Berita Wisata

Dataran Tinggi Nimo, keindahan Perbukitan Kebun Teh dan perasaan terhampar di awan

TEMPO.CO, Jakarta – Bandung selalu menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat. Tak heran, kawasan ini seolah selalu menghadirkan sesuatu yang baru untuk menarik wisatawan. Nah, ada satu tempat wisata yang lagi viral di Bandung, yaitu Nimo Highland.

Tempat itu awalnya hanyalah sebuah kebun teh bukit yang sederhana. Tapi kemudian ditata sedemikian rupa sehingga sekarang bisa menarik orang untuk berkunjung.

Lokasinya berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Terletak lebih dari 1.600 mdpl, kawasan wisata ini memiliki suasana yang sejuk dan sering diselimuti kabut di siang hari.

Geladak berbentuk U dan kasur jaring

Dataran Tinggi Nimo berada di area perkebunan teh dan perbukitan. Ada sebuah bukit bernama Bukit Nini dan Bukit Putra yang letaknya berdampingan.

Di puncak bukit Nini terdapat sebuah jembatan melingkar yang menjadi daya tarik utama tempat ini. Untuk mencapai lokasi, wisatawan diarahkan petugas untuk diangkut menggunakan ontang-anting, mobil van yang sudah dimodifikasi.

Kasur jala dijajakan wisatawan di Dataran Tinggi Nimo, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Di atas jembatan, wisatawan bisa berfoto dan mencoba area jembatan kaca seharga Rp 10.000. Wisatawan juga bisa melihat pemandangan Danau Situ Cileunca yang menjadi ikon pengalengan. Di tengah-tengah jembatan berbentuk U ini terdapat bangunan berkubah biru yang sering dijadikan backdrop foto.

Selain jembatan-U ini, ada kasur jala. Wahana inilah yang membuat tempat yang disebut bisa menjadi tempat berbaring di awan.

Di atas netbed, wisatawan bisa berbaring dan menikmati hamparan kebun teh. Dalam beberapa saat, area tersebut dapat diselimuti kabut dan tampak seperti berada di awan.

Adanya kabut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah wisatawan. Karena suasananya lebih segar dan foto yang didapat lebih natural.

Pada akhir pekan, jumlah wisatawan bisa mencapai sekitar 2.500 orang per hari. Di awal musim liburan, kunjungan wisatawan melonjak hingga sekitar 5.000 orang per hari. Pengunjung datang dari berbagai daerah, khususnya Jabodetabek.

Harga tiket

Harga tiket masuk Nimo Highland adalah Rp 35.000 untuk dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak. Harga ini berlaku untuk weekdays dan weekend.

Harga tiket akan naik sehubungan dengan hari libur, seperti Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Harga tiket naik menjadi Rp 40.000 untuk dewasa dan Rp 35.000 untuk anak-anak.

Wisatawan yang ingin mencoba wahana lain dapat dikenakan tarif lain mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 175.000. Fasilitas baru Nimo Highland adalah tenda yang bisa digunakan semalaman. Untuk tarif yang ditawarkan, tenda untuk dua orang dikenakan biaya Rp 360.000 per malam, dan tenda untuk empat orang dikenakan biaya Rp 840 per malam.

Baca juga : 5 kota menarik yang direkomendasikan untuk liburan di tahun 2023

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button