Berita Wisata

Dawuhan Masuk 10 Besar Tuan Rumah Desa Wisata Jateng 2022, Pengumuman Pemenang Nov 26, 2022

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANJARNEGARA – Desa Wisata Dawuhan yang terletak di Kecamatan Wanayasa merupakan wakil dari Kabupaten Banjarnegara dalam Perebutan Gelar Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Tursiman S.Sos menjelaskan, acara tersebut diselenggarakan oleh Biro Pusat Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa dan telah dipilih 10 terbaik.

“Alhamdulillah Banjarnegara yang diwakili oleh Desa Wisata Dawuhan masuk dalam 10 besar Desa Wisata Jateng 2022. Pengumuman resmi dilakukan pada 14 November,” jelas Tursiman, Jumat (18/11/2022).

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah mengumumkan pada Senin sore (14/11/2022) melalui zoom meeting, daftar desa wisata yang masuk 10 besar predikat Desa Wisata Jateng Tahun 2022.

Baca Juga: Keindahan Alam Telaga Dringo Dieng, Cocok untuk Camping

Sepuluh besar desa wisata tersebut dipilih dari 27 desa wisata yang mengikuti ajang apresiasi desa wisata tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Penilaian tahap pertama oleh dewan juri berlangsung secara daring melalui video yang diunggah di kanal Youtube masing-masing Desa Wisata, Jumat (11/11/2022) lalu.

Selain itu, Disporapar Provinsi Jawa Tengah akan mengunjungi dan meninjau 10 desa wisata tersebut.

Adapun Puncak Desa Wisata Jateng 2022, kata Tursiman, akan digelar langsung pada Sabtu (26/11/2022) di Kabupaten Magelang.

“Pada kesempatan ini, kami bersama nominator lain akan menyelenggarakan pameran produk lokal. Selama pameran, evaluasi masih berlangsung hingga akhirnya terpilih desa wisata terbaik untuk kategori paket wisata, atraksi seni budaya, Sapta Pesona, homestay. dan CHSE,” kata Tursiman.

Baca Juga: Rafting di Sungai Serayu Banjarnegara, Tersedia Tips dan Harga Paket

CHSE yang dimaksud adalah Propreté (kebersihan), Santé (kesehatan), Sûreté (keamanan) dan Environnement durable (kelestarian lingkungan).

10 besar desa wisata dalam perhelatan Desa Wisata Jateng 2022 adalah: Desa Dawuhan (Banjarnegara), Desa Pekunden (Banyumas), Desa Giyanti (Wonosobo), Desa Kandri (Kota Semarang), Desa Conto (Wonogiri), Desa Muncar (Semarang) ) ), Desa Sambongrejo (Blora), Desa Somongari (Purworejo), Desa Karangrejo (Magelang) dan Desa Sidowarno (Klaten).

Kepala Desa Dawuhan Sahid menambahkan, saat ini desanya sedang bersiap menerima kunjungan penjajakan dan mempersiapkan predikat Desa Wisata Jateng di Magelang.

“Kami mohon doa dan dukungannya,” ujarnya didampingi Ketua Pokdarwis Tirta Panaraban Supriyanto.

Sahid menjelaskan, Desa Wisata Dawuhan sangat cocok untuk menyejukkan diri dengan suasana alam yang nyaman, spot foto yang instagramable, terdapat lembah berhiaskan sawah yang dikelilingi sungai yang seolah menembus perbukitan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button