal Aru didampingi oleh pimpinan cabang Jalasenastri 4 Korcab IX Dja III Lanal Aru Ny. Refrina Heru mengecek infrastruktur dan fasilitas penunjang pelayanan lainnya di Kampung Bahari Nusantara di Desa Jabulenga.

Dalam sambutannya, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, mengatakan Kampung Bahari Nusantara merupakan gagasan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dengan tujuan memberdayakan warga pesisir agar potensi kawasan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal, sehingga dapat lebih mensejahterakan masyarakat pesisir nusantara.

“Program ini dilaksanakan di seluruh wilayah Pangkalan TNI AL, baik Lantamal maupun Lanal,” ujarnya.

Program Kampung Bahari Nusantara, tambah Letkol (P) R. Heru Cahyono, dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono dengan lima program yang dikelompokkan, yakni pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan pertahanan.

Sedangkan Kampung Bahari Nusantara di kampung Jabulenga merupakan kampung binaan TNI AL untuk percepatan pembangunan kawasan pesisir dan hari ini dijadwalkan akan diresmikan, namun Laksamana Kasal TNI Yudo Margono untuk sementara dalam persiapan pelantikan sebagai Panglima TNI sehingga pelantikan ditunda .

“Nah, hari ini kita sedang melakukan peninjauan untuk mengetahui progres program desa bahari nasional di desa Jabulenga yang masuk dalam wilayah kerja Lanal Aru dengan harapan besar bagi masyarakat yang tinggal di seluruh pesisir pantai. nusantara, khususnya pesisir wilayah Kepulauan Aru yang Desa Jabulenga dapat lebih maju dari segi pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan pertahanan”, demikian tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jabulenga, Titus Kolriri menyampaikan terima kasih kepada Lanal Aru yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini, berharap dengan hadirnya Kampung Bahari Nusantara di Desa Jabulenga dan program-programnya dapat mengedukasi, membantu dan membuat masyarakat dan para nelayan di desa tersebut desa yang dipimpinnya semakin makmur.

“Ini wujud nyata kepedulian Lanal Aru bagi seluruh masyarakat, khususnya bagi warga Desa Jabulenga yang sehari-harinya bergantung pada laut,” kata Kolriri.

Pantauan media di Desa Jabulenga, dalam sidak Lanal Aru yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat setempat untuk mendukung lima klaster KBN di wilayah tersebut. Desa Jabulenga. .

Tribun Maluku |  Berita terbaru dari Maluku -

Rincian bantuan peralatan Kampung Bahari Nusantara (KBN) untuk desa Jabulenga adalah sebagai berikut:

Untuk Klaster Pendidikan, Lanal Aru menyerahkan 450 buku dari Perpustakaan, 750 buku pendidikan dari PAUD. Selain itu, diberikan juga peralatan bermain PAUD berupa 1 set ayunan, 1 set pengait, 3 skuter roda tiga, 2 rak, 1 meja belajar, 8 unit.

Di klaster pendidikan, Lanal Aru juga melakukan perbaikan di PAUD KB Kavora antara lain pengecatan, perbaikan plafon yang rusak, pemasangan papan nama PAUD dan pembuatan mural PAUD.

Untuk tiang ekonomi, Lanal Aru memberikan bantuan berupa unit penggilingan sagu dan
2 gulung tali nilon (budidaya rumput laut).

Di dalam klaster kesehatan, Lanal Aru melakukan kegiatan pengobatan umum gratis bagi masyarakat desa Jabulenga Pustu, memperbaiki desa Jabulenga Pustu, memberikan 23 alat kesehatan yang dibutuhkan Pustu, memberikan pompa air minum dan memasang fasilitas sanitasi air minum dari warga. ‘ tangki di Pustu yang juga bisa digunakan oleh penduduk desa lainnya.

Selain itu, di klaster wisata, Lanal Aru membangun tempat wisata baru di Pulau Mairang, membuat 2 unit gazebo, dan membuat 2 unit ayunan untuk spot foto.

Selanjutnya di klaster pertahanan dilakukan perbaikan dan penggantian Dermaga Kayu dan Tangga Dermaga, pengecatan dermaga, pemasangan 4 unit lampu surya Dock Cell, pembangunan gerbang KBN desa Jabulenga, pembangunan posko keamanan , Pengadaan Seragam Linmas untuk 4 orang dan Pengadaan T-shirt untuk tim sepak bola putri Total 1 tim.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button